Pengalaman Power Steering bocor

Apa yang kita harus lakukan jika mendapatkan kejadian gak mengenakan seperti oli power steering tumpah semua dari tabungnya akibat selang high pressurenya jebol, kejadian ini pernah saya alami sekitar 2 Tahun yang lalu. ketika sedang masuk ke pom bensin didaerah kartini bekasi, saya terpaksa membelokkan stir secara mentok karena parkirannya sempit. saya kemari juga karena mau nolongin temen satu club motor yang sedang mengalami trouble pada gear ratio nya.

ketika berbelok mentok ke parkiran, terdengar suara letupan atau ledakan kecil seperti kaki menginjak gelas air mineral. Saya hanya mengira jika ban mobil saya menginjak sampah plastik yang didalamnya ada angin sehingga muncul letupan kecil. Pas disuruh mindahin mobil untuk merapihkan parkiran, saya bingung kok setir jadi berat banget dan mata saya tertuju pada ban yang saya kira bocor. ternyata di depan mobil saya sudah penuh cairan merah ke unguan yang tak lain merupakan oli power steering. saya langsung buka kap mesin untuk mengecek oli PS nya, ternyata kosong dan isinya sudah turun ke lantai parkiran pom bensin.

rasanya percuma kalau saya isi lagi oli nya dengan yang baru karena yang terjadi adalah selang bagian bawahnya pecah dan saya baru tahu kalau selangnya pada bagian tengah terbuat dari karet sedangkan yang sambungan kiri dan kanan merupakan selang aluminium. Sempet panik setelah saya membereskan masalah motor temen saya, bingung pulangnya bagaimana sedangkan pom bensinnya bukan yang 24jam beroperasi. dibantu temen dan saran dari suhu master om uchen pemilik saung autoworks, saya memutuskan untuk mencabut belt PS nya. kenapa harus saya cabut?

ketika mesin mobil dinyalakan, pompa power steering otomatis bergerak dan pergerakannya di bantu oleh belt yang dibantu oleh pulley dari mesin. pompa ini akan terus bekerja walaupun steer dalam keadaan diam tidak belok maupun mobil tidak bergerak. bahayanya kalau di pompa tidak ada olinya sama sekali, bisa membuat pompa PS jebol dan rack steernya baret-baret. kalau sudah begitu mau tak mau harus ganti copotan PS satu set dan harganya juga lumayan lho.

cara mencopot beltnya cukup memakan waktu dan tenaga, karena kita harus ngolong untuk mengendurkan pulleynya. setelah pulleynya dirasa kendur, belt pun masih susah dilepas dan perlu bantuan obeng diselipkan ke belt sambil memutar-mutar pulleynya sehingga belt bisa terlepas. disarankan saat membuka atau mengendurkan baut pulleynya, harus berhati-hati karena teflon PS tidak boleh baret dan kalau baret katanya bisa membuat berisik serta kinerja PS tidak normal (berat atau dengung), katanya kang service PS lho ya :-) . setelah belt lepas, mobil siap digunakan, walapun mesin menyala, pompa PS akan diam tidak bekerja sama sekali sehingga aman dipakai.

awalnya tidak enak banget bawa mobil tanpa pake PS, berat steernya minta ampun saat berjalan pelan. namun jika berjalan ngebut, tidak akan berasa berat sama sekali malah saya bilang lebih enteng. akibat kejadian ini, mobil tidak bisa masuk garasi rumah karena saya tidak kuat buat belok-belokin steernya. setelah mempunya hari libur, barulah saya ke tempat service power steering dan kena biaya perbaikan 450ribu.

