Konversi Ukuran Ban

Cara mudah mengkonversi ukuran ban adalah dengan memperhatikan lebar penampang ban dengan aspek rasionya. Bila lebar penampang ban dinaikkan satu tingkat, maka aspek rasionya wajib diturunkan satu tingkat pula, begitu juga sebaliknya. Semisal ban berukuran 185/55 R15, maka dapat diganti dengan
berukuran 195/50 R15 atau 175/60 R15.
Ada juga dengan cara plus satu dan plus dua. Plus satu artinya mengubah ukuran ban yang berasio 70 ke 60, tinggal mengubah usuran rim menjadi lebih tinggi satu tingkat seminal R15 menjadi R16, demikian sebaliknya bila mengubah aspek rasio dari 60 ke 70 tinggal mengurangi diameter rim satu tingkat pula.  Sedangkan untuk plus dua, bila mengubah aspek rasio 70 ke 50 maka diameter rim yang cocok untuk digunakan dua tingkat lebih tinggi dari sebelumnya seminal R13 menjadi R15, begitu pula sebaliknya.
Ada lebih baiknya memilih untuk melebarkan penampang sehingga traksi ban lebih baik, tetapi bila penggantian hanya dua ban sebaiknya ditempatkan di roda belakang, ini untuk mencegah mobil oversteer saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu indeks ban perlu diperhatikan pula, hal ini untuk mencegah overload saat digunakan. Misalkan indeks ban 80, maka sebaiknya saat diganti minimal memiliki indeks beban serupa atau lebih tinggi. Begitu pula dengan batas kecepatan, bila kode ban H berarti ban dapat tahan dipacu dalam kecepatan 210km/jam selama satu jam, maka kode tersebut minimal sama dengan ban standardnya.


Cara menghitung indeks beban

Setiap ban memiliki batas kemampuan robot yang diusungnya. Misalkan, indeks beban 70 maka ban tersebut dapat memiliki beban maksimum seberat 335 kg, sehingga saat dikalikan dengan keempat buah roda, maka didapat angka 1.340 kg. Angka 1.340 kg bukan berarti disesuaikan dengan bobot kendaraan, sebab perlu penambahan bobot saat muatan penuh. Misalkan, kendaraan sedang memiliki bobot kosong 1.075 kg, maka saat beban penuh dengan 5 orang penumpang plus bahan bakar penuh dan bagasi, maka perlu perhitungan
kembali. Ibaratkan bobot setiap penumpang dewasa 80 kg dikalikan dengan 5, dan bila bobot bbm serta bagasi kurang-lebih 150 kg, maka didapat angka 550 kg. Jadi jumlah total berat yang harus ditopang oleh keempat ban adalah 1.625 kg. Berarti indeks beban yang dibutuhkan adalah 77 yang mampu mengusung beban setiap bannya 412 kg.

160 comments on “Konversi Ukuran Ban

  1. admin on said:

    195/55/15 gan…

  2. admin on said:

    nanti landai saat kecepatan tinggi terus jalan naik turun, lebih baik yg kecil didepan om atau disamakan gak masalah

  3. admin on said:

    pake 195/45 kalau mau tidak mentok ssaat full om

  4. admin on said:

    pakai 195-45 om, kalau mau lebih ciamik pake velg dengan offset tapak lebar lalu pakai 215/45 atau bisa lihat modifikasi velg dibeberapa forum modifikasi

  5. admin on said:

    masih bisa om, 185 juga masih bisa kok

  6. admin on said:

    tinggi sama, hanya beda di lebar tapak aja… bedanya sekitar 2cm

  7. bos mohon pencerahan. mbl saya terios saat ini pke velg 18 dgn ban depan n belakang ukuran 235x55x18. Tp klu sekilas diperhatiin kelihatan ban lbh gd di depan. Apa efek negatif jika depan pke 235x50x18 dan belakng pake 235x55x18. Tks

  8. Om mau nanya, mobil saya mazda 2 masih make ban + velg standard 195/45 r16. Rencana mau ganti ban yang bikin keliatan ceper dengan velg yang sama (jarak spakboard sama ban jadi lebih sempit). Mending 195/55 atau 205/40 om bagusnya? Tks om.

