Tentang REM / BRAKE SYSTEM

REM / BRAKE SYSTEM

Rangkaian rem sebuah mobil, jelas merupakan komponen amat penting. Namun banyak pemakai mobil yang tak terlalu memperhatikan optimasi kerjanya. Sebagian konsumen lain, bahkan tak menyadari kapan batas waktu harus melakukan perawatan terhadap rangkaian rem itu. Apalagi bagi mereka yang menggunakan mobil dengan sistem rem konvensional, yang memang tak terpantau dengan sistem komputer.

Rangkaian rem memang tak memerlukan penggantian bila memang tidak mengalami kerusakan. Artinya, tak harus melakukan pembongkaran. Master rem misalnya, hanya demi kepentingan membersihkan bagian dalamnya. Namun perlu menjadi perhatian, jika tiba-tiba rangkaian rem mengalami ‘keanehan’.

Beberapa keanehan kerja sistem rem ternyata dapat dipantau dengan menggunakan cara amat sederhana, seperti misalnya merasakan kerasnya injakan pedal rem dan memantau isi tandon minyak rem. Yang terpenting, menyadari rangkaian rem adalah komponen amat penting.

Berikut sejumlah upaya pemantauan terhadap kerja rem yang perlu diperhatikan.

  • Penggantian komponen. Penggantian komponen, mulai master, kanvas maupun break pad, hanya perlu dilakukan bila bagian ini menunjukan kerusakan. Kerusakan biasanya diawali dengan munculnya getaran berlebih saat melakukan pengereman atau terasa lebih dalam katika Anda menginjak pedal rem. Kadang muncul pula suara aneh yang menunjukan kerusakan saat rem diaktifkan. Perlu menjadi pengetahuan, kala hendak melakukan penggantian komponen dari rangkaian rem cukup melakukan pada bagian yang mengalami kerusakan. Jangan sekali-kali mencoba membongkar komponen lain bila tidak untuk kepentingan penggantian. Biasanya konsumen meminta bagian lain diservis saat mengganti salah satu komponen. Kegiatan ini justru bisa merugikan.
  • Ketersediaan minyak remPemantauan standar yang harus dilakukan terhadap optimasi kerja rem adalah selalu memperhatikan jumlah cairan dalam tandon. Kadang memang dijumpai pengurangan jumlah minyak rem dalam tandon tersebut. Bila pengurangan hanya terjadi dalam jumlah kecil, Anda cukup menambahkan minyak yang sejenis hingga garis maksimal seperti tertera dalam tabung. Bila tidak, berarti sistem rem masih dalam batas aman.
  • Batas waktu penggunaan komponen.  Tidak ada teori pasti yang menyatakan seberapa jauh pemakaian komponen rem hingga harus melakukan penggantian. Beberapa pabrikan menyatakan komponen rem — khususnya kanvas dan break pad — harus mengalami penggantian pada 70.000 km pamakaian. Sebagian lain mengatakan 40.000 km atau 30.000 km.

Perlu menjadi patokan adalah bagaimana cara Anda mengemudi dan menggunakan rem, bagaimana kondisi jalanan yang dilalui kesehariannya, dan bagaimana pula karakter kepadatan lalu lintas yang dijumpai. Keawetan komponen rem amat bergantung dengan cara pengemudi memperlakukan rem. Usia rem juga bergantung dengan seberapa sering Anda mengerem di lalu lintas yang kondisinya stop-and-go, seperti Jakarta ini.

