Ukuran Panel Radiator Normal

sepertinya banyak yang bingung soal ukuran panel jarum radiator yang normal itu semana. ada yang bilang seperempat, ada yang bilang setengah kurang dikit, ehm… lalu yang benar?, yang benar adalah :

Nah ini yang bener, setengah kurang dikit.

kok bisa ada yang bilang seperempat?, nah ini sebenarnya sebuah masalah karena thermostat nya dicabut. banyak bengkel nakal yang bilang kalau mobil timor lebih bagus thermostatnya dilepas. ehm… logikanya kenapa para insinyur otomotif menciptakan benda ini tapi dibilang gak ada gunanya?. setiap part yang diciptakan pasti ada gunanya. kalau kata temen saya sih, bengkel nakal tersebut mencabut termostat agar panel radiator terlihat dingin yaitu seperempat namun fatalnya apabila mesin dalam kondisi overheat, jarum panel radiator akan tetap berada diposisi dingin sehingga membuat mesin tiba-tiba mati akibat kepanasan.

selain itu untuk manasin kendaraan juga rentan waktunya lebih lama daripada yang dipasangin thermostat. ya awamnya sih mobil dibohongi padahal mobil sudah panas namun si panel radiator ini enggan berada di jarum yang pas. kalau ngomongin statisnya saya agak kurang ngerti cara menyampaikannya, thermostat dilepas juga bisa bikin konsumsi bensin boros lho. nah sekarang kita periksa mobil masing-masing apakah normal atau tidak…

 

25 comments on “Ukuran Panel Radiator Normal

  1. udah lemah kali om kipasnya, tapi klo gak melebihi setengah ya gapapa om

  2. ℳa̯͡ں tanya om mobil apv.. Kalau berhenti mobilku temperaturnya lsbih dari setengah tp kl jalan setengah om.. Kalau lambat bisa lebih dari setengah apakah normal ƍĪ om… Apa

  3. wiwied widieatmoko on said:

    Maaf Om mau nanya neh! mobil LGX 2004 jarum indikator temperaturnya naik tidak sampe 1/4 atau naik dikit, itupun saat dipanasi bahkan dibuat jalan juga segitu, normal tidak Om? mohon solusinya, makasih!

  4. pagi om,,,
    saya punya mobil luxio beberapa waktu lalu saya lewat jalan yang agak banjir sekitar 10-15cm hampir sekitar 2jam an karena memang kondisi jalan pada waktu itu semua banjir,,,
    lalu saya sempat berhenti sebentar saya lihat posisi jarum temperatur malah turun di C padahal mobil sudah saya pakai ber jam2,,
    lalu setelah saya pakai 2hari beikutnya secara berturut-turut sekarang malah jarum nya posisi di C trs padahal sudah saya pakai hampir 5jam non stop,,,
    kira2 apanya ya om,,?
    trs solusinya bagaimana,,?
    makasih ya om,,,

  5. yuga on said:

    Gan.. hyundai accent ane klo pas jalan posisi jarumnya seperempat. Apa masih normal? Thanks

  6. ruswandi on said:

    sore om…
    mau nanya, mobil sy daihatsu taruna th 2001, jarum temperatur kl dijalan menungjukan di 1/2 apakah normal atau tdk ? soalnya air radiator selalu berkurang kl jalan jauh di atas 3jam perjalanan. mohon pencerahannya om.. terima kasih…

    • admin on said:

      ada kebocoran ya om, harusnya di setengah kurang dikit. cek aja kebocorannya om, kalau di bagian radiator gak ada kebocoran cek di oli mesin apakah berubah warnanya atau tidak

  7. Om mau tanya mobil ane Taruna th2000….jarum penunjuk temperaturnya selalu di bawah C terkadang naik sampe C….kira2 apanya yg perlu di benerin Om…??? mohon pencerahannya….
    tks

  8. bagoes on said:

    om, mau tanya timmy ane dohc 97
    temp posisi di 1/4 klo pake AC tapi klo ga pake AC 1/2 krg dikit dan selalu berubah”
    antara 1/2 krg dikit -1/2 lebih dikit. itu normal apa ada part yg harus diganti ya om
    makasih repsonnya om

  9. manuel de Fatima on said:

    Bagus sekali pembahasannya ijinkan aku bergabung ya..

  10. manuel de Fatima on said:

    Sayaemiliki pazero 2800 keluaran 98, jaruMnya tidak bergerK sama sekali mohon solusinya om..

  11. Numpang gabung ya om, mau tanya. Mobil sy twincam 90. Jarum temperaturnya kadang2 melewati sedikit dari setengah. Wkt ke bengkel, ternyata fan utk AC tdk ada. Apakah setelah fan AC sy pasang, suhu temperatur akan normal om? Trimakasih

  12. om,mo nanya….mobil sy twincam 91,sebelumnya temp naik pd saat siang hari,klu mlm tidak masalah.setelah itu saya bawa ke tk radiator trs dikoroki dan ganti tutup (tutup yg lama menang agak rusak karetnya).setelah itu malah muncul masalah temp naik baik siang maupun mlm hari.trs sy bawa kebengkel,setelah dicek gak ada yg rusak,tp tetep aza temp naik.karena msh bermasalah mbl saya bawa ke tk ac,disana dicek trs katanya tutup radiatornya bermasalh (pdhal baru) dan swith otomatis diganti.setelah saya pake kemarin sore hari temp posisi di tengah ac on.dan td pagi malah muncul masalah,ketika mbl dipanasi tmperatur naik hampir 3/4.setelah sy hidupkan ac temp jd turun 1/2.posisi mbl dipanasi.kipas dua dua nya hidup.otomatis swit juga hidup.kira2 apa ya om masalahnya.

  13. untuk catatan om :
    dulu pernah over sampe garis merah,tp tidak sampe mogok.lantas radiator diservis,tetap temperatur naik,akhirnya ganti jarum temperatur yg ada di spedometer.dan ini masalah timbul lg seperti itu…trimakasih.

  14. Mau nanya nih mas mobil saya ferio 97 waktu pertama jalan suhu naik lebih dari setengah hampir 3/4 dan setelah itu kipas jalan n suhu turun lagi dibawah setengah kurang dikit…n normal terus setelah naik

    • harusnya tidak sampai lebih dari 3/4 ya, dia setengah aja udah harus muter kipasnya, ada kemungkinan sensor suhunya udah lemah atau cuma kotor aja platnya, bisa juga thermostatnya juga udah gak main

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>