Modifikasi Mesin Timor

Bagi calon pembeli mobil bekas, khususnya buat pembeli yang berminat untuk meminang mobil Timor sering banget di kasih rumor kalau part-part mobil Timor itu langka dan tidak bisa menggunakan mesin lain selain punya Timor. apalagi banyak mekanik-mekanik nakal yang mengdoktrin pemilik mobil timor yang keadaan mobilnya rusak parah untuk mengganti mobilnya dengan segera. dibawah ini ada foto-foto mesin Timor yang sudah tidak standar lagi, adapun ada yang masih tergolong standar namun terdapat part-part yang memang bukan milik Timor. Foto-foto ini mematahkan dugaan atau rumor yang mengatasnamakan kelangkaan dan semua foto-foto di bawah ini benar-benar modifikasi mesin yang sengaja dibuat oleh pemiliknya.

si Hejo om Uchen

Mobil milik om Uchen yang merupakan maskot saung ciawi bogor ini memang sudah tidak mengaplikasikan mesin Timor, beliau mencangkok mesin B6 milik Mazda dan menurutnya mesin mazda 1.600  cc yang memang paling pas buat mengganti mesin standar Timor karena tidak terlalu banyak rubahan dalam pemasangannya. rasa perbedaan dari mesin standar sudah pasti ada, namun bukan berarti mesin standar Timor tidak memiliki kualitas atau performa segarang mazda akan tetapi perubahan mesin ini hanya untuk percobaan kanibalisme mesin mobil dan ternyata sukses. Pemasangan Strutbar depan dan open air filter sudah menjadi kewajiban buat penyuka modifikasi performa, pastinya pemilihan part berkualitas menjadi awal dari pembentukan mobil yang tahan lama.

DOHC or SOHC??

Bingung?, apa yang membuat bingung?, kalau anda berfikir ini mobil Timor jenis DOHC, anda salah tapi kalau berpikir ini mesin SOHC juga salah tapi sebenarnya mobil ini merupakan Timor jenis SOHC namun sudah mengaplikasikan sistem DOHC. lebih tepatnya jenis SOHC bermesin DOHC namun lebih cocoknya memang DOHC Karburator. kenapa?, karena mesin yang sudah digunakan sudah Double Overhead Camshaft bukan Single Overhead lagi sehingga gelar SOHC sudah di tinggalkan oleh pemilik mobil Timor yang berdomisili di Medan yaitu Om Datuk. Timor juga memiliki tipe SOHC injection, jadi jangan pernah beranggapan kalau mesin DOHC pasti bersistem injeksi dan begitu juga sebaliknya. perbedaan DOHC dan SOHC hanya mencolok pada Camshaft nya saja bukan dari sistem pengkabutan bahan bakarnya.

Mesin standar kok.

dari segi mesin memang masih standar menggunakan mesin Timor namun dari segi pengapian dan penunjang performa lainnya sudah tidaklah standar lagi. ada banyak pengaplikasian part-part yang diluar standar mobil Timor, seperti kabel busi racing, open air filter, koil racing, Speedspark, dan aneka part-part asing lainnya. soal performa pastinya berbeda dengan akselerasi mobil Timor standar walaupun CC nya sama tapi soal speed masih lebih hebat mobil milik om Philip yang bernaung di wilayah Bekasi Selatan. memang orang satu ini hobi banget mengejar kecepatan namun setiap part tidak ada jaminan kesempurnaan karena pasti masih ada yang kurang di pemasangannya.

Timor +4AGE blacktop

ini juga tidak standar, konon katanya mobil ini digunakan untuk rally dan bukan digunakan untuk jalan-jalan sehari-hari seperti kekantor atau ngapel kerumah pacar. saya lupa ini mobil punya siapa dan saya menemukan foto ini diantara foto-foto di blackberry saya. mesin yang digunakan saya juga tidak tahu , pastinya ini bukan mesin Timor melainkan mesin mobil lain dan mungkin menggunakan mesin Mazda.

Ada yang berminat ingin merubah atau memodifikasi mesin?, semua bisa diatur dengan om Uchen karena memang beliau sudah sering merubah-rubah mesin Timor dengan mesin mobil lainnya. Kalau saya sendiri selalu menyarankan untuk men-Standarkan mobil masing-masing, kecuali memang kita mempunyai dana lebih untuk menikmati hobi memodifikasi mesin mobil kita.

 

20 comments on “Modifikasi Mesin Timor

  1. ojan on said:

    makasih om admin.

  2. ojan on said:

    klu masangin karburator ke mesin dohc pake manipul yg kaya gmna tuh om .apa partnya ada di pasaran ??

    mohon pencerahannya :)

  3. om-om
    mau tanya bengkel khusus timor didaerah jakarta selatan,khususnya cinere?

    salam

  4. om mau nanyak ni ,klw timi DO ane mw di bikin lebih responsif apa saja yg perlu d ganti
    spek standart cuma baru pasa header 4-1 panjang,resonator racing 1 buah stelah fleksibel
    mohon infonya y om

  5. fathur razie on said:

    gan mau tanya untuk rumah sekring dan kabel2nya beserta socketnya hbs brp ya untuk mobil timor

  6. Om saya br mau beli timor taon 97 yg mesinnya msh sohc.
    Tuh bs d upgrade k dohc ga om?

    Kira2 abis brp kalo d upgrade?

    Mohon infonya
    Thx

  7. cholidarief on said:

    om admin mau tanya…
    sebelumny sya sempat ganti header 1 set. permasalahnya yg muncul setelah pemasangan header tsb adlh setir menjadi berat & kopling jg agak berat terutama pas jalanan macet.
    kira2 knp ya, om?
    kondisi kopling set termasuk master kopling baru setahun diganti persis sebelum pasang header. apa krn pengaruh panas ny header?
    trims

    • admin on said:

      dari panas headernya om, di kasih sabuk serat headernya biar gak terlalu panas. bahan header beda-beda dalam melepas panas…

  8. Sore om, punya saya timor SOHC, pengen dijadiin DOHC kira2 habis berapa ya om? Trus bengkel yg recomended dimana om? Terima kasih

  9. gan timor ane sohc97 , mau nanya nih soalnya ane masih newbie hehe. untuk menambah horse power mobil ane tapi kgk rombak mesin apa aja ya gan yang harus diganti ? sama recommend juga dong buat bengkelnya , kalo bisa daerah bandung. thx gan

  10. wah, idenya bagus nih om..
    *nabung ah*

  11. teddy on said:

    Om kalo betulin ajuster Timi n cun up brapa ya.?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>