Tips

  1. Ganti Brake Fluid setiap tahun, saat mengganti oli rem, jangan sampai brake fluid tumpah ke cat, jika tumpah ke cat, segera siram dengan air.
  2. Saat penggantian minyak rem, lakukan sekali jalan dengan penggantian Clutch Fluid (untuk type hydraulic).
  3. Ganti Caliper Seal Kit dan Master Cylinder Kit jika sudah berumur 3 – 5 tahun, penggantian membutuhkan OH rem, gunakan Seal Kit original, penggantian dilakukan sekali jalan dengan penggantian kanvas rem.
  4. Saat OH rem periksa Caliper Pin dan Pads Clips (tipe disc brake).
  5. Periksa kondisi hose Vacuum Booster dan diafragma vacuum booster, kerusakan di sini bisa menyebabkan rem blong.
  6. Periksa selang ke arah caliper (brake line atau hose), karat di bagian dalam bisa menyebabkan rem blong.
  7. Jangan membubut Disc (Rotor), yang menyebabkan lapisan hardening atau pengerasan di permukaannya hilang, disc jadi mudah peyang atau warped, lebih baik ganti saja.

DAFTAR SERVICE DAN PARTS YANG DIBUTUHKAN

SERVICE DETAIL PARTS INTERVAL KETERANGAN
Ganti Oli Rem Minyak Rem TIAP TAHUN
Ganti Oli Hidrolik Clutch (tipe hidrolik) Minyak Rem TIAP TAHUN Kopling Hidrolik
Over Haul Rem   3 th

 

 

Check

Check

Ganti Caliper Seal Kit Caliper Seal Kit Wajib, Safety
Ganti Kanvas Rem Kanvas Rem
Ganti Disc atau Drum Disc atau Drum Jangan dibubut ganti
Ganti Pads Clips (Disc Brake) Pads Clips (Disc Brake)
Ganti Master Cylinder Kit Master Cylinder Kit Wajib, Safety
Ganti Oli Rem Oli Rem
Periksa sistem rem tangan Stel
Ganti Saluran Vacuum Booster Vacuum Booster Hose 8 Tahun DIY

 

DAFTAR MASALAH, KEMUNGKINAN PENYEBAB & PENANGANANNYA

GEJALA KEMUNGKINAN PENYEBAB PENANGANAN
Bergetar Saat Pedal Rem ditekan pada kecepatan tinggi Pengencangan baut roda tidak seragam torsinya Seragamkan torsinya, kencangkan secara menyilang
Disc brake peyang (warped) Ganti, jangan dibubut
Disc Brake sudah tipis Ganti
Macet dan Panas Caliper Seal Kit aus OH rem, Ganti Seal Kit dan
Piston caliper berkarat check piston dari karat
Bunyi Brake Pads Clips aus (disc brake) Ganti

Kanvas/Pads aus, karena indicator plate menyentuh disc Ganti

Penekanan Caliper tidak tepat di tengah, karena Sliding Rod / Caliper Pin seret Lumasi

Memakai Brake Pads metallic
Indikator Parking Brake menyala saat rem tangan tidak bekerja Short pada saluran kabel hand brake switch Perbaiki

Kapasitas Brake Fluid berkurang Periksa kebocoran, Perbaiki
Float indicator, di tabung master rem tersangkut Gunakan minyak rem berkualitas baik
Pedal rem kosong Seal Kit Master Cylinder Rem aus Ganti
Pedal Rem berat, tidak pakem Diafragma Booster Rusak Ganti
Saluran vacuum booster bocor atau retak Ganti, bisa dilakukan sendiri
Brake Line atau selang ke arah caliper di roda mampet karena karat Ganti

8 comments on “Tentang REM / BRAKE SYSTEM

  1. Ada kawat di kaliper ban depan yg keluar,,,ane patahin aja soalnya udah keluar ngerusak velg.itu namanya apa ya om?

  2. om..kalau begitu injak gas bunyi seperti angin bocor gitu knapa ya om?trus rem nya sering lengket gara2 kejadian trsbt..mhon bantuannya om.

  3. timoti on said:

    kalau mau hidupin lampu indikator handrem saklarnya ada di posisi mana ya om sama kalau mau bongkar dashboard buat ganti lampu indikator yg putus
    minta pencerahan

  4. satria on said:

    tabung minyak rem timor kapasitas berapa ml mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>