Tanggapan Orang yang Salah Terhadap Mobil Timor

Mobil Timor memang terbilang murah tapi kata murahan sepertinya tidak bisa dilekatkan oleh mobil sedan berbasis mobil korea ini, ada banyak orang yang biasa menggunakan mobil bagus langsung memandang remeh mobil Timor bahkan tanpa perasaan mengecap mobil ini sebagai sampah, tapi tunggu dulu, kebanyakan para pembicara seperti itu hanya menjelekkan tanpa tahu atau mencobanya lebih dulu atau hanya meneruskan olok-olokkan dari orang lain. Banyak juga para pencari mobil yang enggan melirik timor karena persepsinya yang salah, mobil timor gini lah gitu lah dan mereka pun membandingkan mobil Timor dengan mobil saat ini (terlihat bodohnya dalam mengkomparasi sebuah kendaraan). Berikut pertanyaan para pencari mobil bekas kenapa enggan melirik Timor :

1. Spare part nya langka
Pabrikan timor memang sudah terkubur oleh waktu namun kata siapa spare partnya langka?, coba melirik ke pengguna mobil vespa, kenapa vespa masih tetap berada di jalanan?, padahal part-partnya sudah tidak diproduksi lagi?. Spare Part Timor mana yang langka, saya sendiri mencarinya sangat mudah dan perlu diketahui jika part Timor masih bisa di subsitusi atau dikanibal dengan mobil lain selain Kia Seperti Mazda, Toyota, Suzuki dan lain sebagainya. Kalau mencarinya di bengkel mobil jepang sih biasanya memang tidak ada yang tahu dan bahkan juga menganggap part timor itu tidak laku padahal distributornya juga masih banyak yang jual dan siap mengirimkan part-part yang dicari. Harga Spare part khusus timor terbilang murah, karena tidak menjual merk, berbeda dengan spare part mobil jepang atau eropa, part tersebut mahal karena menjual merk tapi kualitas dan fungsinya sama.

2. Spare Partnya Mahal
Kata siapa spare part timor mahal?, terbilang paling murah dikelas sedan lho. Sebagai contoh yaitu penggantian part kopling, jika mobil jepang minimal dua juta sedangkan mobil eropa 4 Juta, sedangkan timor, cukup 1 Juta saja sudah bisa dapet kopling baru dan bagus. Semua partnya terjamin mutunya asal kita rajin merawat dan tahu cara menggunakannya, buat apa beli part mahal dengan embel-embel aseli atau berkualitas kalau tidak bisa merawat dan menggunakannya?.

3. Mesinnya ringkih
Ah gak juga tuh, saya sendiri sudah mencobanya melakukan tes mesin melewati tanjakan, turunan curam, ngebut hingga 160kpj (masih bisa dipentokin lho tapi takut), menggunakan mobil dengan oli mesin hanya tinggal 1 Liter dan semua uji coba itu aman-aman saja. Di cek kompresi masih normal saja, 2x kena over heat sampai mobil berhenti akibat kepanasan pun tidak masalah, bandingkan dengan mobil lain yang niscaya akan langsung turun mesin ketika mobil over heat. Memang mobil Timor sangat riskan overheat apabila radiator sedang dalam keadaan bermasalah dan kipas-kipasnya tidak sehat. Hebatnya lagi jika timing belt Timor putus, mesin tidak berantakan seperti mobil yang lainnya karena packing head Timor memiliki lekukan berbeda dari mobil lain. Jika dibandingkan mobil lain, putus timing belt adalah petaka, mobil jamin turun mesin sedangkan timor cukup ganti timing beltnya dan bisa kembali ngacir lagi.

4. Boros
Tidak boros kok, normal mobil sedan lawas dan sekelasnya. Apalagi sistemnya sudah injection yang mengatur pasokan bbm lebih efisien dibandingkan sistem konvensional non electric injection. Selama mobil sering dirawat, niscaya tidak akan ada masalah dengan konsumsi bahan bakarnya. Semua mobil tua kalau tidak pernah dirawat juga akan mengalami pemborosan, baik dari bensin maupun part.