Alasan kenapa selang power steering bisa jebol adalah :
- usia selang yang relatif sudah tidak muda lagi.
- penggunaan selang PS yg tidak bagus.
- steer sering dibelokin sampai mentok (ini alasan saya)
- penggunaan minyak/oli yang salah ukuran (pake oli yg lebih kental)
- ada penyumbatan pada selang.

alasan paling sering memang karena pengguna kendaraan membelokkan steer sampai mentok dan berdengung secara lama, sehingga selang mengalami tekanan berlebih dan akhirnya meledakkan diri. banyak temen-temen yang selang PS nya jebol ketika mereka berbelok tajam, akhirnya ganti selang yang harganya mulai dari 175ribu – 350ribu tergantung jenis selangnya, kebetulan saya pakai selang asli dari kia nya sendiri 300ribu dan sampai saat ini masih awet.

demikian pengalaman pahit saya…

 

intinya, cabut saja belt PS nya jika selang pecah atau oli sering berkurang banyak. hal ini lebih aman dibandingkan memaksakan PS bergerak dengan oli yang kurang.

 

Numpang tambah komen ya Om Mosky…

Ane jg pernah berurusan sama Power Steering (PS),,waktu lebaran 2010
kebelakang,,ane sekeluarga mudik ke Yogja, ditengah jalan dan jam 3 pagi, setir berat karena oli PS kosong..
Ane akalin pake minyak goreng curah,,alhamdulilah aman ampe Jogja..
Di Jogja ane beli Prestone Power Steering Fluid botol item yang ada tulisan “STOP LEAK”.
Ane sedot dikit2 minyak gorengnya,,(Suer disedot pake sedotan limun!!!)
ane isiin tuh Prestone,,Alhamdulilah ampe sekarang gak ada masalah..

Pengalaman ane yg lain di Tol Pondok gede – Cawang pasca udak-udakan sama panter touring..
pas masuk tol halim,,tiba2 muncul asep putih dan bau karet dari balik kap mesin dan mesin mati,,ane tepiin mobil,,pas ane cek ternyata Karet damper magnet kompressor AC jebol dan rapet ampe beltnya gak bisa muter.
(ane lupa pas ngebut gak matiin kompressor ac)..
Daripada kelamaan mogok dibahu jalan terus diculik ama derek liar,,akhirnya ane gunting aja belt pulley AC-PSnya..
Alhamdulilah sesuatu…
mobil bisa jalan lagi walaupun berubah jadi “STEERING By POWER”.. – Om Ginanjar

 

curhat dikit tentang PS..
saya pernah ngalamin selng H,preasur jebol di daerah tambun…sya pengen ganti yang asli,cari di bengkel2 skitar tambun,,alhamdulilah sampe sebedug ga dapet2,,,ada nya yg biasa hrg nya 175 ~ 200rb…
ada yg nyaranin di satu toko spart part“lupa lgi nama tokonya“dari pada pake yg biasa mendingan yg asli di refair lagi“ganti selang di prees hose“minta selang yg bagus dia nyaranin ke cikarang…sya paranin kecikarang tempat nya di depan sekolah SMAN 1 cikarang…sya minta selang yg bagus.dia kasih selang yg dalem nya ada lapisan baja nya..dia ngasih garansi kalo selang nya bocor bawa lagi kesini..alhasil alhamdllh ampe skrang si Bti ga ada masalah dengan PS nya.“dan harga untuk ganti selang+pres 150rb. – Om Dee Raaf

 

27 comments on “Pengalaman Power Steering bocor

  1. waduh bengkel PS dibandung kurang paham om, tapi saran sih jangan sampai habis, lumayan harga pompa nissan kalau sampai jebol om

  2. Om mau tnya klu bli lmpu blkng wrc timor dmna yaa,mksh sblmny

  3. setiadi on said:

    Accord 2003 S86 power steering bawah (Rack Pinion) bocor, tiap minggu selalu tambah oli PS, sudah ganti sealnya umurnya cuma 1 mg, saya butuh saran nih ada beberapa option:
    1). Ganti copotan harganya 3,5 jt garansi cuma 1 mg.
    2). Dichrome biayanya kira2 1.5 jt an dan tidak garansi…
    3). ganti baru 10 jt an tidak garansi juga hahaha….
    4). Rutin aja tambah oli PS tiap minggu (1 botol) utk 1 bln @ 70 ribu, 1 thn 850 ribu….

  4. Solusinya apa harus ganti pompa oli om???

  5. Mat jumpa om…sori mau tanya. Sy pake kuda disel dn ada masalah PSnya. Kalo mobilnya sd brjalan lama (mesin panas) PS nya terasa jadi berat. Kalo sd berhenti lama dn jalan lg PSnya normal kmbli. Kira2 masalahnya dimana ya om? Tks.

