Timor SOHC vs DOHC

Sebenarnya Timor dengan tipe SOHC dan DOHC memiliki kelebihan serta kekurangan pada masing-masing tipe. banyak yang bilang lebih baik DOHC karena lebih powerfull tapi ada juga yang bilang SOHC lebih mudah menemukan masalah jika ada trouble pada mobil timornya. Pertanyaan perbedaan antara DO dan SO sering banget masuk ke admin tapi menurut pengalaman admin menggunakan kedua tipe tersebut, masing-masing memiliki karakternya sendiri dan tidak ada yang sempurna. Saya memilih Timor DOHC bukan karena memang harus memilih tipe tersebut melainkan saya ingin juga belajar mengenai sistem pengabutan injeksi karena mobil sekarang sudah menggunakan sistem pembakaran dengan injector ya walaupun Injeksinya timor tidak sama dengan sistem injeksi mobil saat ini tapi minimal saya mengerti alur pembakarannya seperti apa. untuk urusan karburator saya sudah sering belajar dari sepeda motor megapro saya dan memang disaat tune up lebih rempong dibandingkan dengan sistem injeksi hehehehe…

Artikel kali ini saya buat berdasarkan pengalaman saya mencoba SOHC dan DOHC, kedua tipe yang saya gunakan bukan mobil modifikasi melainkan mobil yang sama-sama standar sehingga akan lebih terasa karakter asli kedua tipe mobil tersebut. Saya akan berikan perbedaan mencolok dari tipe SOHC dan DOHC sebagai bahan pembaca ketika hendak ingin membeli mobil Timor ya. sekali lagi saya tulis, ini semua berdasarkan pengalaman saya bukan dari penelitian secara serius oleh para pakar otomotif :-)

SOHC


Single Overhead Camshaft merupakan sebuah mesin yang hanya memiliki satu buah camshaft, apa itu camshaft monggo perhatikan gambar diatas. secara garis besar perbedaan dari SOHC pada mobil timor memang pembakarannya menggunakan sistem karburator tapi anda jangan berpikir kalau sohc sudah pasti karburator, tidak semuanya seperti itu bahkan pada roda dua pun pengabutan injeksi masih ada yang menggunakan single camsaft begitu juga sebaliknya. Selain terdapat perbedaan pada sistem pembakaran, fitur-fitur di timor SOHC tidak selengkap dengan timor tipe DOHC, paling mencolok adalah perbedaan pada interior yaitu :

1. Tidak ada tilt Steering, atau tuas untuk naik turunkan posisi stir.
2. di Beberapa tipe SOHC, tidak memiliki power windows alias masih engkol tapi ada juga yang sudah menggunakan power window.
3. Lampu panelnya lebih berbeda, kalau SOHC saat kunci posisi on, lampu panel menyala berwarna merah tapi tidak ada bingkai kotaknya.
4. Perbedaan dari bentuk doortrim nya.

Sedangkan dalam segi performa, SOHC lebih lambat pada tarikan awal mungkin karena menggunakan tipe mesin single camsaft sehingga mesin lebih lambat untuk berlari. Konsumsi bensin pastinya lebih boros karena SOHC tidak memiliki sensor untuk mengatur konsumsi bahan bakar sesuai dengan kondisi suhu mesin dan bukaan katup (kalau dijelasin lagi lebih njelimet :-) )

 

SOHC

perbedaan mencolok sudah pasti saat kita buka kap mesin, di tipe SOHC terdapat karburator dan ruang mesin lebih terlihat lapang karena bentuk mesin lebih kecil, pengkabelan lebih sedikit karena tipe SOHC tidak terlalu banyak sensor-sensor yang harus dihubungkan ke ECU.

tipe SOHC menurut saya lebih aman melibas banjir karena pada bagian mobil tersebut tidak banyak menggunakan sensor dan ECU (Engine Control Unit) namun tetep timor sohc akan modar jika altenator dan kelistrikannya tewas, beda banget sama motor ya hehehehe kalau sepeda motor walau tidak ada aki masih bisa bergerak mesinnya.

dari sistem pendinginan pun tipe SOHC juga berbeda dengan DOHC, tipe sohc hanya menggunakan single sensor di wts nya, sehingga ketika soket WTS dicabut kipas tidak akan berputar. berbeda dengan tipe DOHC yang ketika soket wtsnya dicabut maka kipas akan berputar. dari pengalaman master SOHC, kipas radiator tidak akan ikut berputar ketika ac dinyalakan, namun masih tetap mengikuti panas mesin saja dan hal ini sangat berbeda dengan tipe DOHC yang kipas radiatornya berputar terus saat ac dinyalakan.