5. Larinya Pelan
Timor sehat memiliki Top Speed hingga 180kpj, saya sendiri pernah membawa mobil ini melesat di kecepatan 160kpj dengan mulus tanpa kendala, apalagi mobil Timor akan mengeluarkan powernya jika mesin dibawa kencang diatas 100kpj namun saya sangat sarankan untuk tidak mencobanya ketika jalanan sedang ramai karena sistem pengereman Timor yang memang kurang begitu bagus dan tidak bisa berhenti mendadak jika mobil sedang melesat dikecepatan 100kpj keatas.

Sebenarnya semua mobil lama akan mengalami kerusakan parah apabila sang pemiliknya tidak pernah mau merawatnya, apalagi jika dibandingkan dengan mobil sedan terbaru sih memang sangat berbeda dan nasibnya juga akan sama jika mobil baru tersebut berusia diatas 7 tahun. Setiap part satu persatu akan haus, kalau didiamkan lama kelamaan hanya menjadi barang rongsokan saja. Kalau mau aman dan nyaman, setiap 5 tahun sekali membeli mobil baru, dijamin perawatannya tidak terlalu sulit namun uang yang dikeluarkan tidak sedikit. Mobil Tua memang tidak diperuntukan buat pemilik yang malas, cuek terhadap kendaraannya dan hanya mementingkan gengsi daripada kualitas.

 

 

79 comments on “Tanggapan Orang yang Salah Terhadap Mobil Timor

  1. Setuju banget Om admin…
    Gue pernah ada pengalaman, si Timy pernah bunyi kretek-kretek pas mundur stelah parkir, indikator bensin dan hand brake nyala smua, padahal gue dah gak tarik hand brake lagi, bensin juga msh 1 strip, tapi karna udah malem gue coba aje buat jalan pelan karna harus pulang setelah silaturahmi ke tempat sodara (perlu diketahui, jarak rumah sodara ke rumah gue sekitar 17 km). stelah nyampe rumah baru gue periksa ama kakak gue, ternyata fanbeltnya putus 1. kata kakak gue, kalo mobil lain biasanya udah mogok tuh dijalan. paginya baru gue ganti dua-duanya, & Alhamdulillah… tuh Timy asik2 aje buat jalan ampe sekarang. Keren euy…
    Sekalian nanya juga Om, si Timy kok sering bunyi cit-cit pada fanbeltnya pas distarter pagi2 (bianyanya kalo suhu sekitar dingin), tapi cuma sebentar dan stelah itu normal lagi. Apa setelannya yg kurang kenceng ato ada cara lain buat ngilangin bunyi tersebut Om (mungkin semacam oli khusus)?
    Makasih sebelumnya Om…
    Salam Timor dari Brebes.

  2. walau orang lain ngatain mobil kurang gini, kurang itu, yang penting kita bersyukur aja…… yang penting nyaman-nyaman aja. ya kan…? Mobil kita gak kalah ngganteng / kalah gagah kok…….

  3. Ada temen ane cuma make Suzuki Trungtung aja awet 15 taun gak genti-genti…
    butut2 juga disayang banget,,menurut dia,,daripada pake motor,,15 juta tapi anak 3 gak kebawa semua,,mana klo hujan ribet pula…
    Mending pake Trungtung,,5 juta doang tapi anak2 kebawa semua..
    Nah,,doi aja bisa bersyukur cuma punya Trungtung,,,moso kita yang udah diberi kepercayaan rezeki buat pegang timor malah gak bersyukur…

  4. Riano RYan on said:

    SAlut deh buat si Timmi…aku baru 1minggu punya Timmi aku bawa mudik ke Jogja dari Semarang…tiba2 Overheat gitu….waduuuhhh ni jantung deg-degan pooollll cz baru pertamakali punya timmi…tapi ane geber ampe keluar Tol masih bisa ngacirrr biar berasep…buzzzzzz….ternyata aku bawa kebengkel kata bengkel cuma kena Senderkop atau apanya gtu…ada kop2 nya..bis itu nagcir lagi ampe sekarang sehaaattt walafiat….

