Menghilangkan Jamur di Kaca

Pasta gigi ternyata tidak hanya untuk digunakan pada gigi manusia sebagai pembersih plak maupun kuman namun bagi saya bisa menjadi bahan pembersih jamur yang melekat pada kaca mobil sillux. cara ini sering sekali saya pakai untuk menghilangkan jamur dalam skala ringan. saya juga pernah melihat artikel di koran otomotif yang menggunakan pasta gigi tetapi disini saya akan sharing penggunaan pasta gigi untuk membersihkan jamur secara detil agar lebih efektif membersihkan jamur-jamur pada kaca mobil Timor kesayangan kita.

Jamur kaca sering sekali timbul secara tiba-tiba pada mobil-mobil yang jarang di cuci, biasanya jamur kaca muncul pada kaca setelah kaca mobil terkena air hujan atau terkena sarung mobil yang lembab. maka dari itu, beli lah sarung mobil atau cover mobil yang anti air sehingga jika mobil berada diluar garasi dan terkena hujan tidak akan ada efek lembab dibagian dalamnya. Jamur kaca sangat mengganggu penglihatan pengguna mobil khususnya saat malam hari dan diguyur hujan karena terlihat bercak-bercak air walaupun wiper sudah diaktifkan untuk menghapus air hujan di kaca.selain itu dapat membuat pandangan kedepan menjadi bias dan pantulan sinar lampu kendaraan lain menjadi tidak jelas “buyar”.

Jasa penghilang jamur juga ditawarkan pada salon-salon mobil terkemuka, mulai dari harga 50ribu sampai 200ribu untuk sekali menghilangkan jamur. untuk itu saya mempunyai cara murah dalam menghilangkan jamur namun perlu di ingat, cara ini kurang efektif buat jamur kaca yang sifatnya sudah kronis alias sudah menumpuk keras di kaca sehingga butuh obat penghilang jamur yang lebih kuat namun dengan resiko akan merusak lapisan kaca mobil anda.

caranya :

1. Ambil pasta gigi, disini saya menggunakan pepsodent warna putih, karena bagi saya pasta gigi tipe ini lebih efektif dibandingkan pasta gigi berwarna atau gel.

2.  Usahakan kaca depan tidak dalam kondisi panas atau terkena terik matahari langsung, bersihkan dari debu-debu yang menempel dengan cara di siram dengan air lalu di lap sampai benar-benar kering.

3. Setelah kaca depan kering dari air, oleskan pasta gigi secara merata dengan tangan seperti mengoleskan pelembab pada wajah anda. jangan mengoleskan dengan kain yang berbahan kasar atau amplas.

4. cara memoleskan pasta gigi, usahakan agak diurut halus sambil digosok-gosok dengan tangan atau lap halus.

5. Setelah semua pasta gigi merata di kaca depan, biarkan selama 10 menit sampai pasta gigi menjadi kering.

6. Siram kaca depan mobil anda dengan air bersih, lalu lap dengan lap halus sampai kaca kering.

7. wiper di usahakan dibersihkan juga dari kotoran, seminggu sekali di cuci agar tidak ada kotoran menempel.

jika masih terlihat jamur kaca, ulangi cara diatas sampai benar-benar bersih namun apabila jamur tersebut masih tetap melekat, bawalah ke tempat salon mobil karena jamur di mobil anda sudah kronis.

saya sering menggunakan cara ini jika memang kaca depan terdapat jamur,  lebih praktis karena hanya memakan waktu 15 menit saja dan terbukti jamur menghilang. pandangan saya ke arah jalanan menjadi lebih segar, ketika hujan pun tidak ada masalah. namun perlu di ingat, apabila wiper sudah tidak bagus, bisa berpengaruh pada kondisi pandangan saat hujan. gantilah wiper maximal 1 tahun sekali demi keselamatan berkendara disaat hujan.

Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>