Mengenal Lampu Indikator Timor

Tahu gak sih jika kebanyakan dari pemilik mobil timor tidak mengetahui lampu indikator panel di Dashboard, hanya tahu bagian bensin dan handbrake saja tanpa mau cari tahu arti dari lampu-lampu tersebut. Padahal kalau kita pahami, keberadaan lampu-lampu indikator tersebut sangat berpengaruh dalam hal info keadaan mobil kita secara umum. Lebih mengejutkan lagi jika mengetahui jika sebenarnya mobil Timor termasuk canggih lho indikator panelnya, mau tahu apa saja arti dari lampu indikator tersebut?, yuk simak.

1. Indikator Bensin

lambang ini merupakan arti dari indikator sensor pompa bensin mobil timor, dia akan ketika mobil sedang berjalan apabila bensin sudah berada di titik penghabisan alias tiris, kira-kira sisa 5 literan lah. Kalau tiba-tiba lampu tersebut menyala namun meteran jarum bensin di panel masih penuh, segera periksa tangki dan fuel pump nya, bisa berarti antara FP dan indikator meteran bensinnya yang error.

2. Indikator Aki

indikator ini berfungsi sebagai penanda kalau aki siap digunakan, namun apabila ketika mobil berjalan tiba-tiba indikator tersebut menyala berarti aki dalam masalah. Bisa karena aki mulai lemah atau ada masalah dalam kelistrikan. apabila dibarengi dengan nyalanya indikator bensin, biasanya altenator dalam masalah, segera periksa altenator sebelum terjadi kejadian mogok ditengah jalan.

 

3. Indikator Handbrake

Ketika handbrake di tarik, lampu ini akan menyala dan ketika handbrake diturunkan maka lampu akan mati. Namun apabila ketika handbrake di turunkan lampu masih tetap menyala, ada kemungkinan sistem pengereman sedang dalam masalah, seperti yang pernah saya alami, tiba-tiba lampu indikator handbrake menyala ketika ditol, setelah diperiksa ternyata master rem bocor dan minyak rem di tabung sudah hampir kosong. Lampu handbrake menyala saat jalan bisa berarti putusnya kabel handbrake pada mobil, tapi fungsi utama lampu ini sebenarnya hanya mengingatkan pengemudinya apabila lupa menurunkan handbrake saat akan lepas landas.

4. Indikator Oli

Indikator ini berfungsi untuk memberi info sekitar oil pump dan volume oli, apabila ketika mobil sudah distarter namun lampu indikator oli tidak mau meredup, kemungkinan oil pump mengalami masalah. Tanda-tanda oil pump akan mengalami trouble biasanya dengan lamanya meredup lampu tersebut setelah mobil di starter. Selain itu, fungsi lainnya sebagai informasi keadaan oli didalam mesin, apabila oli dimesin kurang, dia akan menyala dengan sendirinya, segera hentikan kendaraan karena oli mesin benar-benar dalam keadaan tiris.

 

5. Indikator Seatbelt

lampu ini akan menyala dan mengeluarkan suara “tut.. tut… tut…” selama 5 detik jika pengemudi belum memasangkan seatbeltnya namun apabila pengemudi sudah memasangkan seatbeltnya, sensor ini tidak akan bunyi. Gunanya indikator ini hanya sebagai pengingat sang pengemudi ya walaupun didiamkan selama 5 detik, sensor ini akan mati dengan sendirinya, canggih kan?, mobil lain dengan tahun serta jenis yang sama mana ada? :-)

 

6. Indikator Anti Fog (defogger)

saya kurang tahu nama resminya indikator ini tapi ia akan menyala kalau kita tekan tombol sebelah kiri tombol AC yang ada gambar kotak dengan 3 cacing mungil. Fungsi dari alat ini hanya sebagai penghilang embun pada kaca belakang mobil. Di mobil saya masih berfungsi baik tapi lama-lama keadaan dalam mobil jadi lembab kalau hujan2 pake fitur ini hehehehe.