  5. bandots on said:

    ” Mobil Tua memang tidak diperuntukan buat pemilik yang malas, cuek terhadap kendaraannya dan hanya mementingkan gengsi daripada kualitas ”

    Mantap , saya suka kalimatnya :D

  6. mesine pancen bandel mas. terbukti jg bwt armada taksi to. klo ndak bandel ya gak kuat diajak jalan seharian taksine.
    banjir jg tetep jalan terus…
    bensine irit klo mesine sehat.
    g usah gengsi wong belinya jg pake duit sendiri. ya to

  7. wandi on said:

    Salam kenal semua buat Timor-er, buat bang admin juga…

    Baru aja sabtu kmaren boyong Timor DOHC thn 2000…kesan pertama jalan mantep aja..kecuali pas master koplingnya jebol, lom lama keluar dari etalase sorum, untungnya mash garansi, cari ganti partnya gampang banget, normal lagi deh, sempet kejebak macet sampe ampir 2 jam, kwatir overheat, nyatanya sampe rumah langgeng aja bablas. thx

  8. yudi astro on said:

    ikutan para kang mas sekalian . saya udah pake timor tiga taunan . nih mobil ngacir banget . banyuwangi-bali kayak jd sarapan aja . emang byk yg mencibir boil saya , byk pula yg kagum . setiap dipenyebrangan pasti mobil saya paling lama meriksanya . udah gitu , nanya2 apalah tentang boil saya . eeeeh , para polisi pada kesengsem liat kemolekan timi saya kang mas . itu kejadian saya alami setiap sy nyebrang .

  9. Iya setuju sama ulasan di atas mengenai timing belt. Saya pernah ngalami timing belt putus pas malem taun baruan…hix hix
    Udah pucat aja saya ngebayangin apa2 aja nih dari mesinnya yg berantakan & bakalan harus diganti. Setelah cari2 montir yg buka di tahun baru, akhirnya bisa diganti tuh timing belt. Syukurlah cuman ganti timing belt aja, bener2 gak ada komponen lainnya yg rusak. Dan akhirnya bisa ngacir lagi deh tuh my Timy walaupun malem tahun baru jadi kelabu…hehehe

    Itu ceritaku…..apa ceritamu….. :)

  10. betul bro, siti my lebaran kmaren ngacir ke jogja, lancar jaya, irit pula

  11. si ganteng on said:

    timor ane pernah 4 bulan gak ganti oli.. mesin tidak apa2, sehat walafiat. dan pernah bawa jkt bengkulu.. tidak ada masalah. amper panas stabil kurang dari stengah.. bensin super irit, lari kuenceng . muantap !!

  12. Timmy memang boil yang handal,waktu itu aja gue balapan ama Yaris,si Timmy hanya modal knalpot plong aja ama servis injektornya trus hasilnya wessssssssssssssss….. si Yaris jauh ketinggalan cium bokong Timmy…. hehehehehe good buat si Timmy….

  13. Asep geges Machmud on said:

    Timor sya pernah mengalami overheat sampai mobil berhenti mendadak pas waktu pulang kerja ,gara2 radiator bocor pas pembuangan air radiator jebol,jarum indicator di dashboard juga nyampe merah mentok,akhirnya sya paksain pulang ke rumah karena jarak ke rumah kira2 3km lagi nyampe,akhirnya tu si timmi pas banget nyampe gerbang rumah mati,sya langsung dinginkan, buka kap mesin,buka radiator,airnya habis.lalu sya bongkar radiator sya tambal pembuangan air radiator dengan lem plastik stell,sampei sekarang Alhamdulillah timor sya sehat2 saja gak pernah mengalami overheat lagi,meskipun klo mau nguras harus bongkar semua karena pembuangan yang ada di bawah saya pateni dengan lem.

  14. arifian on said:

    Salam Kenal ya Om , Numpang bagi pengalaman ya, sy baru beli Timor th 97 DOHC saya beli siang hari malemnya saya langsung test drive bawa mudik dari Jakarta – Jogja- Jakarta , alhamdulilah dijalan tanpa ada masalah sedikitpun baik mesin ataupun eletriknya, mobil melesat tanpa ada masalah di kondisi jalan sepi ataupun macet, suhu mesin juga stabil,di tanjakan juga OK, saya yakin ngga salah pilih mobil buat menemani keluarga saya tercinta.