  9. ardhy on said:

    om mau tanya mobil all new corolla 96 ukuran ban 185.70.14. Mau d ganti sama ukuran 205.70.14 buat yg belakang klo depan tetap .vleg standart toyota ring 14 gmna ya om….mohon solusinya om trimakasih

    • admin on said:

      main di velg om, kalau di ukuran 14 sih susah lho. palingan kalau mau main tinggi pake velg 15 dengan profil ban 185/65 om

  10. Edyson on said:

    Mlm om…kalo menilik pake velg r16 profil mana yg pas om? Profil standar 185/65/15….mks

  11. mohon bantuannya, mobil saya masih pake ban standar 185/65 R14. Pengen ganti pake 185/70 R14 biar agak tinggian dikit. Bisa ga ya,.. Makasih Om.

  12. Chandra on said:

    Minta saran ms..ring bawaan 14..sy gnti ring 16..ban 195/55…stlh jln kok jd g nyaman..mohon info utk ukuran yg pas..trims

  13. Darmawan on said:

    Boleh tanya yang bang…saya pake Matrix ban R14 185/65, apakah bisa ganti ban R14 185/70?

    tks.

  14. chris on said:

    bos mau tanya. mobil saya mitsubishi kuda ban nya 185/70/r14. kalau saya pasang ban ukuran 205/70/r 14.. apa kah masih bisa? trima kasih..

  15. Malam om saya pngen nanya klo velg nissan march bannya 175 60 ring 15 yg 2 udah gundul trus klo di ganti pke 185 55 atau 185 60 bagusnya di taroh di blakang apa di depan

    Makasih infonya bos semoga dpat bermanfaat

    • admin on said:

      ban baru di pasang didepan om, yg lama dibelakang, kenapa? biar kalau ban lama meledak atau bermasalah tidak sampai celaka, klo ban lama ditaro didepan, bahaya om

  16. Widi Winarso, SE,MM on said:

    Om, mobil saya Timor..sekarang masih memakai R14, 185/65,,,saya terbiasa kluar kota yang jalannya terbiasa rusak dan berlubang..kalo saya mau ganti pelek bagusnya R15/R16? profil/ukuran ban yang ccok apa om? makasih sebelumnya ya om..makasih

  17. Minta sarannya, bos. Mirage mau ganti velg, supaya gagah dan keren tapi tetap nyaman pake velg dan ban ukuran brp? Makasih ya, bos

  18. Valentino on said:

    Om kalau buat getz cocok nya pakai velg racing yg berapa ya biar tampilan nya oke dan ban ukuran berapa?

  19. ardiansyah on said:

    Selamat sore om maaf saya pngen nanya mobil saya datsun go + saya dh ganti velg nissan march bannya mau saya ganti yg lebih besar yg cocok ukuran brp trus dr kenyamanan ma safetynya gmna
    Makasih infonya semoga bermanfaat buat saya

  20. vanranji on said:

    Om mau tanya. Mobil saya mirage mau ganti ban n velg ke 195/50 R16 ET 35 bisa gak ya? Gasruk gak kira2. Thanks

  21. Om, nissan livina saya dari ukuran 185/65 R15, mau saya ganti 195/65 R15 bisa ndak om, apa efeknya ya Om?
    Thank you.

  22. Halo Om, mohon infonya. Sy pakai Avanza G 2010 dari baru sampai skrg + 5thn, km baru 40.xxx, ban semuanya masih ori/standar alias blm pernah tukar, ban serap juga blm pernah turun, Sy rencana mau ganti semua ban dgn yg lebih baru dan segar, hanya saja pengennya ukuran ban diganti dgn memakai velg standar R14. Ukuran ban yg skrg 185/70. Kalau saya ganti dgn ukuran ban yang lebih lebar tapi performance mobil tetap ok pakai ukuran ban brp ya Om? Trims before

  23. agharr on said:

    Mohon info om :
    Saya pake pelek 17 merek rays, diameter ban 205 40
    Enak nya isi berapa ya om buat nitrogen di ban nya..
    Nuhun om

    • admin on said:

      38 atau 40psi om, profil ban tipis jangan sampai kurang angin om, lebih baik lebih angin daripada kurang, karena bisa rusak ban dan velgnya

  24. Malam, mau tanya nih kalau velg R14 bekas punya panther dgn ban 195/70 bisa tidak dipakai dengan ban 185/70R14 punya new xenia? Terimkasih…

