Konversi Ukuran Ban

Cara mudah mengkonversi ukuran ban adalah dengan memperhatikan lebar penampang ban dengan aspek rasionya. Bila lebar penampang ban dinaikkan satu tingkat, maka aspek rasionya wajib diturunkan satu tingkat pula, begitu juga sebaliknya. Semisal ban berukuran 185/55 R15, maka dapat diganti dengan
berukuran 195/50 R15 atau 175/60 R15.
Ada juga dengan cara plus satu dan plus dua. Plus satu artinya mengubah ukuran ban yang berasio 70 ke 60, tinggal mengubah usuran rim menjadi lebih tinggi satu tingkat seminal R15 menjadi R16, demikian sebaliknya bila mengubah aspek rasio dari 60 ke 70 tinggal mengurangi diameter rim satu tingkat pula.  Sedangkan untuk plus dua, bila mengubah aspek rasio 70 ke 50 maka diameter rim yang cocok untuk digunakan dua tingkat lebih tinggi dari sebelumnya seminal R13 menjadi R15, begitu pula sebaliknya.
Ada lebih baiknya memilih untuk melebarkan penampang sehingga traksi ban lebih baik, tetapi bila penggantian hanya dua ban sebaiknya ditempatkan di roda belakang, ini untuk mencegah mobil oversteer saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu indeks ban perlu diperhatikan pula, hal ini untuk mencegah overload saat digunakan. Misalkan indeks ban 80, maka sebaiknya saat diganti minimal memiliki indeks beban serupa atau lebih tinggi. Begitu pula dengan batas kecepatan, bila kode ban H berarti ban dapat tahan dipacu dalam kecepatan 210km/jam selama satu jam, maka kode tersebut minimal sama dengan ban standardnya.


Cara menghitung indeks beban

Setiap ban memiliki batas kemampuan robot yang diusungnya. Misalkan, indeks beban 70 maka ban tersebut dapat memiliki beban maksimum seberat 335 kg, sehingga saat dikalikan dengan keempat buah roda, maka didapat angka 1.340 kg. Angka 1.340 kg bukan berarti disesuaikan dengan bobot kendaraan, sebab perlu penambahan bobot saat muatan penuh. Misalkan, kendaraan sedang memiliki bobot kosong 1.075 kg, maka saat beban penuh dengan 5 orang penumpang plus bahan bakar penuh dan bagasi, maka perlu perhitungan
kembali. Ibaratkan bobot setiap penumpang dewasa 80 kg dikalikan dengan 5, dan bila bobot bbm serta bagasi kurang-lebih 150 kg, maka didapat angka 550 kg. Jadi jumlah total berat yang harus ditopang oleh keempat ban adalah 1.625 kg. Berarti indeks beban yang dibutuhkan adalah 77 yang mampu mengusung beban setiap bannya 412 kg.

180 comments on “Konversi Ukuran Ban

  1. novi hermandeko on said:

    nanya om..mobil timor saya kenapa stirnya bersat sebelah kanan ya,,apa kendalanya,,,terus saya pake r16,,bisa ga dikasih ban donat…

  2. Md_iqbal on said:

    Gan,mau tanya nih ? Kalau freed saya pake r15 ban 195/50 gmn ? Apa nnti space ke fender terlalu jauh ? Perlu potong per

  3. sumadhi on said:

    Selamat malam, …mau tanya Om…
    Saya punya avansa G 1,5 tahun 2014. Ban yang terpasang 185/65 R-15. Klo akan saya ganti ban yang lebih lebar ukurannya (biar lebih gagah..he.he.he…) berapa ya om ukuran yang aman? velg tetap menggunakan yg orinya…
    Terima kasih, respon dan solusinya.
    Salam

  4. slmt pagi Om…
    baru ambil toyota all new vios…OEM velg+ban adl 195/50/R16.
    pengen pakai R17…karena susah nyari akhirnya dapat velg milano 215/45/R17 pasang ban achilless sporty. jadinya ujung ban atas rata body mobil dan ban bawah agak menonjol keluar
    mohon infonya…masih masuk batas range aman dan nyaman nggak? idealnya pakai ukuran berapa kalau saya mau pakai velg R17
    Terima kasih

    • jangan2 velgnya gak buat tapak lebar, harusnya sih ngepas ukuran segitu. tingginya masih ketinggian sih, biasanya untuk sedan enak pake 215/35

  5. PRIYO W.H. on said:

    Selamat malam Om….,
    Saya mau tanya… mobil saya datsun Go Panca menggunakan ban dengan ring 13, rencana saya mau saya ganti dengan velg ring 15 195/55, apakah bisa masuk ? Dan kalau kemudi dibelokkan kiri dan kanan apakah mentok ? Kemudian untuk ukuran anginnya pasnya berapa Psi ? Terima kasih sebelumnya.

