ulasan tentang Timor

Merk: Timor
Model: S515i
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 1998
Harga Baru (pada saat punya/tes): 36 jutaan
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 45jt

Spesifikasi Kendaraan:
1500 CC DOHC
PS, electric mirror, Hydrolic coupling
Front suspension: Mac Pherson Strut
Rear Suspension: Independent

Ulasan:
Merupakan re-badge dari pabrikan Korea, KIA Sephia. Merupakan hal yang lucu kalau mendengar para SPG memasarkan mobil ini dulu.

“Silahkan, Pak, mobil asli buatan Indonesia, Timor S515i, merupakan generasi Timor ke-5, 1500 cc, injection”

(Nah lo, seri 1 ampe 4 nya mana? )

Harganya yg 36 juta membuat banyak orang mencibir, Kijang saja sudah di angka 60jt an, 36 juta dapat sedan?

Harga murah bukan karena kualitas yang jelek, tapi karena ada “diskon spesial” untuk pajak masuknya. Meskipun secara kualitas tidak bisa dibandingkan dengan pendahulu2nya dari Eropa atau Jepang, Timor cukup baik secara kualitas.

Positif:

  1. DOHC.. tarikan bawahnya ngeri bo… enak untuk stop and go
  2. Murah. sebagai mobil “bahan”, klo mo jadiin mobil ini mobil balap or mobil demo… ya nothing to loose kan?
  3. Nyaman (sedan), dan aman (ada double side impact beam)
  4. Relatif irit
  5. Lincah

Negatif:

  • Kualitas interior bagus di awal2 tahun, menginjak tahun ketiga… bunyi semuanya…
  • Posisi duduk membuat relatif lebih cepat lelah dibanding pendahulu2nya dari Jepang, apalagi Eropa..
  • part palsu yang diakui asli banyak… hati2 bro klo belanja…

Ringkasan:

Timor ga bisa ngerem, dan Timor tu bobrok.

Well, untuk yang pertama, bener, tapi saya baru mengalami itu di 160 km/jam.
Sampai 140 km/jam, rem Timor biasa2 aja, kemampuan manuvernya juga lumayan. Memang kalau 160 km/jam, di rem ampe berdiri juga susah berhentinya… tapi siapa sih yg tiap hari 160 km/jam sore hari di tol dalam kota?

Timor bobrok? ga juga ah. entah saya yang beruntung atau rekan-rekan yang sial, angkatan saya beli tahun 1998 dulu, hanya punya saya yang dashboardnya mulus2 aja, doortrim ga patah2, pokoknya normal deh. memang setelah 3 tahun saya pake, mulai bunyi2 semua tuh interior.

Sampai terjual di 2005, hampir ga ada masalah berarti ma mobil ini. kebanyakan masalah malah timbul akibat pemakaian part imitasi (yg gw beli dengan harga asli )

Pendapat pribadi (subjective):
Kalau hanya untuk berkendara dalam kota, sekali-kali luar kota, pemakaian normal, harga bersahabat, Timor merupakan jawaban. Usahakan jangan bekas taxy, oh iya, klo ketemu Timor yg ga enak disetir, apalagi yg velg nya masih baja (kaleng), ganti aja ama yang alumunium, waktu itu sih gw ganti ma velg jazz iDsi, kenyamanan jauh meningkat. ama atu lagi, ati2 shockbreaker palsu, beda harga ma yg asli ga jauh, tapi soal kenyamanan ma handling… jaoooohhhhhhhhh

sumber :

http://www.kaskus.us/showpost.php?p=234602379&postcount=185

24 comments on “ulasan tentang Timor

  1. mlm bro…timor ane 1997,br 2 hr ini brebet,,,yak bw kenengkel ktnya mseinya hanya perlu dibesihkn,,tp tak paki lg tetep aja,,kemudian cek lg dibengkel,ktnya benisnya kecampur air,,skg disuruh campur dg pertamax,,tp mash brebet suaranya,,kyk kehabisan bensi,,,enaknya gmna pak,,apa hatus sy tab bensinya,,trus diisi lagi,,atau harus bongkar tangki lht ada sumbatan apa g? tx…

    • coba ganti filter bensinnya, kalau masih brebet cek kabel busi atau kabel koil di ruang gelap jangan2 bocor. atau koilnya dah lemah

  2. iman sujinta on said:

    Malam bos
    Kalau km ga jalan ?
    Kalau beli di mana ya bos

  3. malam mas,
    timor saya thn 98. klo jalan lurus, apabila stirnya dilepas, mobilnya belok ke kiri dgn sendirinya.
    mohon solusinya.

  4. riyanto on said:

    Malam …ane punya timor so 2000 ada masalah pada timmy saat mesin
    Udah panas terdengar suara nguk nguk dan saat melewati jalan yang
    Rusak terdengar suara krek pada roda depan seblah kanan. Mohon
    Pencerahannya

  5. ardi on said:

    Mobil timmy ku 2001 klu 2 tinggal baru di panasi pertama keluar asap putih agak tebal dan bau tapi 1 menit kemudian hilang apa ya bos terus berpengaruh kah beban berat penumpang dengan kinerja mesin soalx kmrn penumpangx di timmy banyak terus macet indikator suhu naik lebih dari setengah

    • admin on said:

      harus gak pengaruh ada kemungkinan klep si om bcoora, saat mesin bekerja ekstra ada oli yang kebuang atau pcv nya udah jebol

  6. ardi on said:

    Klu pcvx sdh patah semenjak di beli tp saya bungkus pakai lakban hitam dulu tdk masalah br akhir 2 ini klu normal biasax rpm nya main di mana punya saya di bawah 1 klu di panasi naik lebih satu sekitar 5 menit baru turun normal nggak bro

  7. tita susanti on said:

    Om…timor saya so 2000 kalo pertama dipanasin normal tapi setelah 5menit mesin jadi brebet kenapa ya,,,,,,,

  8. widagdokun on said:

    Ctrl – D dlu om…
    Bakalan banyak nanya nih, mau bangunin Timor s515i th 2000 yg sudah lama nganggur…
    Wish me luck…

  9. moesa on said:

    Siang mas broo..
    mohon info nich..mobil timor 1999 karburator keadaan hidup lg dipanasin dan ane perhatikan,rpm gas kdng2 stabil.kdng2 naik sendiri dan kdng2 ngderop dan mati mesin.
    dan kalo belok kekanan roda depan bunyi krek..krek..
    mohon infonya mas broo…terima kasih

    • kalau belok bunyi krekrekerek itu as roda atau balljoint udah bermasalah, klo dipanasin wajar naik turun om, kcuali mobil begitu terus nah, gak wajar deh

  10. RIZAL AMRULLOH on said:

    mau tanya nih om, …ane mau ganti velg si timmy pake velg ring 17 bagusnya pake ban ukuran berapa ya om? atau ada rekomendasi velg ukuran lain? trims om

  11. timor sohc 97 aku mati km nya, brp harganya bos kalo memang jual

  12. Om….kaca depan timor retak dikit, ada solusinya ? Brapa harga kaca depan timor Om ? Trus ada minyak netes2 dibawah pedal kopling, bahaya gak ya ? Maaf nubie…Makasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>