    • admin on said:

      coba kuras minyak PS nya, kalau masih begitu juga, coba cek kebocoran selang PS klo gak bocor, bisa juga karena selangnya udah gak bagus sehingga saat panas ada penyusutan arus minyak ke pompa.

  6. orewriter on said:

    Om.. kasih contact bengkel cikarang dong.. di cibubur ga ada yang bs ngepres.. adapun mahal..

  7. ikhsan on said:

    om mau tanya, mobil sy honda stream 1.7 AT tahun 2005. abis kuras oli power steering sekitar 2 bulan lalu, sekarang oli di tabung oli pwr steering turun sekitar 2cm dari batas normal. banyak rembesan oli di bawah karpet dashboard. kira2 bocornya dimana ya?
    makasih sebelumnya

    • admin on said:

      bocor di deket stir om, kalau gak salah kan stream model motor sehingga oli pompa naik ke atas lalu turun biar makin enteng si setirnya.

  8. EVI NOVIANTI on said:

    om,, minta sranya dong,,motor sy avanza powerstringy bocor oliy netes,,,,da gitu bngkel jau kira kalau sy isi minyak power string tp tetap netes keluar bahaya gak ya,,,, bawahy soaly mesti ke kota baru ada bengkel servis,,,, kasi saran dong om… makasih

    • admin on said:

      selama netesnya masih alus sih aman2 aja om, dan selama itu juga jangan dibiarkan olinya habis atau kurang, tetap di isi diantara full.

  9. Bahaya ga klo oli ps berkurang.soalnya mau ke lampung.. jd blm sempat bw kebengkel.. klo ditambh aja boleh ga..

  10. om Admin, mobil timor saya oli PS akhir-akhir ini sering saya isi ulang karna dalam seminggu pasti habis sendiri olinya dan setelah saya cek di bagian bawah mesin ada rembesan oli banyak di bagian as power setering. kira-kira bagian apanya ya yang bocor?

  11. junaedi on said:

    Siang om tolong penjelasan nya mobil saya nissan terano,dari tabung pompa steering selalu muntah oli nya jika posisi engine hidup,terima kasih

  12. Syarif on said:

    Om mobil saya timor 96 baru perbaikan kaki kaki eh tiba tiba stir ngga mau balik sendiri klo diputar kira kira apanya om yg kalah

  13. PAFAY on said:

    Om Admin, ane punya Sephia SO ’99, Oli PS nambah tiuuus ada rembes diselang PS pula, kl dah abis tuh oli suara steer jd ngak-ngok ngak-ngok bisa info utk bengkel spesialis PS di sekitar sawangan-depok yg direkomendasi TIMOR-ER ndak? Hatur nuhun

    • Tri_M on said:

      Om, ane kemarin pernah ngalamin hal yang sama. ternyata dari hose power steering yang tekanan tinggi dari pompa PS menuju kebawah. Akhirnya diganti semua hose+tube nya.

      Ane masih ada barangnya yg kemarin dapet dari Om Taufiq. Hose power steering tekanan tinggi yang atas Ori-KIA. kalau perlu ane bisa kirim om.

  14. tiar on said:

    om,oli ps ane sering berkurang trs ane cek ada cipratan oli ps.kira2 d daerah mana y yg perlu d cek&di ganti?thanks

  15. Om, PS vios 2004 saya olinya bocor. Tapi nggak tau bocornya dari bagian mananya.
    Sudah sy konsultasikan ke bengkel umum (bukan spesialis PS), katanya bisa karena seal atas & bawah PS, dan juga karena rack end. Bener ndak tuh om? Maksudnya kok sampe rack end segala gitu….
    Klo pengalaman om nih, kisaran biayanya berapa ya? Buat ongkos & partnya.
    Makasih om

    • admin on said:

      rack end atau racksteer kalau bocor gejalanya stir gak lurus om, terus erasa getar disetir. peratikan aja om oli banyak netes dimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>