Timor itu mobil yg aneh

Sebagian orang mengatakan kalau mobil timor adalah mobil yang kuno, sampah, gak okeh dan sparepartnya susah dicara bahkan gampang rontok mesinnya. Mungkin itu testimonial orang-orang yang belum pernah mencoba boil timor dan hanya mendengarkan melalui mulut-mulut orang pembenci barang lokal sendiri. Untuk bicara masalah keawetan sparepart, ya maklumin kebanyakn timor itu adalah mobil tua keluaran 96 sampai 2000an, gak nyampe 2004 juga. kalau dibilang sparepartnya susah dicari, bandingin sama BMW dan mobil eropa lainnya, Timor sendiri bisa di kanibalin menggunakan spare part Kia, Hyundai, Toyota hingga suzuki. Apalagi spare part hyundai dan kia terkenal murah harganya bisa dua kali lebih murah dari toyota sekalipun.

Biarpun mobil Timor adalah mobil jadul tapi teknologinya bisa disanding dengan mobil jaman sekarang, sistem pengabut pengapian sudah menggunakan Injeksi (DOHC), power window, power steering dan sistem elektrik lainnya. Bahkan sistem keamanan di mesinnya patut diancungin jempol, ketika CVT belt mobil timor putus, dia tidak akan merusak mesin sama sekali. Berbeda dengan mobil-mobil jepang lainnya yang ketika CVT Belt nya putus kebanyakan langsung rusak mesinnya, ada beberapa bagian yang rontok. Untuk power steering sendiri, bisa pake berbagai macam boil jepang seperti merk toyota atau merk-merk mobil korea. Lalu soal sound didalam kabin, patut diancungin jempol karena suaranya lumayan bagus dibandingkan dengan suara sound standar mobil jepang lainnya. disini ada beberapa keanehan mobil Timor yang menurut gw bagus…

1. Harus ngebut
Entah kenapa, mobil yg gw pake ketika diajak jalan dibawah 10kpj agak endut-endutan dan mesti tekan kopling setengah biar mobil gak endut-endutan. Ternyata ciri khas engine si Timmy emang begitu. Kalau pelan dia berasa seperti bensin mau habis, pernah nanya kebengkel juga jawabannya selalu sama, tidak ada masalah hanya karakter mesinnya saja tidak biasa seperti merk mobil lain.

2. RPM Tinggi
Ini kejadian gw baru-baru sekarang, mobil terkadang mengeluarkan asap putih ngebul yang lumayan pekat. Gw langsung down memikirkan cost karena mobil turun mesin, tapi setelah gw cerita-cerita ke pemilik timor lainnya, ternyata mobil gw hanya perlu dipaksa main di RPM tinggi agar kerak-kerak dimesin keluar sempurna. Kebanyakan mesin mobil timor rusak karena keseringan dibawa pelan, ini yang membuat mesin cepat tua.

3. Pertamax
Mobil gw umurnya udah lebih dari 10 tahun karena dia lahir di tahun 1997, kalau mobil tua lainnya macam honda dan toyota, mobil ditahun segitu masih enak pake premium karena belum injeksi tapi di timmy gw sendiri, pake premium rasanya gak enak, minimal gw harus nyampur antara premium dan pertamax agar oktannya naik. Kalau pake premium tenaga ngedrop dan cukup boros bahkan suara ngelitik terdengar begitu jelas. makanya gw sekarang isi pertamax, lebih irit bro dan tarikannya mantap.

4. Top Speed
Mesin 1489cc dibulatkan menjadi 1500cc tidak menyurutkan kualitas performance si mobil timor. Gw pernah nyoba sampai 140kpj itu gas belum juga habis, baru pake setengah. Para pengguna timor standar lainnya pernah nembuh hingga 170kpj, itupun gasnya gak sampai habis. Gw gak kebayang deh rasanya itu mobil dijalan, gw aja yang ngerasa melaju di 140kpj stir berasa getar dan jantung agak was-was.

5. Modifikasi
Ini satu-satunya mobil dengan desain terbaik menurut gw, biar jadul tapi gak malu-maluin. Untuk urusan modifikasi ternyata mobil timor mampu dimodif beberapa aliran. Bahkan ada yang membuat timornya dirubah menjadi BMW, Lancer, dan Honda City. Itupun hanya menghabiskan dana sekitar 5 jutaan untuk merubah tampilan secara over. Ya mayan mahal buat gw.