  25. Pagi, kalau ban 185/70R14 bisa di pasang pakai velg R16?

  26. Bos mau tanya saya punya picanto 2004 sekarang pk velg r14 175/65 kalau saya ganti 185/70 masuk ga ya..

  27. muhammad hendro on said:

    Om mobil saya mazda 2 ukuran ban r16/195/45
    Rencananya mau saya ganti dengan ukuran r16/195/55.
    Kira2 gasrut /nyangkut ke body nggak ya om banyak?
    Karena biar lebih empuk dan ga bising aja bannya!
    Soalnya temen nyaranin yg 16/195/50. Tapi saya rasa kurang empuk.tq

    • admin on said:

      pake R16 bannya 205/45 om lebih ajib dan gak gasrut, bisa juga pake 195/50 kok, kalau ban nya tebel nanti gasrut di isi penuh

  28. pai on said:

    Om, timor saya saat ini make R16 195/50. Rencana mau ganti R14 & udah dapet velg bekas aveo. Untuk kenyamanan enaknya make ban 185/65 atau 185/70?

  29. ardiansyah on said:

    Pagi om maaf om saya mengganggu yg ke sekian kalinya nih saya masih bingung mau pilih ban yg pas buat mobil datsun saya padahal udah saya ganti pke velg nissan march dengan ban standar march trus saya pengen ban nya di ganti bagusan mana ban ukuran 195 55 apa 185 55 om trus klo pke yg 195 55 buat belok full mentok gak?

    Makasih ya om sarannya semoga sarannya bs jadi amal dan dapat bermanfaat buat saya

    • admin on said:

      ring nya berapa om? karena pemilihan ban harus sesuai dengan ring velgnya. ane gak tahu standar ring datsun berapa klo gak salah 14 ya. klo 14 masih aman pakai 185/65 om enak empuk. kalau 15 disaranin pakai yg 195/55 om

  30. nikodemus on said:

    bos mau tanyak kalo mobil timor paling mentok kasik ring brapa ya sama ukuran ban brapa?kira2 harga barapa?

    • admin on said:

      18 masih bisa semua tergantung ban nya om, 18 sih maksimal tapi bannya tipis banget. pake ring 15 kalau salah ban juga mentok om hehehe

  31. SUHARSO on said:

    Mat siang Om maaf saya mengganggu, kalau Kijang LGX 2003 pakai Peleg Ring 17 Ban yg cocok ukuran brapa, trus angin diisi tekanan brapa ? kira – kira kalau pake Peleg Ring 17 efek sampingnya apa.?
    terimakasih sebelumnya, semoga sarannya akan bermanfaat buat saya dan akan menjadi amal baik buat OM.

    • admin on said:

      paling kalau lewat jalan rusak gak nyaman, terasa bantingannya dan kaki2 cepak tutup usia om. pake ukuran 215/45 atau 205/50

  32. Amriarka on said:

    Malam Oom,
    Mau nanya skrg mobilio saya pakai velg jazz dan ban ecopia ep150 195/60 R16. Tekanan angin yang ideal utk ban depan dan belakang, kira2 berapa ya? Thanks

  33. kenthus on said:

    datsun go+ t option r13 aslinya …klo diganti R16 masih ok gak om ?

  34. hitamblack on said:

    Mlm om..mau nanya mbil sya datsun pakai velg ring 17 biar enak paki ban ukuran berapa..om..trs klau pakai velg 17 kok tarikan kurang om..buat penumpang 6 orang

  35. hariyanto on said:

    Malam om. Mau tanya, ban mobil panther sy 205/65 R15, mau saya ganti 195/65 R15. Bisa nggak dan apakah ada efek sampingnya? Thx

  36. Lukman on said:

    Mas, soluna saya menggunakan 175/65/R14.
    Saya hendak mengganti menjadi 185/60/R14, apakah masih ideal dan apa berpengaruh ?
    Thanks.