Tambahan dari om Ginanjar

SOHC gak ada lampu bagasi,,klo malam2 mau cari barang,,,,RIBEEEET….

SOHC gak ada Electric Mirror,,,klo mau ukur spion,,,kudu mainin “puting”nya yang ada didalam…he..he..he…

SOHC yang kondisinya tidak sehat,,,klo dijalur kanan sering sekali dizalimi oleh mobil2 ababil macam avanza – xenia.

SOHC harga partsnya terlalu murah,,,,gak kayak DOHC,, jadi klo belanja parts SOHC,,ama si toko sering dikasi kembalian melulu…

SOHC klo sedang trobel didaerah yang rada terpencil,,,montir2 kampung masih mau bantuin,,,klo DOHC kudu telepon mekanik dikota….

SOHC klo ada parts yang trobel bisa nekad pakai parts dari mobil2 Angkutan pedesaan …misalkan filter bensin,,busi dll….

SOHC harganya lebih murah dari DOHC….

By :
Si esohace user…..

Kelemahan
secara garis besar kelemahan SOHC Timor ada pada karburatornya yang memang sudah tidak diproduksi lagi, bahkan ada beberapa bagian karbu yang akan sulit dicari penggantinya dan mau tak mau harus mengganti satu glondongan karbu dengan menggunakan karbu mobil lain seperti saran dari om Aha menggunakan karbu kijang tipe 5K. Selain itu cover head mesinnya juga rada langka, makanya jangan sampai pecah ataupun retak karena nyarinya bisa setengah budek. part-part seperti VTA atau selenoidnya juga sudah langka, sekali ada harganya bisa gila-gilaan, alternatifnya menggunakan tipe lain walaupun namanya bukan VTA (Vacum Tripple Act) melainkan Double Act karena hanya tersedia dua lubang bukan 3  lubang seperti timor punya.

Kelebihan
kalau ini kelebihan yang saya nilai dari tipe SOHC yaitu tidak sulit mendeteksi kerusakan apabila terdapat masalah. hanya ada disekitar karbu kotor, vta atau selenoid karena tidak terlalu banyak sensor yang akan membuat bingung pemilik mobil. di SOHC tidak ada yang namanya ISC ya, part tersebut hanya ada di tipe DOHC. Selain itu ruang mesin SOHC lebih lega sehingga mesin tidak terlihat padat (kumuh) dan masih ada ruang apabila kita ingin menaruh asesoris.

kira-kira seperti itulah perbedaan yang saya rasakan, selebihnya mungkin akan ditambah oleh para pengguna SOHC.

DOHC


Double Overhead Camsaft atau menggunakan 2 buah camsaft sehingga terdapat bacaan 16 valve (16 klep) sedangkan SOHC hanya memiliki 8 klep saja. rata-rata pengguna timor dikota besar menggunakan sistem pembakaran injeksi, apa itu injeksi?, alat pembakaran dengan sistem komputerisasi dan aneka sensor-sensor. namun di kota-kota kecil atau didaerah diluar jangkauan ibukota, tipe SOHC lebih diterima dibandingkan DOHC karena mekaniknya lebih mengerti sistem karbu daripada injeksi. tipe DOHC merupakan tipe paling tertinggi dikelas mobil timor karena memiliki fitur komplit dan sangat nyaman dikendarai (bukan berarti sohc ga nyaman ya). untuk fitur-fitur interiornya kebalikan dari SOHC, yang di SOHC tidak punya tapi di DOHC punya.

DOHC memiliki ECU yang berfungsi mengatur sistem pembakaran sehingga bisa diatur boros iritnya mobil. walaupun sebenarnya cara setingan si DOHC lebih ribet tapi bisa praktis hanya dengan bantuan alat bernama scanner. scanner merupakan alat yang akan memberikan laporan tentang keadaan mobil baik dari kerusakan kinerja mobil hingga menyetting pembakaran kendaraan dan sebenarnya yang dirubah hanya dari ECU nya saja. bentuk ecu sendiri seperti harddisk komputer yang letaknya dibelakang bawah HEad unit atau biasa disebut audio. makanya kalau melewati banjir jangan sampai ECU terkena air karena sifatnya sensitif dan kalau rusak harganya lumayan mahal juga lho. untuk lebih detail mengenai ECU akan dibahas dalam artikel yang berbeda ya.

