Thermostat

Pengguna Timor yang masih awam dengan kendaraannya sering kali ditipu oleh mekanik nakal dengan cara melepas thermostatnya. biasanya mereka mencopot thermostat dengan alasan untuk menjaga keamanan mesin dan agar tarikan timor lebih enak. justru malah sebaliknya, mesin mobil mengalami gangguan karena suhu pendinginan dan pemanasan tidak bisa didapati dengan sempurna akibat thermostatnya dilepas. thermostat ini lah yang mengatur suhu kendaraan secara optimal untuk layak jalan sehingga keadaan mesin lebih stabil suhunya.

thermostat

ciri-ciri thermostat dilepas secara umum :
- Jarum di panel radiator saat mesin panas hanya berada di seperempat bukan di setengah kurang dikit.
- Bensin lebih boros dari biasanya
- Mesin lebih lama panasnya dibandingkan dengan menggunakan thermostat.
- Ketika overheat, jarum petunjuk terbaca normal namun mobil tiba-tiba mati akibat kepanasan.

letak thermostat didalam packing yg disealer.

untuk lebih detailnya tentang thermostat bisa longok blog sebelah yang membahas thermostat secara detil ada disini , intinya penggunaan thermostat itu penting karena para profesor korea menciptakan benda ini bukan untuk sebagai pajangan atau malah merusak mesin, pasti ada kegunaan dan peruntukannya.

Tips dan om Udit

numpang comment kebetulan suka ngoprek….setahu saya kalau mau melepas termostat suatu mesin harus dibarengi dengan memblok saluran bypass cooling system. Karena jika termostat dilepas tanpa memblok saluran bypass maka sirkulasi air tidak akan mencapai seluruh bagian engine terutama sisi paling jauh dari rumah termostat. Saluran by pass ini bisa didapati disekitar rumah termostat, baik itu langsung dirumahnya, seperti yang saya dapati di mesin diesel jip saya ataupun berupa selang kecil antara pompa dan rumah termostat (kalau tak salah mesin kijang 5K dan FJ40).
Hal yang diutarakan diatas dimana kenapa lepas termostat malahan panas, bisa jadi karena bypass nya lupa diblok, Kebetulan dulu pernah terjadi di kijang 5K milik ortu yang dikerjakan bengekel resmi toyota saat termostat stockout kemudian mereka melepas termostatnya yang rusak tanpa melakukan penutupan bypass. Kijang ortu sampai stuck kepanasan di jalan toll. Setelah saya periksa rupanya mereka lupa memblok bypass. Setelah saya blok gejala ini hilang. Mengenai penjelasan air tidak sirkulasi ke seluruh bagian blok juga sudah saya buktikan di mesin FJ40 teman yang juga dilepas termostatnya tanpa menutup bypass,Kebetulan saya menambahkan mekanikal temperature gauge yang sendernya saya pasang di ujung blok terjauh dari rumah termostat. Saat mesin running temperature tidak terbaca, tetapi saat mesin mati malah terbaca suhunya, kenapa demikian? karena saat mesin hidup air hanya bersirkulasi di separuh blok sementara sender yang terpasang di ujung blok tidak teraliri air yang seharusnya dibaca suhunya. Saat mesin mati, air segera kembali memenuhi seluruh water jacket dan sendernya membaca temperaturenya.
Mungkin melihat diagram aliran cooling system kendaraannya untuk lebih jelasnya.
Salam…..udit

31 comments on “Thermostat

  1. alfan on said:

    ..mas bro.. ukuran thermostat timor yang bener berapa derajat ya..82 ato 90..trims

  2. admin on said:

    Ya itu boros karena thermostat dilepas. Coba baca artikel tentang thermostat di blog ini. Nanti paham kenapa omongan tuh bengkel salah besar.

  3. rafiq on said:

    om saya mau nanya nih, kenapa timie saya kalau ac on dan macet di terik matahari, temp jadi naik 1/2 bahkan lewat. padahal kedua fannya nyala,jadi tenaga mobil jadi agak endut2 tan dan berat, tapi saat jalan temp turun kembali jadi 1/2 kurang dikit, tapi tenaga masih terasa berat,
    kalu malam tidak ada masalah, dan tenaga ringan banget.
    kira2 apanya ya om?

  4. alfan on said:

    ..mas bro kemarin saya udah pasang thermostat yg baru..tp ko suhu masih 1/4 lwt …pengaruh ga kalo pasang thermo terbalik yg mancrit diluar

  5. ..kemaren saya lihat cara pasangnya yang ada per nya ada di posisi dalam..thermo nya ukuran 82 c..mohon pencerahan ko suhunya masih 1/4 lwt aja..terus kipas radiator berputar pas jarum mau mendekati normal..setelah kipas mati jarum turun lagi ke posisi 1/4 lwt..