    Thanks

  15. uknee jogja on said:

    saya adalah pengguna mobil timor,dan mobil itu saya gunakan buat cari uang di kota pariwisata jogja untuk antar tamu2 atau wisatawan yg berkunjung,faktanya mereka nyaman dg kendaraan timor saya,gk sedikit yg memuji kenyamanan mobil timor,rata2 mereka gk menyangka ternyata mobil timor sgt nyaman n gk kalah ma mobil2 baru,saya jadi bangga n sll rutin merawat kendaraan saya

  16. Halo kawan semua pengguna mbl Timi. ada gak yg perna ngalami seperti saya. timor saya bila panas dikit tak bisa pakek AC. bila dipakek AC langsung mati. kalo sdh mati mesti tunggu kira-kira 15 menit baru bisa hidup lg. bagi kawan kawan yg erna mengalami seperti saya kasi dong solusinya..sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  17. Koilnya diperbaiki apa diganti ya om, kalo diganti berapaan ya harganya.

  18. candra on said:

    saya punya sohc 97 kendala mesin sering mbrebet jika gas rendah seperti minta turun gigi padahal ini msh gigi 1 mhn petunjuknya kawan..

  19. yup bener ko ane juga punya mobil timor 1997
    blm lama ane bawa kekampung jakarta,semarang,dan lembang bandung aman aman aja dan gak boros ko dan masih kuat di bawa lari 120 dan itu juga masih bisa di tekan gas pol lagi
    jakarta bandung ane isi Rb 200.000 pp dan itu masih sisa 1 strip

  20. kupret on said:

    Ane juga kpengen tuh mbil timor… klo daerah ciamis – tasik susah ga nyari sparepartnya om.

  21. dwi salatiga on said:

    Mantap…..pa lagi om admin bkin blog ginian..jos gandos..dua jempol

  22. Bos taming belt timi sy putus pada saat jln’ apa akan berpengaru pada klep’tks

  23. Bos Klo pajak tahunan timor 97, untuk wilayah tangerang berapa ya? terus lagi kalo biaya balik nama berapa ya?

  24. Wilim Luswanto on said:

    Bs di info tempat jual sparepart timor di jakarta, toko atau yg online. Thx

  25. nazyan on said:

    Hahaa..Timor emang maknyuzzzzz..sampai2 nyari di showroom se-Surabaya pada bilang ‘jangan mbeli Timor pak, gampang pan as’
    Saia smpi binun, yg gmpg panas ITU APA na yaaa…he he
    Mgkin ada kawan2 di Sby nyang mo lego Timor kabar2 saia ya

  26. muklis on said:

    sapa bilang timor sampah…
    sapa bilang timor rentan…
    sapa bilang timor mobil tua dgn tenaga tua….

    aku punya timor thn 1996 tapi tenaga nya……ampun dah.kemarin aku tes gak tanggung2 dari padang(sumbar) sampai blitar (jatim) alhamdulillah aaaaaaman.malahan irit dibanding avansa 2010 seri V.klo gak salah selisih 260rb an lah.
    salut untuk timor
    sampai sekarang timor tak akan kuganti dengan mobil lain.

  27. saya aja malah nabung buat beli timor…

  28. min,,,,mau tanya,,,untuk timor sohc tahun 1996 tu pasaranya brp ya min??ane jg lg ngincer ne mobil??mohon pencerahanya

  29. bang, kemaren ane beli timor thn 2000 dohc, baru seminggu rem tangan putus ditarik ama sepupu. berapa ya gan kabel rem tangan timor? thx

  30. dedi kurniawan on said:

    Timor Istimewa….

  31. saya mau jual timor dohc th 2001 warna abu tua metalik , kondisi terawat, plat b, posisi bandung, pajak bulan 4, maknyussss…. hub 089621376797

  32. den samodro on said:

    salam…timy…aku pakai timor sudah setahun ,ngak ada masalah apa apa tu ampe sekarang tiap hari aku josss terus buat kaki cikarang -jkt dan lebaran kemaren aku bawa pulang dr jakarta-solo-jepara-dan jakarta lagi ngak ada masalah enak mk nyussss tuuu….bensin irit ,,jd apanya yg bikin susah….?????????????

