Penampakan HLA

HLA

Banyak yang penasaraan bentuk HLA (Hydraulic lash adjusters) itu seperti apa sehingga dapat membuat mesin terdengar suara mie tek-tek ketika sedang dipanaskan. Setelah ubek-ubek foto arsip ditemukanlah foto bentuk sebenarnya HLA, makhluk kecil yang dapat merubah suara timor seperti suara panther.  bunyi-bunyi tersebut akibat dari tersumbatnya lubang HLA sehingga ada bagian yang tidak terkena lapisan pelumas oli dan akhirnya membuat bunyi-bunyian yang tidak enak didengar.

Lubangnya kecil banget om

Lubang HLA sangatlah kecil, maka dari itu standar oli yang diperlukan bagi mobil timor adalah oli encer yaitu ukuran SAE 10-40 bahkan lebih bagus lagi 5-30 namun harganya akan mahal dan sepertinya banyak pengguna Timor yang sayang duit buat membeli oli encer seharga diatas 200ribuan seliter. ukuran 10-40 sudah pas buat timor kita kok tidak perlu beli yang lebih encer lagi karena ada faktor oli menguap jika terlalu ke-enceran.

Cara menghilangkan bunyi mie tek-tek ketika mesin dipanaskan adalah dengan mengganti oli yang biasanya menggunakan diatas 10-40 untuk segera menggantinya dengan yang encer seperti 10-40, soal merk bebas sesuai selera dan kantung saku. Memang akan masih terdengar bunyi setelah pergantian oli, dicoba dulu selama sebulan atau sampai masa penggantian oli tiba. jika masih terdengar bunyi keras, terpaksa harus bongkar HLA.

untuk membongkar HLA sendiri, saya sendiri belum pernah melakukannya hanya mendengar dan melihat sekilas saja dari teman-teman yang sedang asyik membongkar. setelah serangkaian HLA di bongkar, lobang-lobang tersebut di semprot dengan kompresor angin sampai angin bisa benar-benar keluar secara lancar. apabila memang sudah terlihat fisiknya sudah tidak bulet, lebih baik diganti dan harganya per-buah 80ribu, bagusnya ganti baru semua berarti dikalikan 16 hehehehe… mahal yak…

apa sih efeknya bunyi tek-tek itu?, jika tidak berkepanjangan sih tidak masalah tapi akan timbul masalah jika dari memanaskan mobil sampai mobil dibawa masih terdengar keras, lebih baik diganti atau diservis karena akibatnya akan membuat seher baret atau part bagian dalam mesin rusak akibat sirkulasi oli tidak sempurna. jasa pembersihan HLA, biasanya dipatok dengan harga 150-200ribuan.

Share teman-teman
hanya sharing aj om, ada pengalaman unik sm timmi ane soal HLA, timmi ane pernah saya coba ga saya panasin 1 minggu full alias ngedonkrok, trus pas mau ane panasin mesinnya ane kaget banget ada bunyi tek tek tek keraa banget kaya besi adu sm besi, ane sempet bingung krn agak lama ga ilang 5 menit, tp akhirnya hilang sendiri, lega dah. dan saya baru ingat ini pasti HLA nya, karena biasaya saya panasin min 2 hari sekali jd ga sampe ky gitu bunyinya, mungkin lo terlalu lama ga dipanasin olinya kering ya yg nempel di HLA – Om Gus

23 comments on “Penampakan HLA

  1. elyas TAUPIQ on said:

    oh iya om,,kata tehnisinya hanya yg intek yg brisik/seperti olinya gak masuk..

  2. olinya gak cocok om, ganti olinya mungkin coba fastron yg 10-40

    • tapi kata mekaniknya,,kmungkinan bukan oli sebab hanya pada “intec’ hla tidak terlumasi dengan baik..
      tolong petunjuknya om,,
      - kalau pun emang oli,,apa saja yg harus saya lakukan,,apakah harus menguras mesin atau bagaimana??

  3. Om, kalau ongkos ganti HLA berapaan ya Om?

  4. bang mau tanya,timor saya ketika dingin normal,tp ketika udah panas atau jalan sekitar 30 menit muncul bunyi tek tek ketika masih jalan,bunyi
    tek tek disertai suara tarikan beb..beb..beb..(mbrebet mirip pincang busi mati 1), tp anehnya tenaga gak berkurang,cuma suaranya aja yg pincang,tarikan enggak.kalo udah dingin distarter msh bunyi,tp buat jalan beberapa ratus meter hilang,tp nanti bunyi lg setelah 20 menitan. kira2 apanya ya bang? mohon bantuannya..makasih

  5. om mau nanya, apa sulingan atas (in) sama bawah (ex) itu sama yah lobangnya? atau ada beda seharusnya antara in dan ex? soalnya yg bawah oli nya muncrat dikit doank dan suara tek tek gak mau ilang selama mesin hidup padahal udah ganti HLA 8 biji. tolong pencerahaan ommm

  6. sudah saya ikutin saran om seperti komen diatas ganti oli 10-40 sama ganti oli filter, masih bunyi om mskpun lebih halus bunyi nya (selama mesin idup) trus gmn yah om? apa dibiarin aja dulu?

    • dibiarkan saja dulu om, sekitar 2 mingguan

      • udah hampir 2 minggu ini om bunyi nya masih sama cmn ketika mesin dingin suaranya kecil hampir gak kedengeran waktu agak panas baru bunyi kenceng toloong om bantuaanyaaa … oli sudah 10-40 cmn mereknya beda dengan rekomen anda (fastron) saya beli toyota tapi sama 10-40 dan ada juga yg nyaranin pake shell helix hx 7 yg bener yang manaa omm hiks ..

        • cocok2an aja sih, tapi rata2 yg pake fastron itu aman om. pake shell helix juga aman cuma sayangnya oli ini banyak nguap, sehingga bisa berkurang didalam mesin

  7. Selamat siang Ommm Admin,,,,

    Timi SOHC saya kalo pertama hidup Ada suara tek,,,tek,,,tek,,,,
    Saya baca2 di hal Sebelumnya,Saya simpulkan masalah di HLA.
    Mohon referensi bengkel untuk menangani HLA Timi Saya.
    kalo bisa wilayah BEKASI atau CIBUBUR.
    terima kasih

    Salam

  8. M. Thoyyib on said:

    Suara tek tek itu kalau dibiarkan saja bagaimana, apa
    kah berbahaya atau tidak, kan hanya sebentar saja kira2 5 menit pertama saja, karena oli belum naik, terima kasih..

    • admin on said:

      berbahayanya sih dalam jangka waktu 10tahunan om, selama tek2nya hilang setelah mobil panas. gak masalah juga sih. yg penting saat manasin jangan digeber2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>