Konversi Ukuran Ban

Cara mudah mengkonversi ukuran ban adalah dengan memperhatikan lebar penampang ban dengan aspek rasionya. Bila lebar penampang ban dinaikkan satu tingkat, maka aspek rasionya wajib diturunkan satu tingkat pula, begitu juga sebaliknya. Semisal ban berukuran 185/55 R15, maka dapat diganti dengan
berukuran 195/50 R15 atau 175/60 R15.
Ada juga dengan cara plus satu dan plus dua. Plus satu artinya mengubah ukuran ban yang berasio 70 ke 60, tinggal mengubah usuran rim menjadi lebih tinggi satu tingkat seminal R15 menjadi R16, demikian sebaliknya bila mengubah aspek rasio dari 60 ke 70 tinggal mengurangi diameter rim satu tingkat pula.  Sedangkan untuk plus dua, bila mengubah aspek rasio 70 ke 50 maka diameter rim yang cocok untuk digunakan dua tingkat lebih tinggi dari sebelumnya seminal R13 menjadi R15, begitu pula sebaliknya.
Ada lebih baiknya memilih untuk melebarkan penampang sehingga traksi ban lebih baik, tetapi bila penggantian hanya dua ban sebaiknya ditempatkan di roda belakang, ini untuk mencegah mobil oversteer saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu indeks ban perlu diperhatikan pula, hal ini untuk mencegah overload saat digunakan. Misalkan indeks ban 80, maka sebaiknya saat diganti minimal memiliki indeks beban serupa atau lebih tinggi. Begitu pula dengan batas kecepatan, bila kode ban H berarti ban dapat tahan dipacu dalam kecepatan 210km/jam selama satu jam, maka kode tersebut minimal sama dengan ban standardnya.


Cara menghitung indeks beban

Setiap ban memiliki batas kemampuan robot yang diusungnya. Misalkan, indeks beban 70 maka ban tersebut dapat memiliki beban maksimum seberat 335 kg, sehingga saat dikalikan dengan keempat buah roda, maka didapat angka 1.340 kg. Angka 1.340 kg bukan berarti disesuaikan dengan bobot kendaraan, sebab perlu penambahan bobot saat muatan penuh. Misalkan, kendaraan sedang memiliki bobot kosong 1.075 kg, maka saat beban penuh dengan 5 orang penumpang plus bahan bakar penuh dan bagasi, maka perlu perhitungan
kembali. Ibaratkan bobot setiap penumpang dewasa 80 kg dikalikan dengan 5, dan bila bobot bbm serta bagasi kurang-lebih 150 kg, maka didapat angka 550 kg. Jadi jumlah total berat yang harus ditopang oleh keempat ban adalah 1.625 kg. Berarti indeks beban yang dibutuhkan adalah 77 yang mampu mengusung beban setiap bannya 412 kg.

19 comments on “Konversi Ukuran Ban

  1. kapten on said:

    boss mo nanya nih…
    ane pake timy 1996 SOHC pake velg 205/45/R17 setiap bantig setir ful kok gesrot ke spatbor ya boss apakah apakah ukuran ban terlalu lebar ato ada cara nya boss?
    ane sih mau nya pake velg &ban 215/50/R17 gimana ngakalin nya biar gak gesrut boss? maksih!!!!

    • admin on said:

      ukuran ban terlalu lebar dan velg juga tinggi, kalau mau pertahankan ukuran velg 17 ganti ukuran bannya 195/40, atau gunakan spacer…

  2. ass..
    om ane beli mobil seken nih TIMOR SOHC 97,,pas ane cek ban depan n blakangnya lain..
    depan : 185/60 R15
    blakang : 185/65 R15..
    kira ukuran mana yg ideal om,,biar ane samain aja biar gak susah klo pecah ban..hehehee

    trus ane jg ada yg nawarin velg+ban ukuran 175/65 R14..
    kira2 dari opsi diatas mana yg paling baik???
    makasih untuk admin

    • 185/60-15 om, sebenarnya idealnya 185/55 om biar gak terlalu tinggi ban nya dan masih enak diliatnya…mending pake 15 om…

  3. reo v on said:

    Sy pake timmy doch 1997 menggunakan ban 185/55/r14 trus ada opsi tuker dengan 185/70/r14, gimana… bisa gak Boss?

  4. andri on said:

    om mau tanya nih klo timmy ane pake r18 ban 215/35 bisa ga??trims

  5. hadi on said:

    bos monanya nich saya punya apv 2005 gx mau ubah ukuran ban menjadi 205/65/15 yang awalnya 195/65/15 apakah tidak ada masalah di belakang hari???

    • admin on said:

      tidak ada asal velgnya mendukung, kalau tidak mendukung jangan memaksa om, nanti keliatannya kaya pake donat dan gampang limbung

  6. hadi on said:

    gitu ya omm makasih ya om atas infonya

  7. Doel zoe on said:

    Salam om,
    Maaf mau tanya, saya mau mengubah ban mobil LGCC r 13 ke r 15, apakah ada efek negatifnya?
    Teruima kasih.
    Salam

    • admin on said:

      kayaknya jadi agak mengurangi daya putar stir jadi lebih pendek karena saya lihat ayla atau agya terlalu pendek jarak sumbu rodanya

  8. Om mau ty nih, ane py timor dohc 2000, dulu ukuran ban 185/60 R14. Karena ditempat ane nyari ban ukuran itu susah dan ban depan dah mau pecah akhirnya diganti ukuran 175/75, tp kl diliat jd keliatan aneh ky ban kempes gitu, apakah itu ga masalah? atau ada rekomendasi ukuran lain untuk mempertahankan velg. makasih

  9. Selamat pagi dan salam kenal bos, ane pengen tanya ane punya mazda 8 .ukuran ban saat ini
    215/65 R-16. Tapi terasa agak rendah karna mobil , apa nyaman kl ane ganti dengan ban yg lebih tinggi?karna daerah aneh byk polisi tidur,jd kadang suka mentok. Dengan ganti ban bisa tambah tinggi brp cm bos?terima kasih saya tunggu sarannya bos.salam

    • admin on said:

      pakeukuran 215/55 R.17 aja om, ya memang jadi gak nyaman kalau sedan ditinggin velgnya, atau main tambah daging di shocknya tp gak rekomen ya. mungkin memang desainnya rendah, rata2 sedan memang musuhnya jalan rusak dan polisi tidur.

  10. mas,mau tanya. kl pke ban R 15 185/55 mau saya ganti dgn ukuran R 15 185/65 kira-kira nyaman g om ?maturnuwun

    • admin on said:

      nyaman walaupun agak gasrut, mendingan pake yang 185/60 dari segi tampilan kurang manteb sih jadi keliatan kegedean ban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>