Masalah di Fly Wheel

Flywheel

FlyWheel atau biasa orang mekanik menyebutnya roda gila, part ini sebagai penyimpan inertia putaran mesin untuk meneruskan langkah mesin selanjutnyadan dengan bantuan ring gear menyambungkan Putaran stater motor ke engine(mesin). bentuknya yang pipih tapi tidak terlalu tipis dan menyatu dalam kopling set di dalam rumah transmisi.

permasalahan yang ditimbulkan apabila Flywheel atau roda gila sudah tidak bagus biasanya akan mengganggu kinerja transmisi dan kopling. saya akan memberikan contoh kerusakan yang terjadi apabila flywheel bermasalah, contoh-contoh ini didapat dari pengalaman teman yang pernah share mengganti flywheel.

1. Mesin Getar
mesin getar saat melepas kopling pada gigi rendah bisa dialami akibat roda gila sudah peyang. kejadian ini mirip dengan gejala rusaknya engine mounting namun part engine mounting yang rusak masih bisa terlihat oleh kasat mata.

2. Perseneling tiba-tiba pindah
hal ini pernah dialami oleh teman saya, perseneling yang tiba-tiba pindah dengan sendirinya semisal ketika sedang di gigi 3 tahu-tahu pindah ke gigi netral sehingga cukup mengganggu akselerasi mesin dan menurut saya sangat berbahaya.

3. Akselerasi tertahan
ketika mobil sudah masuk ke gigi 1,2 atau 3, tiba-tiba kopling seakan masih menjepit padahal pedal kopling sudah terlepas sepenuhnya sehingga akan ada lompatan transmisi akibat kopling telat dalam pembukaannya. kaya gini juga termasuk berbahaya kalau didiamkan karena ketika akan menyalip kendaraan niscaya kita akan kalah cepat dengan mobil lawan arah.

ada cara dalam memperbaiki flywheel, yang pertama dibubut namun cara pembubutan ini kurang direkomendasikan oleh mekanik ternama karena akan membuat lapisan atau plat roda gila menipis, memang setelah dibubut semua masalah bisa selesai dengan baik namun ada efek buruk selain plat tipis yaitu mobil jadi kurang nyaman buat dikendarai pada posisi jalan menanjak. Selip kopling sering terjadi akibat pembubutan roda gila, lambat laun lapisan flywheel akan kembali tidak rata dan kalau sudah kembali tidak rata, jangan sekali-kali anda membubut lagi.

cara terbaik adalah mengantinya dengan yang baru, harganya memang lebih mahal dari membubut, sekitar 500ribuan tapi hal ini dirasa lebih aman dan jangka waktunya lebih lama dibandingkan harus dibubut. lebih sip lagi saat penggantian flywheel dibarengi dengan penggantian kopling set supaya tidak bolak balik bongkar rumah koplingnya, lumayan menghabiskan uang dan waktu jika harus bolak balik bongkar.

mungkin ada teman2 yang punya pengalaman?, silahkan share disini ya…

 

2 comments on “Masalah di Fly Wheel

  1. Klo saat pakai gigi satu adabsuara grug grug grug di jln lurus dan nanjak. Trus pindah gigi R keras bersuara. Mslahny dmn om?trim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>