Motor ISC Rusak

beberapa minggu ini timmy saya menggunakan motor ISC yang rusak, rasanya tidak nyaman sekali kalau mobil dibawa jauh dan lama dijalan. RPM tiba-tiba naik turun secara cepat dan tiba-tiba juga normal kembali, belum lagi saat saya membersihkan ISC dan motor ISC tersebut saya kocok, tidak ada suara klotak klotak klotak. masih bisa digunain sih cuma ya itu tadi rasanya gak nyaman saja kalau RPM sudah goyang dombret, mau tidak mau harus matikan AC, image timor bisa makin terlihat jelek kalau bawa penumpang yang memang mencemooh timor dari dulu.

Motor ISC yg baru, tanpa merk.

sebenarnya sih bukan masalah timor jelek, tapi memang karena faktor part yang sudah tua sehingga perlu part baru untuk menunjang kinerja mesin agar lebih baik lagi. akhirnya saya membeli Motor ISC yang baru seharga 200ribu, saya pasang dan tes berjalan jauh selama kurang lebih 4 jam nonstop. hasilnya mobil aman-aman saja rpmnya walaupun berada di jarum 1500 untuk awal-awal penggunaan mobil, setelah panas banget malah normal ke 600rpm.

motor lama dilepas dan diganti yang baru, semoga lebih baik hasilnya dan long lifetime...

kata master-master timor sih lebih baik ganti satu set, ISC dan motor ISC nya, karena takutnya tidak menemukan kecocokan antara ISC dengan motornya apabila membeli terpisah. ya kita lihat saja, itung-itung saya mempunyai cadangan ISC yang lama, kalau urgent bisa buru-buru ganti deh.

32 comments on “Motor ISC Rusak

  1. isc nya kotor om… coba aja dibersihin dulu

  2. mo nanya ni………timor DOHC 2001, baru ganti isc, selang radiator sudah di bypass
    permasalahannya start rpm 2100 beberapa detik kemudian turun 1100 dan sekitar kurang lebih 1 menit turun ke 800. setelah di rpm 800 idle turun naik, aki positif sudah dilepas untuk restart. Tetapi idle masih tetap turun naik.
    Mohon pecerahannya……………

    salam……..dari Timika-Papua

  3. Trimakasih om tnk

  4. maaf numpang nanya om, permasalahan timyku sama persis. tidak mau langsam. mobil sy soch, sdh pindah bengkel 4 kali. tapi masalahnya tidak kunjung normal. kasusnya pada saat star awal saat mesin dingin tidak mau langsam, akan tetapi saat kipas sudah berputar 1-2 kali, langsamnya normal. namun sebelum langsamnya normal, rpm ndut ndutan pd saat rpm naik 1000 dan kadang langsung mati atau pedal gas diinjak. mohon pencerahannya

  5. om mo nanya,sya bru beli timor DOHC 98, klo injek kopling RPM naik 2000, pertanyaan sya klo injek kopling RPM nya naik penyakitnya apa ya om, tolong penyerahannya……

  6. Pak , Mau tanya. apakah bapak admin juga menjual ISC Motornya . Soalnya ditempat saya sulit carinya :( .. Jika iya saya mau membeli ditempat bapak saja :) .

  7. mau tanya om,mobil saya timor SO kenapa di saat ac dinyalakan ,maupun lampu besar atau injak kopling tiba2 RPM nya turun dan bahkan sampai mesin mati.mohon jawabannya om

  8. selang dan VTA nya sudah aku bersihkan pak, mobil timor itu baru saya beli di dalamnya terdapat selenoidnya hanya satu dan karburator kijang ada solusi kah om agar rpm stabil lagi.

  9. mas klo mau beli motornya aja d mana ya saya cari di daerah cibubur ga ada haru satu paket :D

  10. priyo..timy dohc97 on said:

    Om timyku dohc 97,mau tanya posisi top noken as gmn y..soalnya top nya ndak pas tanda I dan e,trus dirubah top I dan puley satunya di e kok kompresinya hilang..mohon bantuannya master

  11. ferdi sugandi on said:

    Nanya om…kalo sensor belalai tidak difungsikan dampaknya apa?soalnya saya mau pungsikan lagi,tp jalur kabelnya gak tau kemana,saya cari2gak ketemu..kalo gak dipasang pengaruhnya apa om?trim’s ..

  12. Alit Astika on said:

    Mobol timor saya th 2001 dohc, klo mesin panas rpmnya naik, ngga mau turun, mohon solusinya

  13. andi on said:

    bang admin, mo nanya neh.. ISC saya baru ..
    kalo pertama starter idle nya RPM 2100 sekitar 2-3 menit lalu setalah itu normal 900
    Bagaimana caranya agar RPM 1500 dan waktu ke RPM nya dipercepat jangan sampai 3 menit..?

    • admin on said:

      normal itu om, berarti cuk nya masih bekerja tapi memang biasanya cuma di 2000 saja, menurut saya masih wajar malah bagus karena sirkulasi oli cepat bekerja..

  14. om admin,. mohon maaf saya mau nanya, timor saya DOHC ’97, kemarin saya habis ke bengkel, ganti pakdeksel dll, semua nya sdh dibersihkan, sebelumnya timor saya mmg kadang rpm nya turun naik, dan pernah mati tiba, pas dihidupkan lagi dinjak gas mobil langsung mati lagi, jadi harus didiamkan sbntr baru normal lagi, trus juga pernah ajrut2an juga,. pas yang kebengkel itu, sdh dibenerin semua, kata orang bengkel isc nya kena, karena rpm masih turun naik walaupun sdh dibersihkan, trus saya ganti isc baru (pesen dgn orang bengkel) dan diganti, ternyata masih juga rpm naik turun, sensor udara yang diselang gajah juga sdh dibersihkan, tetapi masih naik turun juga, akhirnya isc barunya saya kembalikan lagi ke bengkelnya, dan dipasang isc lama lagi, yang terjadi malah normal, pas malam harinya saya pakai, rpmnya naik ke 2200 klo injak kopling (dalam posisi hidup ac) dan gak turun klo kopling gak dilepas, klo tidak hidup ac injak kopling hanya naik 1500.. isc yang baru itu nomor part nya, mohon pencerahan nya om.. terima kasih

    • udah direstart belum om ecunya? gak pernah restart ecu juga bisa pengaruh om. cara restart total cabut aki selama 5 menit nanti dipasang lagi.

  15. Om admin mohonn pencerahanya dong, mbl timi sya injektion 98 wkt itu saya lg narik gas ditol 140 cm tiba2. Gas naik turun, sya dah baca blog admin untuk bersihin isc dan belalai gajah +saringan udara gas sih stabil lg om tp rpn turuny agak lambat + klo injek kopling gas naik jg dan klo pake ac rpm naik tanpa injek kopling atw gas,info mekanik sih iscnya lemah tp sya msh ragu minta saranya om susu.tks salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>