Dibalik keanehan mobil lokal rasa eropa tersebut (maksa!!) ada beberapa kekurangan yang mungkin dirasa cukup mengganggu, kekurangan mobil ini adalah suspensi standar Timor emang gak ada enak-enaknya, rasanya lewat jalan jelek sama kaya kita naik gerobak. Buat driver yg mudah ngantuk, mobil ini cocok karena akan tidak bisa tidur ketika melewati jalanan busuk. Selain itu ada di daerah dashboardnya, jangan pernah keseringan dijemur, kalau keseringan di tempat panas niscaya itu dashboard bakal mangap keatas kaya buaya lapar. Untuk soal Power Steering, memang mobil ini terbilang agak berat tetapi kalau udah kenceng, toel dikit mobil langsung berbelok. Belum lagi suara agak bising dibagian mesin, tapi semua bisa ditanggulangi dengan cara memasang peredam suara berbahan aspal. Niscaya suara bising tadi, akan berkurang jadi halus lagi kaya mobil CRV.

sumber : http://tawvic.wordpress.com/2010/08/04/timor-itu-mobil-yg-aneh/

22 comments on “Timor itu mobil yg aneh

  1. timor ane SOHC 99, waktu itu ana ada di bandung selatan dapat kabar isteri ane kecelakaan, makanya ane langsung pulang ke karawang bawa mobil lumayan cepet, si tol cipularang kondisi jalan datar masih bisa tembus sampai 170 km/h udah hampir 2 tahun alhamdulillah gak banyak jajan..

  2. jati on said:

    sepaham dg yg “point 4″ pernah ane coba test driver di jalan tol semarang beuh tembus 150kpj oey mo neken gas lagi takut soal.y kaki2 rada ga beres timor okdeh buat santai n cepet.
    tapi kecewa ane ma ni boil yaitu dashboard.y waaaahh punya ane dah agak parah pernah ane tanya ke bengkel betulin dashboard kena 300k harga wajar si, tapi takut.y ga bisa bnr2 sempurna fiuuh… buat rekan2 timor-er ada saran ga si dashboard dipakein baju paten atau dibetulin aja ?
    oia ada lagi ac yg nempel pintu depan punya ane ga berfungsi kira2 masalah.y apa ya om ?

  3. mantap

  4. detis wachyutama on said:

    maannttaappp buat timie..timie ane DOHC 01 udah make 3thn lbh..alhmd g pernah ad masalah yg berarti…hanya mslh2 wajar dan srgny lbh dr umur spare parts,walaupun umurnya udh 12thn…kuncinya perawatan yg rutin dan berkala, niscaya kemanapun kita touring g akan kawatir,,menurut ane timor mobil unik dan istimewa, penuh tantangan hehehe…jogja – jakarta sdh jd langganan my timie stp bln krn urusan kerjaan…bangga ane pake timor, aplg klo papasan dijln dgn timor lainya serasa ktmu sedulur sendiri heeeheee….bravo timor senusantara.

  5. Harry kp on said:

    numpang tanya gan..
    timmy gw th 97 karbu. ada kendala gan,, klw msalny dari santai langsung benam gas, mobil agak sedikit ngorok.. kayak mobil habis bensin.. tolong sarannya gan……..

  6. prasetyo on said:

    numpang tanya gan..
    Boil gw DOHC 2000..waktu mau jalan, dari netral masuk ke gigi 1, kayak ada bunyi sentakan di bawah gitu juga kalo gigi mundur ..seperti sepeda motor rantai kendor.. itu apanya yaa om.. mohon penjerahannya tks

  7. Om numpang nanya nih…kenapa mobil timor gas nya gak mau ?

  8. luthfi yusuf on said:

    Mhon tanya ada y nawarin timor DOHC 2000 41jt murah gaak ya!!kondisi 75 persen

  9. Salam kenal sahabat timor, numpang nanya…sy punya sohc ’97, kalau pada waktu gas ditekan trus kita angkat langsung tahan untuk langsam mesinnya seperti mau mati ( ibarat bensin/apinya putus) itu masalahnya apa ya? trus kalau ACnya hidup gasnya terasa berat….mohon pencerahannya sahabat semua…..

  10. kunci kontak patah, bisa di ganti pake kontak mobil apa bos?
    Tolong infonya…..

  11. om timmy sy DOHC ’97, kalo lagi dipanasin pagi2 rpm mesin masih stabil di 1.000-an, tp skitar 5 menit rpm naik-turun om ky mau mati, malah bisa sampai mati kalo gas ga diinjak.. knp ya om??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>