    • bisa, datsun masih bisa pake velg 15inc tapi dengan ban yang kalau bisa 195/50 om. ukuran angin disamakan saja sesuai standar ban atau 38psi

  6. Mau tanya om.. biar gagah dan nyaman berapa ban yg hrs saya pakai buat charade saya ya om..? Terimakasih atas info yg akan diberikan…

  7. slmt pagi Om…baru dapet all new vios 2015…OEM 195/50/16…mau naikin ring 17….yg aman & nyaman serta tidak memberatkan performa mesin & pemakaian bbm, pakai ukuran ban 205/45 atau 215/45? … terima kasih Om…

    • sebenarnya sama saja sih, yang dipertanyakan model velgnya dan beratnya, kalau mau ambil velg ori, volumenya gak berat daripada yang replika

  8. Mau nanya bos,mobil all new avanza 13g dgn ban standar 185/70 R14, saya mau ban lebar, mana yg cantik dan nyaman 195/70 R14 atau 195/65 R14, makasih bos!

  9. om.. kalo soluna velg 14″ konversi ke velg ban 204/45 17″ nyaman ga?? atau kalo mau yg nyaman koversi ke diameter brp?? tqs

  10. Maaf mas mau nanya, kalau sirion 2015 aslinya r14 mau diganti yg ring 15 apakah oke?
    Trims

  11. gasrut sih kalau disi penuh mending main di 16 aja, ban pake 225/45 om

  12. harus om, kan dari 13 ke 14, kalau gak ganti velg gak bisa hehehe

  13. bisa, tidak ada pengaruh besar kok, kecuali pake ukuran yg 70

  14. Mau nanya om, saya punya ban 195/50 r16, kalau buat velg vossen cv3, gasrut gak ya, d mobil timor, mksh,,

  15. Teddu Fsyah on said:

    Maap om, mu tanya nih,, mb saya wagon r, velg+ban bawaannya kan cungkring banget ya,, :( .
    145/80 r13 . Mohon masukannya nih, kalo mau diganti velg+ban , untuk tampilan,kenyamanan,dan amannya pake r15 ato r16? Mohon info jg untuk type dan ukuran velg+bannya.
    Trims ya om.

    • kalau 16 kayaknya mentok fender walaupun pernah liat sih dimodif ukuran 16 tapi jadi padat dan kena fender, kalau mau nyaman pake 14 aja om, pilih bannya 165/75 om

  16. Salam sejahterA om,.
    Mw tnya om,. Mobil sya soluna,. Biar keliatan nyaman dan elegan di jalan pegunungan dan aspal,. Velg dn ukuran brpa ya om,.,?

  17. Christensen on said:

    Om galau nih untuk yaris 2010 bagus mana 195/50 atau 205/50…utk R15
    Sekarang pk 185/50 keknya kurang yahud…

    Thx anyway om…

  18. Maaf ikut nimbrung, mobilnya sama. Kalo bannya diganti 195 aman gak ?

  19. Sore om,

    saya pemilik mirrage putih mau ganti velg n ban ukuran berapa ya biar tidak gasruk, tampak gagah dan tapaknya biar lebar. Thanks

  20. sahrudin on said:

    Salam Kenal Om,

    Wagon R GS saya standart velg dan ban ukuran R14 175/65 lebar 5.5 ET45 , ada niatan mau mengganti velg ke R15 punya splash dengan ukuran lebar dan ET yang sama , kira-kira cocok dipakein ban ukuran berapa supaya gagah dan tidak mentok ? kalo tidka ganti velg ke R15 namun di naikin ukuran ban dari R14 menjadi 185/60 mentok tidak yah …. bingung bin galau pilihan tersebut mana yang amannya Om ..

  21. Samba paradigta on said:

    Omm..pelu pencerahsn…agya ane standar kan 175/65 r14..kebetulan udah ganti velg..nah setau ane standarnya kan velg agya lebar 5.5inc ya…nah ane dah ganti yg r14 ja tp lebar 6inc..sementara pake ban yg bawaan/asli nya…cm diliat kayak ada sisa nih di velg nya….ga pas gt….
    Yg pas pake ban yg ukuran brp omm bwt lebar 6inc ini tanpa mengurangi diameter ban yg asli….tq omm..

