Mencegah Radiator Bocor di Bawah

mungkin dari sebagian pemilik timor ataupun mobil tipe lainnya, masih cuek bebek terhadap radiatornya. hanya memeriksa takaran airnya, apabila air radiator nya kurang maka tinggal menambahkannya saja, namun banyak diantara pemilik mobil tidak memperhatikan keadaan letak radiatornya, apakah radiator bergoyang atau berguncang saat mobil berjalan dan apakah radiator bergetar saat mesin menyala? banyak yang tidak peduli. padahal penyebab radiator bocor itu salah satunya ya kurang kuatnya pengunci radiator sehingga radiator mudah gerak gerak walau hanya dengan dimaju mundurkan oleh tangan saja.

Di Goyang-goyangkan

nah.. coba dicek dengan cara menggoyang-goyangkan radiatornya, apabila radiator tersebut terasa longgar dari dudukannya atau penguncinya, secepatnya lah kita harus mengencangkannya karena ini merupakan salah satu faktor radiator bocor pada bagian bawah. radiator yang biasa di isi dengan air ledeng atau air aki dan jarang banget dikuras lama kelamaan akan menimbulkan karat dan karat tersebut akan bersarang pada bagian bawah sehingga memudahkan radiator menjadi bocor2008. semakin kencang radiator itu berguncang makan akan semakin mudah bagian radiator tersebut bocor dan tanpa disadari akan menimbulkan masalah berkepanjangan sehingga mau tak mau harus membeli radiator yang baru.

tips agar radiator tidak ikut bergetar saat mesin menyala cukup mudah kok, cukup siapkan beberapa potong karet ban dalam bekas yang masih kenyal dan usahakan lapisannya tebal, bahan tersebut bisa didapatkan dengan mudah, minta saja ke tukang tambal ban. kita hanya membutuhkannya sedikit saja, yang penting bisa mengganjal kuncian radiator agar tidak bergerak maju mundur.

Pengunci Radiator

buat saya ini namanya pengunci radiator tapi bagi mekanik bengkel sih punya nama lain buat benda ini, saya hanya mempermudahkan dalam bahasa saja karena sudah berpikir ratusan kali tetap saja kata ‘kunci’ lebih pas buat benda ini hehehehe…. sekarang siapkan obeng kembang buat membuka pengunci tersebut.

Dilepas penguncinya

Lilitkan karet ban dalam bekas

setelah ban dalam bekas dililitkan pada tuas radiatornya, langsung saja radiator dikunci kembali dan dikencangkan, lalu dicoba diguncangkan kembali apakah masih longgar atau tidak, apabila masih longgar bisa ditambahkan lagi karet ban dalam bekasnya. kok bisa longgar? hal ini rumlah terjadi karena karet asli dari penguncinya sudah aus dimakan usia sehingga semakin lama radiator menjadi kendor dan bisa menyebabkan kebocoran. setiap seminggu sekali dudukkan radiator harus dicek supaya tidak terjadi kelonggaran yang mungkin disebabkan karet ban dalamnya sudah mulai keras dan rapuh. mohon maaf apabila ada bahasa yang tidak dimengerti namun dari foto petunjuknya semoga bisa diberikan kemudahan dalam memahami maksud saya.

 

 

20 comments on “Mencegah Radiator Bocor di Bawah

  1. vicky jogja on said:

    …..kalo misal mw ditambah kipas radiator pake apa gan????

  2. wah, kayaknya perlu di coba nih, soalnya tadi pagi pas panasin mobil, iseng2 cek goyang2 radiator ternyata goyang dombret heheheh…

    nice tips mas :D

  3. budi on said:

    mau tanyak ni om, radiaator timy ane bocor fiber atasnya, dah ane akalin dengan lem 2 ton tapi skitar 2 blan bocor lagi lem nya gak tahan panas, gmna solusinya ya om.

  4. haris on said:

    maaf saya mau tanya tp mobil saya bkn timy,,mobil saya kuda diesel,,yg saya mau tanyakan kenapa saat cuaca panas terik dan mobil tidak jalan,,krn saya sering jemput adik saya di sekolah,,,kalau mobil hidup selama 20-30 mnt hidup AC knp temperature naik??,,,,,dan supaya temperature tdk naik saya pijak gas di rpm 1500,,,tapi besok harinya pasti air ditabung habis ntah kemana..thanks

    • saat temp naik cek kipas radiatornya om, kalau kipas gak menyala ada kemungkinan pengkabelan atau sensor kipasnya tidak bekerja. tapi kayaknya kalau kuda pake belt ya putaran kipasnya ngikutin mesin ya, berarti ada masalah dengan radiatornya om

  5. wahyudi widodo on said:

    saya mau tanya om, mobil saya aerio 2005, kalau habis dipakai saya buka kap mesin air keluar dari radiator sambungan bagian atas, dan air di reservoir cepat habis. sudah dua kali saya bersihin pakai flush, ini penyakitnya buntu apa bocor ya om, terima kasih

  6. Dalimunthe on said:

    Oom,,mimin radiator timor dohc brpaan y? Trmksh

  7. Dalimunthe on said:

    Ngomong2 radiator flush gunany buat apa y om?

  8. Dalimunthe on said:

    Udh ane pasang om radiator anyarny,,td ane pasang di linggos motor pekayon,,depan bngkel/showroom Harley pekayon,,trmksh banyak om infony

  9. Dalimunthe on said:

    Ownerny yg mana om? Yg cewe?

  10. Dalimunthe on said:

    Om,,,,dmn yg jual body pipi kanan depan timor? Trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>