  6. hawruuba on said:

    mas, minta saran masukan aja,
    saya make mobil jadul juga (maestro 92), kemarin saya bawa perjalanan ekstrim antar pulau dari jateng ke lombok. selama perjalanan temperatur stabil, AC dingin juga, tidak ada gejala2 ngelitik. Namun, setelah saya coba-coba periksa, jika distater dalam keadaan tutup radiator terbuka kok air muncrat dan ada gelembung2 udara yang konstan. Sebelumnya saya cek deepstick oli normal tidak ada perubahan baik volume maupun warnanya. Satu lagi, dari sejak saya tebus, thermostat sudah dicopot dan belum saya pasang lagi (padahal sudah saya belikan yang baru, tapi masih ragu-ragu). Yang saya khawatirkan, apakah gasket cilinder head-nya bocor? penyebabnya karena thermostat dilepas yg sebenarnya sudah overheat namun tidak terpantau di dasboard. Bagaimana menurut mas admin? terima kasih…

    • pastinya sih gampangnya cek nilai kompresinya om, nanti ketauan kalau ada yang bocor, oh iya cek juga busi, kalau bocor biasanya busi basah air., nah si om ngerasain fatalnya copot thermostat, padahal banyak bengkel yg nyaranin copot thermostat tapi gak tahu bahayanya. dipasang lagi om thermostatnya…

      • hawruuba on said:

        mas.. pas saya bawa ke bengkel kemarin kok rekomendasi dari bengkel adalah turun mesin karena kompresi sudah bocor karena sebab keropos pada blok mesin antara ruang kompresi dengan air coolant. Jadi, harus dilakukan pengelasan pada blok yg kropos. Saya masih ragu-ragu mas, karena selama ini saya gunakan tidak ada keluhan apa2, tidak ada percampuran baik air dg oli maupun oli dengan air.

        • kompresi nya dicek dengan alat tidak? om harus liat sendiri nilai kompresinya. kalau bocor blok mesin pastinya oli kecampur air dan air radiator berwarna putih sussu dan suara mesin berisik.

  7. ramdani on said:

    dear admin
    mau sharing dan minta pendapatnya
    mobil saya hyundai accent 2000
    kondisi kipas fan radiator selalu nyala saat kontak on
    thermostat kondisinya sudah dilepas
    bensin boros
    temperatur tidak pernah sampai setengah
    perjalanan jauh jogja bandung tidak ada kendala
    untuk mengembalin ke setingan awal apa yang harus saya laku

    • ramdani on said:

      apakah dengan hanya memasang thermostat, fan radiator akan bekerja otomatis, slnya kondisi di sikring fan ada kabel, mungkin fan di langsung

    • pertama siapin thermostat, dan kabel-kabel takutnya kabel standarnya sudah dilepas. lalu si om tinggal siapin sensor air radiatornya takutnya juga sudah dilepas. nanti tinggal minta bengkel buat dijalurkan kipas ke sensor air radiator dan thermostatnya dipasang.

  8. Sy masih newbie bgt ni masalah mobil. Baru beli timor 1997 SOHC. Awalnya temperature jalan, tapi uda sebulan ini mati. Lokasi thermostatnya dimana ya? Sy mau benerin sendiri ni, di bengkel takut dikibulin Om..
    Mohon pencerahannya.

  9. Mas broe.Saya punya boil Tyt Kjg Kapsul 7k, Karena mengeluarkn asap putih lalu pihak bengkel menganjurkan untuk mengganti seal klep, ok Setelah diganti hilang tu asapnya. Yang menjadi pertanyaan saya :
    - Setelah keluar dr bengkel dan berjalan kurang lebih 3km, suhu mesin tiba-tiba panas dan posisi jarum meter berada di H. mengapa demikian padahal sebelumya tidak.
    - Setelah kembali ke bengkel, lalu pihak bengkel memeriksa dan didapatin permasalahannya ada pada thermostat. kemudian dilepas. apa efek negatifnya bila thermostat dilepas dan berapa kira-kira harganya..

    terima kasih

    • harusnya jangan dilepas, karena dia yang ngatur suhu dan efeknya bisa bikin mobil boros om… saran sih pasang lagi yang baru agar kinerja pendingin mobil tidak terganggu.

  10. herlambang on said:

    Numpang nanya bang…maestro saya jarum indikator temperatur gak jalan/mati ….penyebabnya apa ya…makasih atas bantuannay

  11. Mas admin sy nanya termostat bisa di setting temp 60° ngak ? Caranya gimana ? Tks

  12. Siang om, saya mau tanya. Letak thermostat timor SOHC disebelah mana ya? Kok saya nyari2 belum ketemu om. Ada yang bilang jadi satu sama WTS, bener gak om? Timor saya temperatur naiknya agak lama, trus berhentinya di setengah kurang seperempat om. Jadi jarum ditengah2 antara strip seperempat dan setengah. Kaya gitu normal gak om? Dan kalo gak normal, kira2 apanya om?. Maaf banyak nanya om. Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>