Penampakan HLA

HLA

Banyak yang penasaraan bentuk HLA (Hydraulic lash adjusters) itu seperti apa sehingga dapat membuat mesin terdengar suara mie tek-tek ketika sedang dipanaskan. Setelah ubek-ubek foto arsip ditemukanlah foto bentuk sebenarnya HLA, makhluk kecil yang dapat merubah suara timor seperti suara panther.  bunyi-bunyi tersebut akibat dari tersumbatnya lubang HLA sehingga ada bagian yang tidak terkena lapisan pelumas oli dan akhirnya membuat bunyi-bunyian yang tidak enak didengar.

Lubangnya kecil banget om

Lubang HLA sangatlah kecil, maka dari itu standar oli yang diperlukan bagi mobil timor adalah oli encer yaitu ukuran SAE 10-40 bahkan lebih bagus lagi 5-30 namun harganya akan mahal dan sepertinya banyak pengguna Timor yang sayang duit buat membeli oli encer seharga diatas 200ribuan seliter. ukuran 10-40 sudah pas buat timor kita kok tidak perlu beli yang lebih encer lagi karena ada faktor oli menguap jika terlalu ke-enceran.

Cara menghilangkan bunyi mie tek-tek ketika mesin dipanaskan adalah dengan mengganti oli yang biasanya menggunakan diatas 10-40 untuk segera menggantinya dengan yang encer seperti 10-40, soal merk bebas sesuai selera dan kantung saku. Memang akan masih terdengar bunyi setelah pergantian oli, dicoba dulu selama sebulan atau sampai masa penggantian oli tiba. jika masih terdengar bunyi keras, terpaksa harus bongkar HLA.

untuk membongkar HLA sendiri, saya sendiri belum pernah melakukannya hanya mendengar dan melihat sekilas saja dari teman-teman yang sedang asyik membongkar. setelah serangkaian HLA di bongkar, lobang-lobang tersebut di semprot dengan kompresor angin sampai angin bisa benar-benar keluar secara lancar. apabila memang sudah terlihat fisiknya sudah tidak bulet, lebih baik diganti dan harganya per-buah 80ribu, bagusnya ganti baru semua berarti dikalikan 16 hehehehe… mahal yak…

apa sih efeknya bunyi tek-tek itu?, jika tidak berkepanjangan sih tidak masalah tapi akan timbul masalah jika dari memanaskan mobil sampai mobil dibawa masih terdengar keras, lebih baik diganti atau diservis karena akibatnya akan membuat seher baret atau part bagian dalam mesin rusak akibat sirkulasi oli tidak sempurna. jasa pembersihan HLA, biasanya dipatok dengan harga 150-200ribuan.

Share teman-teman
hanya sharing aj om, ada pengalaman unik sm timmi ane soal HLA, timmi ane pernah saya coba ga saya panasin 1 minggu full alias ngedonkrok, trus pas mau ane panasin mesinnya ane kaget banget ada bunyi tek tek tek keraa banget kaya besi adu sm besi, ane sempet bingung krn agak lama ga ilang 5 menit, tp akhirnya hilang sendiri, lega dah. dan saya baru ingat ini pasti HLA nya, karena biasaya saya panasin min 2 hari sekali jd ga sampe ky gitu bunyinya, mungkin lo terlalu lama ga dipanasin olinya kering ya yg nempel di HLA – Om Gus

36 comments on “Penampakan HLA

  1. djupri on said:

    timmy saya juga klo baru dipanasin kluar tu tukang mi tek tek nya, tp klo udah panas mesin nya ilang…itu hla nya juga om admin…

  2. bhod on said:

    om kl hla ntu bisa dibongkar ga?
    soalnya punya ane udah pada macet om..
    thanks

  3. gigih (timor solo 003) on said:

    coba project HLA pasif… Untuk dragrace… Timor emang kuenceng om mesin standar

  4. om mobil sy DOHC, klo pagi panasin awal bunyi tek…tek…setelah beberapa menit hilang, tapi temperatur normal 80C….bunyi itu muncul lg agak kecil ngelitik….kenapa ya om thx….