  37. Daeng HendrArjuna on said:

    Pagi oom… Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan…
    1. Oom jelaskan diatas bila mengubah lebar penampang ban maka rasio jg harus di ubah, tapi kok dr komen-komen yg oom jawab ada yg rasionya tidak di ubah jg gpp? Atau ada batas toleransinyakah? Sampai beda rasio berapakah toleransinya?
    2. Saya ingin mengganti ban di mobil toyota altis 2003 saya yang ukuran standarnya 195/60 R15 menjadi 185/65 R15 di bagian depan dan dibelakang masih sama dengan ukuran standar (195/60 R15). Apakah tidak ada masalah?
    3. Ada yg bilang ban yg baru lebih baik di bagian belakang tp ada juga lebih baik di depan, kira2 menurut oom yg benar yg mana dan kenapa?

    Maaf jd terganggu krn saya kebanyakan nanya… Maklum masih nubie… Salam Hormat… Trims…

    • Daeng HendrArjuna on said:

      Oya satu lagi, toyota Altis kan penggerak rodanya di depan apakah tidak masalah kalo memakai roda yg lebih kecil di depan?!?

    • admin on said:

      1. ada toleransi yg masih diperbolehkan om, dengan maksimal tidak lebih dari nilai 10.
      2. lebih nyaman pakai 195/55 karena lebih enak dilihat dan tebal ban tidak terlalu penuh walaupun untuk jalanan rusak lebih nyaman dengan tebal 65. berdasarkan pengalaman saya sih pake tebal 65 sering mentok ke fender saat mobil penuh
      3. ban baru lebih baik di depan, ban lama dibelakang, karena kalau ban lama yg kondisi jelek didepan ada kemungkinan meledak atau rusak dan itu sangat mengganggu kendali stir. ban depan lebih banyak berubah posisi tidak seperti ban belakang yang tetap lurus. gesekan ke aspal lebih banyak depan dengan berbagai posisi.

  38. om,mbl saya phanter grand royal 97 .waktu sy beli second ban yang terpasang 195/65 r14,kalau saya ganti dengan ukura 185/65 r14 bisa ga?sebenarnya ukuran standardnya berapa om?

  39. amin on said:

    malam om.. mau tanya.. sy pakai xenia li deluxe+ th 2011.. ukuran ban skrg 165/80 R13..
    kalau ganti ke r14 enaknya ukuran brp? dan apa pengaruhnya? thanks om..

  40. agus on said:

    Malam Om mobil saya kijang super long 1993, pakai ban 185/70 R13 86 T , apakah sudah sesuai, kalo ukuran angin ban nya berapa ya om yang pas, misalkan mau ganti ring berapa supaya kelihatan gagah tetapi tetap nyaman…mksih om.

  41. om mau tanya, sy py avanza tipe E thn 2015, mau ganti ring 15, ban pake 195/65 r 15 masuk gak om, mentok gak klo mau belok kanan ataw kiri, tks

  42. mobil sy soluna pake profil 195/50 R16, utk tekanan angin cocoknya brp om…? trims.

  43. pras on said:

    Mobil saya datsun Go+, Ban nya masih ban Original, klo untuk pergi ke Luar kota (Jogja) perlu di ganti ga ban & Velknya, Klo di ganti cocoknya pakai ukuran brp ya

    • admin on said:

      gak perlu om, standar pabrikan udah pasti yg terbaik deh. walau dari segi tampilan memang kurang oke ya, cungkring, tapi kemungkinan buat tampilan mobil masih terlihat bagus saat mobil di isi full. setahu ane karakter nissan jelek di shok belakang, amblas di isi full. makanya datsun akalin nya seperti itu, walau di isi full gak keliatan amblas

  44. ardiansyah on said:

    Selamat pagi om saya mau nanya lubang dop center punya vios klo di gedein 3mm masalah ga om lubang aslinya 5,3mm trus di gedein jadi 5,6mm soalnya mau di pake di nissan march

    • admin on said:

      lebih baik sih tidak di rubah, kalaupun ingin dirubah usahakan di bengkel bubut terperaya dan sering menangani masalah kaki2 mobil khususnya velg

  45. ardiansyah on said:

    Ow ya 1 lg om klo mur pnya vios kan beda ma pnya nissan march trus harga mur roda vios berapa duit ya om

    Makasih ya om selamatberaktifitas smga lancar Amien.