  22. Mas, saya mau tanya, intinya… velg n ban saya masih awam…
    saya punya ford ranger type base 2011 rencnanya mau saya gnti velg ban yg lebih gede biar tampak lebih gagah…, saat ini masih pakai velg standar ori ban savero MT LT 235/75/R15,

    Rencana mau saya ganti pakai VR CHALLENGER R15/8/ET22, pengen pakai ban 31 type MT, kira2 bisa dipasang gak mas..? kira2 gasruk mentok dll,….tanpa ngrubah kaki2 stel torsi dll….

    Ban 31 MT apa yg cocok dipasang… accelera, dunloop, gt radial, savero, hancook, ato apa..?
    mohon advisnya,boleh minta no HP nya? terima kasih…

    • ban 31 MT sebenarnya yang keren itu pake bridgestone,harga emang ga bohong om. masih aman kok selama velgnya 15inc. yg bagus keliatanya pake AT, lebih gagah

  23. Mau tanya.. kalo soluna velg ori ring 14 enaknya biar tapak lebih lebar pake ukuran ban berapa om?

  24. Om mau nanya klo nissan march cocoknya pake pelek racing r17 atau r16..??mintol infox dan banx pake ukuran berapa…..??? Makasih

  25. Anonim on said:

    Pagi bos. Saya pake ayla ban standar 175/65 R14. Kalo ditukar bannya saja jadi 185/60 R14 bisa ga ya?

    Kira2 efeknya apa ya bos setelah ditukar?

    Trims.

  26. Gading on said:

    Sangat membantu ruang ini

  27. Satrio Dwijo on said:

    Misi om mau tanya saya salah beli nih ban depan saya 190/50 belakang 185/55 ring 16 kalo diliat jadi kaya tinggi didepan kalo dituker yg depan ke belakang masalah ga kira”? Makasih.

  28. arfendy on said:

    Om mau tanya, mobil h new city pakai velg mobilio plus bannya, nah saat dilihat kok bannya kayak donat ya om, bagusnya ban diganti ukuran berapa biar lebiha tipis walaupun pakai velg yg sama

  29. Mbah rejo on said:

    Dek,. Mobil cucu sya jazz,. Mke velg besar 17,. Kok gasrut yaa,. Tampilan ok,. Kok gk nyaman yaa,. Ap ksalahan bannya ya,. Nyamannya mke ban brpa? Utk velg 17 honda jazz,. Biar kliatan keren,. Thank yaa nak,..

  30. Revando on said:

    Mlm Mas,Corolla dx pake 185/70r14 Aman Mas? Gak gasruk2…Ada Saran utk ban r14,suwun

  31. mau tanya om….brio satya E diganti ban ukuran 195/65 velg tetap 14 inch, ok gak om? thanks sarannya.

  32. Maap um, numpang nanya..
    mobilku sedan baleno pake ban standart 185/60-14, kl mw ta ganti biar terkesan nungging pake ban ukuran berapa ya ?? velg masih pake aslinya ??
    makasih..

  33. Salam kenal Om^ sy mau nanya untuk velg Ring 16 ukuran ban 215/65,
    Apa bisa yaa pake ban dngn ukuran 175/65. Tks sblmx

  34. Siang om..
    Mobil ane avanza09. Vleg standart..
    Rencana mau ganti ban 195/65R14..
    Bisa g ya om .. trus apa efek nya pada
    Handing nya..
    Thank om

    • kalau ukurannya velg sama yaitu 14 tidak ada masalah om, tapi standarnya kan 15inc ya kalau avanza xenia, kalau agak kecil paling di tikungan agak leimbung

  35. Thank om..
    Tp mbil sya standart nya emg vlg 14.
    Oya. Satu lagi om saran nya saya pki merk ban apa ya biar mengurangi suara bising pada kabin.. soal nya skrg saya pkai merk GT nih om..
    Thanks ya om..