  5. Salam pak bro dan agan2,,,,,

    Sebelumnya Timi sy juga seperti itu pak,(sulit di starter),
    Cek satu persatu,dari ganti dinamo,aki baru gak berhasil juga.saya coba ukur resistansi kabel yg ke dinamao sarter sekitar 5,5 Ohm.Langsung terfikir saya ganti dengan kabel las Listrik,,,,,Alhasil Mantap dan tidak pernah merasa kesulitan Starter.

    Semoga bermanfaat

    terima kasih

  6. om…tanya nih om…timy aq udah ganti HLA udah disetel2 sama bengkel/mekanik…tapi suara tek2nya keras bnget gak ilang2…kira2 apanya ya om? apa ada yg benjol noken asnya yaom? thks pencerahannya om….

    • jangan2 metal duduknya udah bermasalah om, pastikan aja itu hla apa ring sehernya yang bermasalah om? noken as bermasalah juga bunyi tek2 tapi lebih keras.

  7. mau tanya om .hla udah ganti , oli baru ganti 10-40 dudukan cam shaaf udah dibushing ,filter oli baru mula mula nggak bunyi tek tek tapi setelah digas mesin sampai 6000 rpm timbul lagi suara tek tek ,apalgi yag harus dicek ,tk

  8. timy saya juga kedengeran mie tek tek nya pas awal start, saya bawa ke bengkel timor bekasi katanya ada 4 HLA yang kena, karena belum ada duit buat benerin, jadi belum diganti.. kira – kira efeknya bakal beruntun ke HLA yang lain ga bos kalo didiemin begitu ?

  9. om admin,,ane punya timor sohc,,klu gk digas suara ny halus,pas digas keluar suara tek tek,mkin tekan gas mkin bunyi,kira2 itu suara metal atau HLA nya?apa harus diganti?itu kan ada suling klep minyak dan api,,kira2 HLA yg harus diganti yang mana?

    • admin on said:

      HLA nya om yg diganti, yg bulet2 itu

      • om, ahamdulillah timor saya langsung sembuh setelah ganti oli 10-40 walaupun masih kadang2 kalo telinga dideketin ke mesin kadang masih terdengar suara tek2 kecil. saya mau ikuti sarannya untuk menunggu minimal 1 bulan. cuman om,, kok ada sedikit suara gaung seperti knalpot motor gede setelah ganti oli.. oli yg dipake c**trol.. itu apanya yah om? trim om, ditunggu jawabannya biar gak penasaran..

  10. sebenarnya om, untuk menentukan cocok atau tidaknya oli pada mesin tolak ukurnya apa? maaf saya awam, hehehe.. trim sebelumnya untuk responnya om

    • admin on said:

      buku manual om, standar di buku manual segitu, biasanya di kap mesin juga ada keterangan oli yang cocok buat timor. hanya SAE nya saja, kalau merk memang cocok2an…

  11. om, timor sohc saya kemarin sebelum ganti oli yang baru sudah coba bleeding HLA karena mang sebelumnya sudah bunyi tek tek pada awal start (mesin masih dingin), tapi setelah bleeding dan ganti oli 10-40 baru sekarang malah kebalikannya, awal start (kondisi dingin) anteng2 aja, tapi setelah jalan kurang lebih 30 menit dan berhenti habis itu start kok malah bunyi tek tek….kira kira apa tetap HLA-nya yg bermasalah ato apanya om??? trim atas responnya.

    • coba saat bunyi tek2 gitu, buka tutup oli di mesin, muncrat oli tidak, kalau tidak muncrat berarti pompa olinya bermasalah dan harus ganti pompa olinya

  12. elyas TAUPIQ on said:

    Ass..
    om timie ane SOHC, sempat bunyi mie TEK-TEK selama si timie hidup ntuh bunyi tetap ada..
    HLA udah ganti,sulingan bagus ,filter oli aman, cek pompa (tutup mesin dibuka saya hidupkan mesin- oli masih muncrat)..
    tetapi bunyi tetap gak mau hilang ,,kira2 apa ya om yg kena,,teknisi ane udah bingung,
    tolong masukannya om

  13. elyas TAUPIQ on said:

    oh iya om,,kata tehnisinya hanya yg intek yg brisik/seperti olinya gak masuk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>