SUSPENSI & KAKI-KAKI

Suspensi adalah salah satu perangkat vital pada sebuah kendaraan. Meski bentuk dan sistemnya beragam, suspensi memiliki tujuan utama, yaitu memberikan kenyamanan bagi si pengendara. Karena itu perusahaan mobil akan melakukan berbagai tes dan penelitian agar suspensi mobil hasil produksinya dapat memberikan kenyamanan maksimal.

Sayangnya, setiap orang memiliki penilaian yang berbeda-beda. ‘Nyaman’ bagi perusahaan mobil belum tentu nyaman bagi si konsumen (yang juga menjadi pengendara mobil tersebut). Akhirnya, bila si pengendara ingin tetap merasakan kenyamanan, mau tidak mau ia harus menyetel ulang atau mungkin memodifikasi kembali suspensi mobil tersebut.

Perawatan suspensi pun bisa dimulai dari shockbreaker. Alat yang berfungsi sebagai peredam goncangan ini terbuat dari bahan logam baja. Penggunaan logam baja sebagai bahan dasar memiliki tujuan agar shockbreaker memiliki daya tahan yang cukup lama. Meski begitu, umur shockbreaker pun tetap terbatas, dan suatu saat dapat mengalami keausan. Terutama pada bagian seal yang terbuat dari bahan karet.

Perlu diketahui, shockbreaker bekerja pada masing-masing ban. Ia membantu pegas (yang menjadi penopang utama beban mobil) dalam meredam getaran. Semakin sering shockbreaker terkena guncangan dengan beban berlebihan, daya tahannya pun akan semakin berkurang. Akibatnya, shockbreaker mobil menjadi lemah yang mengakibatkan body kendaraan terasa melayang saat melaju.

Membeli satu set shockbreaker baru mungkin menjadi sebuah solusi untuk mengurangi ketidaknyaman akibat lemahnya shockbreaker dalam meredam guncangan. Akan tetapi, bila anda ingin berhemat, cobalah merawat shockbreaker sedini mungkin. Caranya cukup sederhana:

  • Usahakan menghindari jalan-jalan berlubang. Kalaupun memang harus melewati jalur tersebut, laluilah dengan laju kendaraan yang lambat. Jangan menerjang lubang sehingga suspensi bekerja keras meredam guncangan.
  • Jangan bebani kendaraan dengan muatan yang melebihi saran pabrikan mobil. Karena, dengan beban berlebihan, artinya suspensi harus kerja keras. Pengaruh berikutnya, komponen-komponen akan cepat loyo dan sulit bekerja maksimal.
  • Usahakan sering membersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel. Sebab, bila ada kotoran yang menempel dan menyelinap ke sisi-sisi yang bergerak, akan mempercepat keausan seal maupun piston pada shockreaker. Karena itu, pada beberapa tipe shockbreaker biasanya terdapat karet penutup yang berfungsi mencegah kotoran masuk. Periksa karet tersebut dari kemungkinan sobek.

Tips

  1. Periksa kondisi shock dengan menekan body mobil, jika body mengayun berlebihan, artinya shock sudah aus.
  2. Bunyi geludukan biasanya berasal dari Balljoint, Arm Bushing, Stabilizer Link, Stabilizer Bushing dan Caliper Pin yang aus.
  3. Untuk Suspensi McPherson Strut di depan, periksa kondisi Insulator atau bearing tempat berputar shock saat belok.
  4. Untuk Suspensi Multi Link, periksa bushing Rear Knuckle dan Front Lateral Arm, karena bagian ini menerima beban terbesar.
  5. Saat ganti shock, ganti pula karet stopper shock, spring pad (karet mangkuk per), shock bushing, gunakan parts original.
  6. Periksa kondisi Boot atau Cover Shock, jika boot robek menyebabkan batang shock tergores pasir dari Lumpur.
  7. Jika bushing arm aus, dan ingin rebuild, rebuild-lah dengan karet Polyurethane (PU) yang lebih tahan lama.
  8. Periksa kondisi ball joint dengan melepasnya terlebih dahulu dengan ball joint extractor.
  9. Jangan memotong per jika ingin memendekkan mobil, gunakan lowering kit khusus.