  33. armand on said:

    min..kalo harga kanpas kopling berapa ya min..??buat timor dohc th 2000….ty admin sebelumnya

  34. Kristyadi on said:

    mantab… saya penggemar timor dari dulu dan Alhamdulillah baru bisa beli bulan lalu, ternyata nggak salah pilih, oh ya mau tanya … mobil saya warnanya silver/perak tapi di stnk tertulis abu abu metalik, apa betul demikian om admin, terimakasih atas pencerahannya

  35. aku jadi kepingin pake timor juga nih :D
    tapi duit belum cukup berarti harus nabung lagi dengan giat …

  36. yang paling perlu dirawat rutin untuk timy bagian apanya ya?

  37. kalau cabut berkas dan balik nama timor plat B pindah salatiga berapa ya biayanya?

  38. trimakasih infonya, admin aku lagi bingung mau beli mitsubishi eterna apa timor ya…. tapi dana cuma 30jt, apa kelebihan dan kekurangan etrna dan dibanding timor trimakasih

  39. Faizalicang on said:

    Hallo timor-er salam kenal. Saya timorer dari jakarta. Alhamdulillah dari beli gada masalah buat bolak balik bandung jakarta dan tahun baruan ke anyer. Tapi sekarang lg ada masalah rpm turun naik, udh coba bersihin ics nya tapi tetep turun naik. Mohon pencerahannya para timorer.
    Blog nya bagus! Pertahankan!

  40. Andik Maulana on said:

    Apa kata orang ??? saya tetap pakai mobil timoer…..

  41. bismillah….. jd mantep ni punya timor.. ;)

  42. wah mantp nih blog..jadi tambah pede buat ngebeli nih boil…

  43. min… maaf ni ane mo tanya… timor dohc 97 terasa nyendat2 saat gigi 1 & 2 rpm dibawah 2 dalam kondisi ac nyala. kata teman automatic stasioner kena… apa benar spt itu min? klo benar kira2 brp ya harga automatic stasionernya? moohn penjelasannya

  44. gara-gara om om pd berkomentar………… sya jd keracunan nih mau beli timor dohc, kbetulan di kota cirebon ada club timor (CIMOTY) dan udah ada timor inceran , thanks yaa om

  45. Gendut Suwarjo on said:

    Min, timor saya rem nya rembes di roda belakang kayaknya master nya kira kira rp ,..berapa

  46. admin, kalau mau modif body timor yang bagus dan murah di jakarta dimana ya ?

  47. Timoti on said:

    jadi tambah yakin beli timor ni matur nuwun smua bsk rabu timorku datang siap dipakai

  48. Minggu depan klu jdi mo ambil si timmy. Timorer medan masih aktif kah om admin. Thanks infonya

  49. TIMOR KERENNN….AVANZA LEWAT…XENIA APALAGI….ASAL JANGAN LAWAN HONDA JAZZ AJA

  50. Dian Iman Prasetia St on said:

    setuju saya sudah bertahun tahun memakai timor sampe ikut club titaf banyak ke untungan nya ko thanks

  51. mardian on said:

    Gan saya mau cari tutup per atas depan ntk timur , dmn ya kira2 pesannya ?
    Makasih ..

  52. Oka Junaidi on said:

    Min , Kalau Di lampung Sparepart nya Susah tidak ya?

  53. mas-marno crb on said:

    Mau tanya nih Bro, . . Saya punya Timor 2001, Power steeringnya bocor karena As pwr Steering ada goresan. kalau As pwr Steeringnya aja brp harga, ya ? atau bila di croom lagi, kuat gak ya ?
    Tks atas masukanya.

  54. aris on said:

    Mohon masukan nih om Admin, niat mau beli timor, pilih yang SOHC atau DOHC ya ?

  55. sarjo on said:

    Numpang nanya min, kalo mo pesen part timmy online caranya gmn? Thq

  56. kalau mau beli timor bagus yg sohc apa dohc, terus ceck kondisi mobilnya gimana min biar ga tertipu mobilnya sakit….timingbelt biasanya ganti berapa lama ?
    makasih min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>