Strut Bar

Melihat-lihat daleman kap mesin sahabat Timor-er yang sedang kumpul, saya menemukan sesuatu yang aneh dan terpasang diantara tengah-tengah belakang mesin. bentuknya memanjang ditopang oleh baut shock kanan dan kiri, seperti yang pernah saya lihat di film-film balapan hollywood macam fast and furios. berbahan dasar besi panjang dengan kunci penjepit berbentuk bulat untuk mengikat besi tersebut diantara shock depan.

Asesoris tambahan tersebut bernama Strut Bar, mungkin buat yang jarang melihat pertandingan balap mobil semacam mobil rally atau drag, akan merasa asing dengan benda seperti ini. sebenarnya benda ini terpasang pada mobil karena mempunyai manfaatnya tetapi manfaatnya itu sendiri tergantung dari driver dan mobilnya.

strut bar yg berwarna kuning

kegunaan dari strut bar itu sendiri dijelaskan oleh pengguna strut bar itu sendiri sebagai alat penyeimbangan shock sehingga saat berbelok-belok ekstrim tidak akan limbung atau terbuang jauh sehingga bikin shock lebih stabil dan ban mobil tidak mengalami habis tidak rata akibat penggunaan secara tidak biasa. jika tanpa menggunakan strut bar, ketika kita belok seperti pindah jalur secara cepat untuk menyalip kendaraan, akan terasa limbung bahkan mobil terasa seperti mau terbalik dan tak jarang akan tergelincir hingga akhirnya laju kendaraan tidak seimbang. menurutnya lagi, alasan kenapa laju mobil bisa limbung disebabkan oleh pergerakan shock depan ke kanan atau kekiri mengikuti arus laju ban depan, hal ini yang membuat shock terasa kabur dari dudukannya. makanya dipasang strut bar biar shock tetap pada posisinya sekaligus mengurangi rasa getaran dari shock ke bagian mobil.

pemasangan strut bar setahu saya ada dua, pada bagian shock depan dan shock belakang namun kebanyakan hanya menggunakan pada bagian shock depan saja, sedangkan shock belakang jarang ada yang memasangnya dengan alasan menuh-menuhin bagasi. dari kebanyakan pengguna strut bar, mereka sepakat kalau alat ini ada pengaruh besar saat mencoba salip menyalip zig zag di jalan tol. oh iya, bahan dasar strut bar hanyalah besi panjang, untuk ukuran jenis ataupun berat tergantung juga sih, soalnya ada teman yang membuat asesoris ini sendiri dari bahan limbah pabriknya.

pemasangan strut bar belakang

pemasangannya sebenarnya tidak sulit, cukup di satukan kedua ujung strut bar dengan baut-baut yang ada di shock depan, pastikan baut tersebut di kunci dengan erat dan kuat agar tidak terlepas saat ditengah jalan. untuk pemasangan yang profesional biasanya memiliki ukuran strutbar tersendiri dan cara pemasangannya ada hitungan namun perhitungan seperti itu biasanya untuk mobil-mobil yang memang diterjunkan untuk balapan.

pemasangan strut bar

untuk penggunaan mobil secara normal tidak biasa ngebut atau selap selip zig-zag, saya rasa tidak perlu menggunakan alat ini. saya sendiri tidak memasang strut bar pada mobil timor saya walaupun ada rasa keinginan untuk memasangnya tetapi keadaan jalan yang setiap hari padat merayap membuat saya jarang melakukan atraksi selap selip seperti saya berada di jalan tol JORR. selain itu harga sebuah strut bar bisa dibilang lumayan mahal, mulai dari harga 400ribu hingga sejutaan tergantung kualitas dan ukurannya masing-masing. kalau mau gratis ya tinggal cari sendiri limbahnya. :-)

10 comments on “Strut Bar

  1. om mau tanya emang kalau bikin sendiri perhitungannya kayak gimana?? jadi pengen pasang nih,, keren keliatannya.. hehe

    • perhitungan berat besi yg ditengah memanjangnya aja sih om, gak boleh terlalu berat tapi gak boleh juga terlalu ringan, takutnya bengkok. bagusnya yg bolong-bolong biar pas kena panas gak melengkung akibat pemuaian.

  2. di kaskus om biasanya ada, kalau toko-nya paling variasi mobil banyak tapi harganya gak menentu

  3. gan mau tanya nih klo kita mau pasang strutbar tapi gak pake lowerarm depan and belakang pada mobil timor pengaruhnya apa ya, makasih sblnya.

  4. Pingback: StrutBar SOHC dan DOHC Timor | My S515i

  5. klo pasang strutbar nanti bisa ganggu kita ngoprek gak ya….?

  6. om mau tanya nih, kira2 harga bumper depan timmy itu brp???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>