22 comments on “SUSPENSI & KAKI-KAKI

  1. belom om…tapi ada mekanik timor bilangnya tunggu bunyi nya keras dulu baru bisa ketahuan mana yg rusak..anyway tks om

  2. Iya sering kena jalan ga mulus sih. Thx atas penjelasannya

  3. cholidarief on said:

    om admin yg baek,,, mau tanya sedikit:
    1. kelebihan pake bushing PU dibanding yg OEM? ada yg bilang klo pake bushing PU bantingan nya jd keras apa betul?
    2. klo timor sya mau ganti bushing PU, kira2 di bagian mana sja ya om?
    3. rencana jg sya mau ganti per (yg skg kaya ny sdh lemah…), klo pake lowering kit, kira2 yg merk nya apa ya,, tein/ jamex/ apa? dan kira2 turun berapa cm?
    4. suspensi timor adakah yg merk koni atau bilstein?
    sekian om,,, maaf pertanyaanny malah banyak…. trims

    • 1. yup, pake oem memang lebih empuk tapi daya tahan sih hampir sama kok
      2. bagian yang pas saja digantinya.
      3. jamex aja om, biar ala racing sekalian
      4. ada blistein kok, ada temen yang pakai awet sampai 5 tahun.

  4. Om admin…. numpang nanya…. klo sya lewati lubang mobil sya bunyi gubrak…dpqn belakqng sampai terasa ke stir nya… apa yang harus saya lakukan om

  5. slamet pati on said:

    Bengkel kaki2 di cikarang yang rekomended kemana kang ? Kalau sporing kijang grand di area cikarang kemana kang yang bagus?

  6. Mau tanya bro, mbl ane toyota raum 2005 cbu, ane mo tanya shock depan kanan ane lemah, karna ane tinggal di kenya, ane lagi order shock absorber depan di toyota karna harus import dari jepang, dan ane dah kasih uangnya ke toyota, tapi ane gak sabar pengen gantinshock belakang juga karna kayanya sebelah kiri belakang lemah, yg ane mo tanyakan, apakah bisa kalonane ganti duluan shock belakang, karna menunggu orderan shock depan dari jepang lama, karna shock belakang merk kyb ada di after market bukan dari toyotanya bengkel resminya , thanks

    • mau ganti shocknya dulu tapi yang belakang?, ga masalah om, asal gantinya sepasang jangan cuma sebelah kiri atau kanan saja karena nanti daya balance nya bisa beda dan tidak sama. kayaba memang adanya after market, apalagi om mobilnya CBU…

  7. Di sini bengkel resminya harga labour 3 x lipat dari jkt seperti auto2000 atau tunasnya, but thanks for advisenya bro

  8. Om mobil ane tyt crown royal saloon tahun 1991, ini mobil kok miring ke kanan ya (ke arah korsi sopir), padahal jalan dah rata bener, dicoba di beberapa tempat tetep miring ke kanan. Terus kenapa ya jarak ban dari bodi beda, kalo kiri lurus bodi tapi kalau ban kanan kayak agak kedalem gitu.
    Makasih..

  9. iman sujinta on said:

    boss….saya mau tanya tentang power window lemah kenapa ya…dan kalau pintu pengen suarananya pengen empuk disaat tutup pintu gmn ya caranya…Thnk bos

  10. chivloex on said:

    Om… Linggos motor dan Espede motor itu alamat dimana ya
    Memang nya tdk ada bengkel kaki kaki yg rekomended di cikarang ya
    yg jujur dan murmer

    • linggos dipekayon, espede di depan trisakti bekasi, bukan ga ada tapi saya gak tahu om klo diluar wilayah bekasi.

      • chivloex on said:

        Terima Kasih atas quick respon nya
        nambahin nanya boleh yah,,:):)
        espede & linggos itu rekomen karena apa nya Pak,, karena murah & bagus nya, jujur nya, hasil pengerjaan nya yg bagus,,,?
        Kalo bagus tapi mahal kan hampir sama2 aja kalau gak masalah byr mahal ya kemungkinan dpt yg bagus aja,,nah masalah nya sy dari kelompok yg bermasalah kalo ngeluarin duit banyak2,,karena pas2 an gak bisa dikeluarin lagi hehehee

  11. indra on said:

    Om aq mau tanya,, mobil aq timor aq abeli mobil seken, teruss yg aq mau tanyakan, per keongnya sudah potongan mobil sangat ceper,, gimana solusinya mobil, biar ceper tp ga goyang/dijalan ga rata,, ga ayun2nan,,,??? Thanks di tunggu jawabannya om,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>