  36. ali emron on said:

    om mau tanya, saya skrg pake lancer sl velg celong r13, kalo untuk velg celong ukuran ban r13 paling tipis brpa ya om, tengkyu

  37. joengono on said:

    om, mobil ane new jazz 2015 type S, ukuran ban standar nya kan 175/65/15
    nah klo ane mau ganti ban y lebih lebar lagi (velg tetep pake y standar) kira2 pake ukuran yg berapa ya?
    klo pake 195/65/15 atau 185/65/15,masih aman ndak? atau ada efek samping lainnya?

    makasih atas pencerahannya

  38. Mas mau tanya nih…untuk ukuran standart velk dan ban untuk timor tu brapa ya…karna saya pake 175/65/15 sekrng klau belok sering kena ke spakboor…trims

  39. Hi om. Apakah bisa ganti felg r15 dengan r17? Mobil saya Mitsubishi Challenger 1997. Thanks

  40. Mau tanya om
    Untuk mobil new xtrail 2016. Velg ring 20. Yang cocok pake ukuran bannya apa ya?
    255/45 atau bisa 255/50?
    Trus andai beda ukuran. Boleh gak semisal ban depan 255/45 dan belakang 255/50.
    Mohon masukannya.
    Terimakasih.

  41. Dhani Ashadi Putra on said:

    Kasih saran donk,jazz gk5 pakai 205/50 r17 aman gak,bawaan asli turanza 185/55 r16, kebanyakan sih ditawarkan 205/45 r17,tapi takut terlalu tipis

  42. Salam kenal om sya punya grand max blin van velg R 13 mau ganti velg R 14 ukuran ban apa yg safetynya om ty

  43. Saya pake toyota Etios Valco Standrt R15 185/60 mau saya tinggin pake Ban 185/65 R15 masih aman ga mas. Makasih sama jawabnnya

  44. Om tanya kalo grand livina mo ganti ban yg tapak lebar pilih 195/65 atau 195/60 yg keliatan gagah,dengan velk yg sama r15 ori ,ato ada usul lain om

  45. mau nanya 185,55r16,mau tak ganti r15,ukuran ban biar tambah uenak brp ya,trims

    • admin on said:

      pakai 195/55 aja om

      • bram on said:

        Mas admin, mau tanya, kalo livina diganti 195/55 (saya sudah pakai) ukuran angin ban belakang berapa ya? Soalnya kalo standarnya kan 185/65 35 psi pas penumpang penuh masih ok.tapi pakai ban 195/55 35psi dan penumpang penuh kok kaya kurang angin ya. Trims mas.

        • admin on said:

          iya wajar keliatan kempes karena kondisi tapak lebih lebar tapi disarankan pakai 38psi atau 40psi, ukuran max psi nya tertera pada pinggiran ban nya

  46. xenia saya pake velg R16 dengan lebar 7,5 rata, skrg pake ban 205/50.
    jika ukuran ban di ganti 195/50 msh bisa ga gan?

  47. Abdul on said:

    Om mau tanya dong, all new xenia,, standard ban 185/70/14 mau ganti 195/65/15,, kira kira masih aman dan nyaman ndak ya. Trims

    • admin on said:

      masih aman om, ground nya xenia avanza kan tinggi

      • Poedjiana on said:

        Om.. ikut nanya ya. Saya punya Avanza, ganti ban BS Ecopia E150 ukuran 185/65 R15 88H. Jika mau ganti pelek yang ukuran 8 inch kira2 cocok tdk sama ban dan mobilnya? Soalnya sayang, ban juga baru ganti semua. Aman gak om dipakai harian? Makasih.. forum ini bermanfaat banget.

  48. indra on said:

    Maaf…sy mau ganti ban mbl jazz rs( stadar 185/55r16) ukuran ban ganti yg cocok…

  49. Teguh on said:

    Om mau nanya mobil saya grad livina ukuran 185/65 R15 setandar….mau di ganti ban inova 205/65 R15…masih aman gak ya ini terlanjur beli ban inovanya terimakasih

  50. mau tanya om esteem ring 14 cocok pakai ban ukuran bbrp ya… biar keliataN tampak lebar

  51. rangga on said:

    Mau tanya om.. velg R 15..185/65..apa cocok di pasang di datsun..apa nggak keliatan ngedonat?

  52. Mlm om ane punya mobil wagon rgs standar pabrik r14 ban 175/65,,ban yg cocok apa ya tp msh mau pake velg standar ,,agar keliatan gak cungkring pake ban ukrn brp ya spy agar ceper dan nyaman aman

  53. alfian on said:

    om mau nya,timmi gue aku kasih ring 16 ban 195/55 kok gasrut ya….

  54. Andri on said:

    Om admin mau tanya, saya pake soluna velg r15 mau ganti ban donut yg cocok ukuran apa ya?

