Selang Tanki bensin bocor

Sudah hampir 2 minggu saya penasaran dengan bau bensin yang kerap tercium ketika mobil berjalan akan tetapi bau tersebut bukan berasal dari selang bensin yang berada dibalik kap mesin karena sudah beberapa kali saya cek selang-selang tersebut kondisinya kering kerontang. saya sendiri sampai bingung harus periksa pada bagian mana lagi namun seorang teman menyarankan untuk memeriksa bagian tanki bensinnya, tepatnya di bagian pompa bensinnya karena disitu terletak selang yang akan menuju pipa kecil dan dari pipa itu menjalar ke bagian injector.

saya pun memeriksanya, tetapi terkendala dengan susahnya membuka jok belakang, saya hanya berhasil membuka kunci sebelah jok belakang dan kunci satunya lagi sudah dol serta keras, saya sudah sekuat tenaga hingga berkeringat jagung tapi tetep tidak mau terbuka juga joknya. akhirnya besok paginya saya berangkat ke bengkel minta tulung bantuan mekanik, mungkin bisa bantu tenaga membuka jok belakang si sillux.

dengan mudahnya mereka membuka jok tanpa mengeluarkan keringat jagung, saya hanya bisa nganga terheran-heran “it’s magic”. setelah berhasil membuka jok belakang, mereka membuka empat baut yang menancap pada plat penutup tanki bensin. setelah tutup tanki tersebut dibuka, terlihat bensin sedang asik membanjiri bagian tersebut, pantes baunya sangat amat menyengat ya. Selang tersebut pada bagian ujungnya getas dan hampir lepas dari lubang Fuel pump nya sehingga bensin akan ikut ngucur hingga akhirnya membanjiri ruang kecil di bagian tersebut.

solusinya cuma ganti selang yang lebih bagusan dan klem yang jepitannya mantab biar aliran bensin tidak rembes lagi. semuanya cuma habis 25ribu saja sudah termasuk jasa, mantabs. sekarang kabin sillux udah gak bau bensin lagi, jadi ingat trouble si hitam korwil depok yang bangku belakang sudah basah dengan bensin akibat selangnya copot dan mobilnya mogok kehilangan bahan bakar. mungkin buat temen-temen harus sekali-sekali untuk cek keadaan fuel pump dan selangnya karena umur selang memiliki masa uzurnya apalagi bahan karet akan mengendur elastisitasnya terkena cairan minyak bumi.

 

18 comments on “Selang Tanki bensin bocor

  1. Qahar on said:

    Om Admin…beberapa hari yang lalu, saya coba ganti sendiri pelampung bensin timmy, karena sudah ga sanggp lagi nyampe huruf F kl diisi penuh tangkinya..singkat cerita, pelampung baru sudah terpasang, namun pada saat saya ingin mencoba kinerja pelampung dengan cara isi penuh tangki, ternyata lampu indikator bensin menyala terus(sedangkan pada saat bensin tiris, dari rumah menuju pom, lampu indikator tidak menyala)..mohon saranya, kira2 apa yang perlu di check lg ya Om…?…tq

  2. yudi on said:

    om timi saya kalo jalan ac di hidupin trus berhenti bau bensin tercium waktu pintu /kaca pintu belakang kiri dibuka..kmaren leher angsa udah dilas ada lobng dikit, tapi masih tercium bensin klo pake ac, tp klo jalan ga pake ac bau bensin tdk ada…kira2 dimana ya bocornya?? tq

    • admin on said:

      berarti kebocoran ada dibagian depan, dimana angin evap menyedot dan menyembur kedalam, cek selang bensin, filter bensin, pipa2 injector dan selang balik yang dekat dengan trotel body om. berarti kebocorannya tergolong rembes ringan, pas pake ac otomatis aliran bensin makin deras dan bikin rembesan makin kencang.

      • admin on said:

        biasanya disetting karbunya om cuma tarikannya gak enak, saya sih belum bisa ngasih tips seputar karbu karena belum pengalaman om heheehe

  3. adhent on said:

    om klo bau bensinnya di bawah roda belakang kanan apanya ya om?

    • admin on said:

      roda kanan diliat dari belakang mobil ya?, brarti tangkinya bocor om… kalau roda kiri, biasanya leher angsanya udah korosi.

      • adhent on said:

        tapi om klo bocor netes donk ya, ini cm pas abis dipake aja nyengat banget baunya, klo lg dingin mah gak bau om..
        tp bsk ane cb cek deh sblm mudik..

  4. andrie on said:

    Om, punya ku kalau baru selesai ngisi bensin fuel, biasanya muncul bau… tapi habis itu ilang, itu bocornya di mana Om…tks

    • admin on said:

      di karet tutupnya bisa, di leher angsanya udah korosi juga bisa, dan bisa juga karena di tanki seal karetnya udah bocor, jadi pas fulltank bau bensin sedangkan ketika sekarat tidak bau bau.

  5. agus on said:

    om timmy ane tangki bagian bawah dah bocor (kropos) dan udah 3 kali “diservis” sama bengkel, trus akhirnya disarankan ganti tangki.. emang ada yg jual ya om? mohon infonya daerah surabaya om.. makasih banyak.. :)

  6. numpang tanya gan, timor one juga kalo habis dipakai jalan trus mesin dimatiin tercium bau bensin di sekitar belakang sebelang jiri mobil. kira2 apanya ya gan?

    • kalau dari luar bisa karena tutup bensin kurang rapat, leher angsa bocor karena karat, kalau dari dalam kabin sudah dipastikan selang atau tutup tanki dibawah jok nya bocor.

  7. om kenapa timmy saya kalo di buat jalan lambat kok tersendat2 tapi kalo kenceng lancar.. kira2 itu apanya y om

  8. Om,timmy ane kalau di isi bensin full ada rembesan dekat roda belakang kiri,ada bau bensin di kabin,apa penyebab dan solusinya om,tq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>