DOHC

dari ruang mesinnya sudah terlihat perbedaannya, tipe DOHC lebih padat bahkan ramai sekali dengan isian kabel-kabel dan sensor sehingga rada susah jika harus menaruh tambahan relay atau part karena sudah penuh dengan aneka spare part. selain itu kita harus selalu cek kabel-kabel dan soketnya karena kualitas kinerja mesin bisa berpengaruh jika terdapat kabel yang tidak baik keadaannya.

Mobil DOHC dirasa lebih irit karena pembakarannya diatur dengan sangat rinci sehingga ada istilah apa yang di buang itulah yang dihasilkan. tidak seperti karbu yang kadang tenaga berat tapi bensin mengucur layaknya tenaga yang besar.

Kelemahan DOHC
kalau ini sudah pasti kita akan dibuat pusing jika ada masalah, misalnya rpm goyang dombret, belum tentu itu gejala dari ISC, bisa saja dari koil, sensor TPS atau lainnya. selain itu sangat sensitif pada sensor, satu sensor tidak berfungsi maka jangan harap mobil akan bekerja dengan baik bahkan tidak akan mau nyala. intinya kalau tidak ingin mogok, rajin-rajin diperiksa keadaan mobilnya jangan sampai ada kabel yang mau putus atau fuse yang meleleh. lebih mudah kebakaran jika pemiliknya ceroboh, terutama tidak mengganti selang bensin yang sudah bocor karena DOHC banyak menggunakan kabel yang dapat menimbulkan percikan api atau listrik.

Kelebihan
masih banyak sparepart yang dijual, bahkan banyak kanibalan part nya dari merk lain dan tidak sampai harus mengganti sistem pembakaran satu glondongan.

Nah sudah tahu kan perbedaan SOHC dan DOHC?, sebenarnya balik ke selera saja, jika anda adalah menyukai sistem pembakaran karburator maka anda tidak akan pusing merawat SOHC namun jika anda menyukai mobil tua dengan pembakaran modern, silahkan coba DOHC. secara garis besar menurut saya sih kedua tipe ini sama-sama nyaman tapi memang untuk soal performa jangan berharap tarikan SOHC bisa seliar DOHC :-) namun kalau digunakan jalan santai sih okelah.

bagi pembaca yang ingin menambahkan kekurangan dan kelebihan silahkan isi komentar nanti akan saya masukan kedalam artikel. Thanks buat http://triatmono.wordpress.com

40 comments on “Timor SOHC vs DOHC

  1. Om mau tanya donk, perbedaan timor sohc dgn dohc bagian interior apa saja? kalau bisa dalam bentuk gambar donk..
    thank a lot

  2. om mimin, kemaren ane mau mudik pake timor DOHC taun 98, eeee…dijalan tiba2 lampu redup, kelistrikan mati, trus mogok (aki tekor)…di coba2 cek alternatornya trus di ganti karbon brass nya, bisa nyala, tapi aki tetep tekor…diganti pake alternator baru, tapi kalau di nyalain terus, aki masih aja tekor, kira2 masalah nya apa ya Om? mohon pencerahannya, matur nuwun.

  3. Ariani Ayu on said:

    Makasih mas pencerahannya. yang saya tanyakan, apa saja yang harus dipertimbangkan/dicek kalo mau beli timor? Saya berencana mau beli timor sebagai mobil pertamaku. & dengan 55Jt dapet tahun berapa ya mas?
    Terima kasih
    Ari – Semarang

    • dapet om, tahun 97 dapet apik tenan itu… atau tahun 2000 keatas masih kembalian

      • yang perlu diperhatikan apa ya untuk timor second.. ada tips ga supaya ga nyesel dapet mobil kondisi buruk. pls bantu ya, saya awam soal mobil dan sedang berencana beli timor.
        terimakasih.

        • silahkan baca2 tips nya dsini om

          • Gusti Arifin on said:

            Om admiiiiiin….
            Bantu pencerhan x dooong
            Sy lg bingung antara milih DOHC sm yang SOHC
            Dua2 x sm thn 99 tapi selisih hrg x sktr 7 jt an…?
            Ap yang harus sy pilih ooom…hikshiks
            Pake DOHC takut tiba2 errors nyari bengkel x, soal x Banjrmasin kan kota kecil ngga’ sekomplit bengkel2 yang ad d pulau Jawa
            Tk’s om….

