Ukuran Panel Radiator Normal

sepertinya banyak yang bingung soal ukuran panel jarum radiator yang normal itu semana. ada yang bilang seperempat, ada yang bilang setengah kurang dikit, ehm… lalu yang benar?, yang benar adalah :

Nah ini yang bener, setengah kurang dikit.

kok bisa ada yang bilang seperempat?, nah ini sebenarnya sebuah masalah karena thermostat nya dicabut. banyak bengkel nakal yang bilang kalau mobil timor lebih bagus thermostatnya dilepas. ehm… logikanya kenapa para insinyur otomotif menciptakan benda ini tapi dibilang gak ada gunanya?. setiap part yang diciptakan pasti ada gunanya. kalau kata temen saya sih, bengkel nakal tersebut mencabut termostat agar panel radiator terlihat dingin yaitu seperempat namun fatalnya apabila mesin dalam kondisi overheat, jarum panel radiator akan tetap berada diposisi dingin sehingga membuat mesin tiba-tiba mati akibat kepanasan.

selain itu untuk manasin kendaraan juga rentan waktunya lebih lama daripada yang dipasangin thermostat. ya awamnya sih mobil dibohongi padahal mobil sudah panas namun si panel radiator ini enggan berada di jarum yang pas. kalau ngomongin statisnya saya agak kurang ngerti cara menyampaikannya, thermostat dilepas juga bisa bikin konsumsi bensin boros lho. nah sekarang kita periksa mobil masing-masing apakah normal atau tidak…

 

21 comments on “Ukuran Panel Radiator Normal

  1. mazda trendy on said:

    cuma mo nambahin info pak…

    kl thermostat di bypass itu artinya aliran air di bypass langsung ke radiator , thermostat ini fungsinya spt saklar… kalo dipasang thermostatnya, kalo suhu dibawah setting thermostat aliran air ga melewati radiator tp sirkulasi kembali ke mesin lewat pipa kecil….. kl sudah mencapai suhu kerja maka thermostat membuka… jadinya aliran airnya ke radiator…..

    knp jadi tambah boros kl thermostat dilepas??? karena pembakaran internal membutuhkan suhu kerja mesin optimal disekitar mesin, jadi kalo suhu mesin belum pas, mobil langsun dibejek…. suhu bbm belum naik jadi ada beberapa yg ga terbakar sempurna….
    apalagi fan radiator juga dibypass langsung on ketika mesin belum panas… lebih lama lagi suhu mesin optimalnya…..

    ada lagi artikel disini ada yg bypass selang ke throttle body lebih baik jangan ya……. dipasang kembali biar saat mesin suam2 kuku airnya boil ente dibejek gasnya suhu campuran bensin dan udara sudah naik sehingga membantu pembakaran lebih sempurna…..FC meningkat :)

    “selain itu untuk manasin kendaraan juga rentan waktunya lebih lama daripada yang dipasangin thermostat. ya awamnya sih mobil dibohongi padahal mobil sudah panas namun si panel radiator ini enggan berada di jarum yang pas. kalau ngomongin statisnya saya agak kurang ngerti cara menyampaikannya,”

    masalah jarum yg lama naik ya itu sudah dijelasi di atas…

    kalo mesin overheat tp jarum masih seperempat ato separo…. itu bukan thermostat yg dibicarain disini biang keroknya… tp temperature sendernya sudah ngaco…… ganti baru…. harusnya kl udah dibypass thernostat, lebih dingin…. ga ada hubungannya sama overheat…. kl overheat mah lain ceritanya……

  2. gilang on said:

    om admin panel indikator radiator punya saya ko gak mau gerak ya padahal mesin dah panas, awalnya normal,tapi pas tadi siang saya pake indikator samasekali tidak bergerak, apa penyebabnya om? terimakasih sebelumnya…

  3. om, kalo mesin baru dipanasi kr2 1 menit jarum temperatur lgs naik ke tengah krg sdikit itu apa normal gk? mksh om

  4. Kusnan on said:

    Mau tanya ni…..suhu untuk mobil toyota twincam keluaran th 90 itu seberapa yang sesuai dengan rekomendasi pabrik ? ada yang bilang seperempat ada yang bilang setengah kurang sdikit ? gemana yang sebenarnya tolong berikan gambar tampilan yang bener

  5. Kusnan on said:

    mau nanya nih….mobil twincam saya jarum panel suhu nya hampir setengah padahal belum hidupkan AC … normal apa tidak ?

  6. om…. numpang tanya jg ne,,,, si timy ane jarum temperaturx di 1/4 kl pas dipanasin om tapi kl dah jalan kira2 1 km br bisa 1/2 kurang dikit.itu normal g om?? thanks….

  7. salam..
    numpang tanya bos…
    kalau jarum panel temperatur patah / di dashboard gak fungsi. ada cara memperbaiki atau menggantinya?? kalau cari onderdil aslinya sudah gak ada. maklum mobil tua (mobil saya amenity tahun 1990).. bisa bantu pencerahan, alternatif supaya suhu radiator mobil dapat di lihat lagi…
    trims….

    • bisa pake yang model digital om, universal dan ada di beberapa toko modifikasi. walaupun agak beda akuratnya sama yang analog karena yang digital terkadang membaca suhu disekitar sensornya.

  8. Sicar on said:

    om.. mau numpang nanya nih, tapi kluar dari tema ya???
    Si timi saya nih om kalo lagi jalan speedometer kadang suka ngedrop kira2x apanya ya???
    Sebelumnya trimakasih.

  9. andrew on said:

    Om Moskie, mohon maaf lahir batin ya…

    mau tanya nih om, mobilku civic excellent 82,
    jarum diindikatornya malah di “C” naik dikit apa termasuk yang ga normal om hehe…, mohon pencerahannya om apakah yang harus diganti / diprbaiki termostatnya ? (sebab semua uda normal dari water pump, radiator, fan, reservoir, coolant)

    thank’s om

    • maaf lahir batin juga om
      itu biasanya thermostatnya dilepas om, dipasang lagi aja atau klopun ada mungkin udah rusak. biar suhu normal tidak di C lagi kecuali memang mobil ada masalah di pendinginan sehingga harus di C terus hehehe

  10. tato hariyanto on said:

    Saya punya mobil daihatsu astre suhu bila macet3/4 tapi kalo jalan posisi 1/2 gimana ini om?

  11. ℳa̯͡ں tanya om mobil apv.. Kalau berhenti mobilku temperaturnya lsbih dari setengah tp kl jalan setengah om.. Kalau lambat bisa lebih dari setengah apakah normal ƍĪ om… Apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>