 

7. Indikator Pintu Mobil

Indikator ini akan menyala jika kunci kontak dalam keadaan on dan salah satu pintu terbuka, indikator ini sangat bagus sekali karena kita bisa tahu jika ada pintu mobil yang terbuka baik disengaja maupun dengan sendirinya. Sebenarnya ketika kunci mobil ditancapkan ke kontak, sensor pintu akan berbunyi dengan sendirinya apabila pintu mobil terbuka.

Demikianlah kurang lebih penjelasan saya tentang fungsi-fungsi lampu indikator panel Dashboard, masing-masing memberikan informasi tersendiri terhadap pemilik kendaran. Apabila ada lampu panel yang tidak menyala sama sekali, coba periksa sekring diFuseBox yang ada di interior (letaknya dekat pedal gas), periksa di Fuse Room dan apabila sudah putus, segera ganti dengan yang baru. Apabila pembaca memiliki info lain dari info diatas, mohon saran serta masukkannya, Terima Kasih.

22 comments on “Mengenal Lampu Indikator Timor

  1. gak ada om, itu dah otomatis, gak pake tombol, biasanya udah dilepas socketnya karena bermasalah ga mau naik

  2. mimin , tnya yah. timmy saya so 97 kalau kontak sdh on indikator smua lampu nyala, pas mesin udh nyala hrusnya mati kan. tapi malah indikatornya hanya redup. gk mau mati total. itu knpa yah min?? thx sblumnya.

  3. arif k on said:

    mas mau naya lo lampu indikator timyy saya mati semua yg hidup cuma handbreak sama aki,, yg rusak apanya mas……
    minta penejelasan yg konkrittttt

  4. misi gan mau tanya, kalo indikatornya gk nyala semua apanya ya? sebelumnya aki ngedrop trus kebalik pasang terminal negatip-positipnya. tks gan….

  5. roni on said:

    salam pak admin, m nanaya saya punya tim 98 Handbrake baru baru ini g mati lampunya,pdahal udah dilepas. kira- kira slah nya d mana ya. klo switnya yg putus kira kira letaknya,tmksh.

    • admin on said:

      dibuka aja handbrake cover nya, tapi kalau gak mau mati cek juga minyak remnya, biasanya itu tanda kalau minyak rem nya bocor dan perlu perbaikan…

  6. timoti on said:

    om mau tanya kok lampu indikator handremku sama lampu jauh mati ya om cara ceknya gimana biar hidup lagi

  7. Selamat malam pak admin, mau nanya,.. lampu mundur timor ku kok ga nyala ya, pdhl udh ganti bohlam.. trus posisi switch lampu mundurnya dmn ya? Mohon bantuannya.. thanks..

  8. Crenz on said:

    Om.. nanya ya. Timy ane klo posisi berhenti di lampu merah ato pas lagi macet, tu jarum temperatur nya kok lgsg naik yah, tapi kalo udah jalan lancar, jarum nya turun lg sampe di setengah kurang dikit. Apa nya yg bermasala ya om? Thx

  9. eko punomo on said:

    Ms admin minta pencerahan nih…. Tolong bantuanya, timi ku so97… Pada lampu dasbord dan lampu belakang sering nyala sendiri kayak lampu sen… Tik tok tik tok…. Tp sela beberapa saat mati sendiri… Nanti sela beberapa saat gitu lagi… Ak coba matiin mesin lampu dasbord dan belakang tetep aj kedap kedip kayak lampu sen…. Kira2 ap nya ya ms admin… Tolong dengan sangat pencerahanya ms….. Trimakasih….

    • ganti sekringnya om, ada di tail deket pedal gas, kalau masih seperti itu kemungkinan ada kabel yang short, harus diwirng ulang (pengkabelan)

  10. Syafran Akmal on said:

    Saya punya timor Tahun 97 kendala mobil yang sy hadapi
    1. Pelat kopling sdh diganti, pedal kopling harus di angkat tinggi dan gas agak kenceng mobil baru jalan
    2. Mobil dlm keadaan hidup dan posisi diam kalau digas mendadak dia bergetar, tetapi kalau di gas pelan2
    mobil tidak bergetra.
    3. Perseneling gigi Oblak, kalau diganti berapa ya.

    • admin on said:

      1 dan 2 biasanya dari roda gila atau flywheelnya kena om
      3 karet bushingnya udah pecah, ganti aja kena 8000/pcs jasanya sih 40ribuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>