  55. anthony on said:

    Ban yg terpasang saat ini 225. 55. 17 kalau diganti 215. 55. 17 bisa gak om…..

  56. saya pake datsun go+,
    Rencana mau ganti velg dan ban. apa boleh pake
    ukuran ban 185/65 R 15
    atau
    ukuran ban 185/55 R 16
    terima kasih infonya, kalo pilihan saya salah, mohon kasih ukuran yang oknya om, tq

    • admin on said:

      lebih baik pake R15 195/55 Om karena fender si datsun kecil, kalau dipakai diatas 15 bisa gasrut di isi penuh manusia

  57. Maaf om minta sarannya..mobil sy yaris 2010 velg udah sy ganti pakai velg oem Honda city 2007 R15 pcd 4×100 lebar 6″ et 53 apakah bisa velg tersebut memakai ban ukuran 205/50..bagaimana sarannya om supaya nyaman dan aman tetap memakai ban tapak lebar..

  58. yulimanto on said:

    mobil avanza g mau ganti vleg racing biar ban lama masih bisa dipakai vleg macam apa yang diperuntukan( Merk )

  59. Purwanto on said:

    Pak, kalau ayla 155/80/r13 mau konversi ring14 175/70 apa rekomendasi gak? Terimakasih

  60. Agus sp on said:

    Om mau tanya dong, avanza standard ban 185/70/14 kalo diganti 195/60/15,, masih aman gak ya

  61. iqbal on said:

    om, mohon sarannya, honda city 2007, pakai original 185/55R15,
    apakah masih bisa jika diganti 185/60R15, pertimbangannya supaya tidak terlalu keras
    dan velg lebih awet, please advice, thanks om

  62. Ardi on said:

    bos, saya pake ban ukuran turanza 185/65 R16, kalau diganti 205/55 R16 aman gak ya?

    • admin on said:

      harus diliat velgnya dulu bisa pakai tapak ban 205 atau tidak, kalau dipaksa nanti malah keliatan mendonat bannya, jelek nanti dikasih meses sama keju dimakan deh

  63. Inot on said:

    Bos mau nanya dong, mobil saya vios tipe e masih pake velg dan ban ori, tapi sering gasrut kalo penumpang penuh, baiknya ganti apa ya tanpa mengganti velg. Terima kasih.

  64. Firajul on said:

    Mobil agya pke ban 195/55/R14 bisa dan nyaman gak omm…tks

  65. Yudi on said:

    Freed 205x60xr16 bisa ngak ya thanks

  66. mu nanya om…. pelek Timy r16 paling NYAMAN gak gasrut lebar berapa yaa? + ukuran ban
    rencana pilihan mau pake pelek r16 oem swift gt / city yg model akar…
    maturnuwun

  67. ivan on said:

    Sy pux mobil ertiga GX dgn ukuran kaki2 185/65-R15,..rencnax mo ganti ban yg agal lebar 195/65 ato 205/60,.ccok n bsax yg ukuran brp bro?tp tetp mnggunakn velg orix tnp modif2n fender dll.
    Mkasih bax sblumx bro

  68. Simon on said:

    Mat mlm Om, mau nanya klau honda BRV pake ban 195/60/R16….boleh gak aku ganti ban lebih lebar misalnya 205/60-R16 dgn type AT? Biar tambah kliatan sporty gt.

  69. Seapongs on said:

    Om yaris ane pake velg 15 – 7″x8″ (donat)
    Biar kelihatan ceper tp aman pakai ban brp? Per potong gk masalah

  70. imam on said:

    Min, ane mau naik ring dari 13 ke ring 14 ukuran ban yg cocok apa ya??? Mobil ane jenis thn 2006

  71. om mau ikutan nimbrung sekalian mohon pencerahan,
    ane mau ganti ban livina ane, tapi ring ttp 15,
    kalo dibaca2 diatas, om lebih rekomen pake 195/55,
    boleh tau om alasannya, jika dibanding 195/60 gitu…
    jadi lebih yakin sebelum eskekusi, hehehehehe…
    soale kalo pake 195/55 kan lebih ceper dikiiiiiiiiit,
    secara jalanan di jakarta, bnyak jebakan betmen, hahahaha…
    terima kasih atas pencerahannya om….

    • hanya mencegah gasrut di fender, karena ukuran 60 berarti lebih tinggi dari 55, kalau pakai 60 mungkin gak akan terasa jika jarang bawa full muatan. kalau sering bawa full muatan pasti lebih terasa.