          • kalau untuk didaerah luar jawa lebih suka sohc om karena masih banyak bengkel yang paham karbu dibandingkan injeksi

  4. ane mau tanya ,yg sering ane denger timor mobil yg g tahan panas alias rpm cepet naik, apa bener, trims pencerahanya…..

  5. permisi ane mau tnya, apa bener mobil timor mobil yg cpt panas dan klo panas msn mati, mohon pencerahanya trim,…..

  6. mas, mo tanya dong.
    Komunitas timor ini di surabaya apakah masih ada?
    minat mo beli boil Timor ini cuma takut dapetnya barang rongsokan ajah hehehe…
    Kasih saran tips2 nya dong sebelum beli ini mobil….

  7. MIsi um mo tanya,
    Kalo timor sohc bisa di rombag ke dohc ga?
    klo bisa minta rekomendasi bengkel and budget yg perlu dipersiapkan.
    Makasih um.

  8. misi om msu tanya ni..timor dohc saya rpm nya naik sendiri wktu msuk gigi.tp kalau netral normal

  9. Minat pengen beli timor om cuma bingung mau milih yg SOHC atau DOHC. kira2 lebih tahan mana antara DO dan SO om admin..??? dan lebih mudah merawat yg mana..?? saya tinggal didaerah om jadi klo mesti mencari partx lebih susah…

    • sohc harus rajin bersihin VTA sama karbu serta jangan malas ganti filter2nya, kalau dohc jarang tune up cuma kalau ada masalah harus urut satu persatu. intinya ada plus minusnya

  10. bangun Z on said:

    Om aq punya mobil timor,,cuma mobil kurang nyaman.
    Semuanya.
    Saya bingung om,,jelasin kerusakanny.
    Tpi mobil g pernahh mogok,,cma dri segi kenyamanan ngdrop om kalahh ma timor tahun tua
    Punya tmn sya,pdhl yg sya thn 2001.
    Kali ajj punya kenalan dibandung,yg bs cek buat memperbaiki segala kerusakanny,mnta info yah.
    Udh 3x ditipu bengkel.

  11. rizki on said:

    Permisi ♏ªǚ tanya harga jual timor soch skg brp?
    Trims

  12. abiet on said:

    Om, mw tanya nih kl yg Timor DO yang bagus keluaran tahun berapa yah ? Thx..

  13. siang om,mau tanya ne,,geu punya timor sohc th 99,,apakah benar tarikan sohc agak sedikit berat,n kalo AC hidup pas injek koping rpm jdi naik,,n karbunya kalo cuman di kasih karbu clean saja buat servis ringan apakah cukup,dan bensin agak sedikit boros ne apakah yg harus saya lakukan,kalo soal yg lain timmy gue sih asyik2 aja,.,thanks..bisa tolong beles lewat e mail ya,

  14. saeful on said:

    Permisi mau nanya2 nih mengenai timor.
    Sebenarnya mobil ini termasuk irit ga yah?
    Iritan mana yang sohc ato dohc?
    Trus Spare partnya mudah dan murah ga mas? khususnya yang ada di brebes.
    Belakangan ada temen nawarin timor 99 dohc cuma 22 jeti berani ga mas?

    • 22jeti bodong/bekas taxi om? murah amat atau kondisinya ancur ya, disini pasaran dohc paling murah 35juta kondisi banyak PR. timor lumayan irit dibandingkan mobil seukurannya

  15. Salam , tanya mind , apa perbedaan mendasar Timor DOHC/SOHC pribadi dengan Timor DOHC/SOHC bekas taxi ? terima kasih sebelumnya

  16. mas admin saya mau beli timor lokasi di kab bandung pilih mana so atau do tahun jujur saya riskan dengan spertpatnya

  17. ganjar on said:

    izin om admid mo tanya,jd intinya so dan do boros so ya om ?

  18. chabib on said:

    Om mau nanya’ kl timor sohc yang bgus tahun berapa yaa’ sama kisaran harganya om. Trims

  19. herman on said:

    gan .mau tanya harga mesin timor soch berapa ya dan dimana jualnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>