  72. Nurul amin on said:

    Mohon advis… mobil sh ayla pake ban std 175/65 R14, kalo ganti ban 195/55 R14 dgn velg nya yg ada ini… bisa gak yg bang aman ajakah.. terjma kasih

  73. hendra on said:

    Saya pake sedan velg ori ban 185/55 R15 mau ganti ke 195/50 R15 atau 205/50 R15 om untuk lebih keren sm nyamannya ? Ban dah hbs tipis mohon pencerahannya om. Trims

  74. Sony on said:

    Pak lek, mau nanya nih.
    Mobil saya mazda 626 europe, saya pasang 195/55 r15 di belakang, apa depan boleh uk 185/55 ?
    Minta sarannya pak lek. Mauliate

  75. Agung triyanto on said:

    Om admin sya abis ambil starlet xl th 88 pingin ganti velg..paling bagus pakai velg ukuran apa dan pakai ukuran apa

  76. Om admin saya pake outlander ukuran ban 215/60/r17 klo mau ganti ban bagusnya ukutan brp?
    Terima kasih admin

  77. Mas maaf mau tanya saya punya grand innova 2011 standart velg ring 15 205/65 sekarang saya pakai velg ring 17 lebar velg 7″ pakai ban 215/55 apakah masih aman untuk muatan penuh? Untuk muatan penuh biar nyaman pakai ban yg ukurannya berapa ya mas? Terima Kasih

    • masih aman, mengingat fender inova itu tinggi, bahkan bisa untuk velg ukuran 20inc om, yang penting kondisi shocknya sehat walafiat

  78. Kasi saran om utk dx yg pake ring 14,biar gak trlalu kliatan kandas/ceper pke ban uk brp ya om..

  79. Om admin, apakah velg R13 tebal 7 inc bisa memakai ban 155/80 R13?
    trims om admin

  80. Om, saya pake agya ban standar 175/65 R14. Kalo ditukar bannya saja jadi 185/80 R14 (DUNLOP SP 10 (SR RANGE 80) 185/80 SR14), bs gk ya?
    Kira2 efeknya apa ya bos setelah ditukar? Bgs gk ya?

    Trims.

    • bisa dan tidak ada efek apa apa karena tidak terlalu signifikan, kecuali saat melesat dijalanan ancur, lebih berasa aja gak enaknya

  81. febrianto on said:

    Om mau tanya nih, daihatsu sigra kan bannya klihtn cungkring dgn 175/64 r14, biar gagah dgn velg msh ori ban diganti ukuran brp?? Thanks

  82. klo toyota rush pake ring 15 biar gagah, ga keliatan kecil dan masi nyaman pake ban ukuran berapa ya gan?

  83. Mhn info apakah uk 175/65 R14 bisa diganti ke 185/65 R14 tanpa mengganti velg? Adakah usulan lbh baik? Terima kasih

  84. Mau minta advis : saya baru beli velk HSR ring 16 buat mobil sedan Nissan GL Neo. Supaya gagah dan tidak gasrut, enaknya ukuran ban berapa ya ?

  85. Boss kalau toyota rush pakai velg ring 16 untuk ban donatnya
    cocok ukuran ban nya berapa ya boss biar kelihatan gagah
    terima kasih atas jawabannya..

  86. bisa om

  87. bisa om, gak masalah kok

  88. agak susah sih, rata-rata modifikator menambahkan spacer atau adapter untuk kaki2nya biar si velg keluar dari fendernya. karena kaki2 si march pendek

  89. bisa om, karena kaki2 jenis mobil tersebut didesain bisa untuk ban 225 kok. kalaupun mentok bisa tambah adapter walaupun enggak enak buat diajak ngebut dengan penambahan daging di kaki2

  90. masih aman kok om, selama tidak melebihi offside si velgnya aja

  91. Windreas on said:

    Om sy punya brio rencana mau ganti ban untuk naik GC. Kira3 ukuran brp y yg cocok tanpa.harus ganti velg? Mau nya tinggi dan agak sedikit donat. Thx

  92. admin on said:

    pakai velg 15, bannya 195/65

  93. amrullah on said:

    mobil saya ford fiesta ukuran ban 185/55/15. klo pake ban 195/55/15 dari segi tampilan bagus mana 185 sama 195

  94. bagus 195 om, tapi ukurannya kalau nemu yang 50, jarang tapi ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>