  46. Andie Albarr on said:

    Selamat pagi om….Mobil saya Taruna FGZ ukuran ban standardnya 205/70/15….ada ban nganggur ukuran 185/65/15….kira-kira masih bisa masuk ke Taruna dan ada efeknya? Terima kasih banyak om…

  47. Mhn info om, mirage sy pakai standart 165/65 r14 lebih nyaman diganti 175/65 r14 ataukah 185/65 r14 mhn masukan terimakasih

    • admin on said:

      sebenarnya lebih nyaman 185/65 tapi melihat standarnya 165/65 paling bisanya 175/65 karena takut kelebihan bibir ban dan akan terlihat bulet rodanya atau mentok di fender

  48. lukman on said:

    Boa ban sedan corona sya Bridstone 195x50R16 kl pake nitrogen pas pake tekanan nitrogen brpa psi.

  49. dika on said:

    numpang nanya om apa ban ukuran 195/50 R16 cocok untuk avanza G 2011? kalo muter kiri kanan mentok ga ya om? trims sebelumnya..

  50. liesiong on said:

    saya mau nanya…mobil saya nissan new teana….saya skrng pake pake 215 55 17…saya pingin ganti yg 18…..dgn ukuran brp ya. biar nyaman dibawa ..tq

  51. andi on said:

    Om mau nanya, kalo sy punya mobil terios adventure mau pake ban yg R 20 kira2 masih save dan nyaman yah kalo di pake sehari2…thx

  52. lilik wahyuwanto on said:

    Mlm om,mhn advicenya,,saya pk mobil lx 88,,saya beli lg velg celong ring 15 lebar 8 inch rata et 25,saya ksh profil ban 195/60 ko yg blkg gesrot ma fender mobil y om trutama pas jln berlubang ato bergelombang,pa lg d muatin 4 org mobil g bs jln gr2 yg blkg gesrot ma fender,,sebaiknya d ganti pk ukuran brp y om yg pas,,mksh

  53. Mas Nurdin'52 on said:

    Selamat Pagi Om,

    1. Timor saya kasih 195/45 R16 tekanan standarnya berapa ?
    2. Seandainya saya ganti yang agak tiebal tapi tdk mentok baiknya pakai 195/50 R16 ataui 195/55 R16 ?

    terima kasih sebelumnya

  54. roni mp on said:

    Maaf om nimbrung, klo bab ertiga standard 185/65/r15 upgrade ke 205/70/r15, aman ga ya om…trims.

    • admin on said:

      kalau bawaannya sih gak pas om, nanti jadi donat, maksimal sih velg 15 biasanya 195 untuk lebarnya untuk tingginya pakai yg 55 aja

  55. edison on said:

    mas nanya neh kl saya ngubah velg asli agya Type G agar tampilannya gagah yang cocok ukuran brapaan y, tp yang penting nyaman n tidak merusak , thank’s bantuannya.

  56. edison on said:

    Mas,andai velg nya standar [ring 14] tapi ukuran bannya kt ubah, yang cocok ukuran berapa ya agar dilihat lebih kelihatan gede, tq mas,

  57. Bagus on said:

    bos mobil ane sirion, ane mau ganti ban standar si 185/60 R14 mau di ganti 185/70 R14 gmna om, klo bisa pengaruhnya apa om?

  58. riva on said:

    om mau tanya dong sya pake mobil honda prestige 88 ukuran ban 14/185 klu pake ukuran ban 15/185 bisa gak yah.??

  59. Rahmat ilahi on said:

    Mas klo bwt Timor r 15 ukuran banx enak brp….?klo 185/65 gmn mas….thanx

  60. Budi on said:

    om, mau tanya saya punya mirrage mau saya ganti velg ma ban yang keliatan kokoh dan keliatan lebar tp bagus ukuran brp ya, tp tidak gasruk? Thanks

  61. Alex on said:

    Selamat malam mas, wagon r gx saya size ban 145/80/13.
    saya ganti 175/65/14 bisa g mas?
    apa tidak terlihat melebihi bodi kah mas?

  62. delvid on said:

    malam oom, mau tanya..sy pakai all new xenia 185/70/R14 mau ganti velg..bagusnya velg R15 atau R 16 dan ukuran bannya berapa yang nyaman dan ok? thanks atas info dan sarannya.

  63. Met malam pak,mohon pencerahannya yaa
    Mobil saya sirion AT 2015 dgn profil ban standart 175/65 R14.82H
    Saya isi nitro 35 psi depan belakang.
    Rencana mau ganti bannya aja buat jarak jauh pulang kampung,agar lebih empuk dan nyaman. Bisa gak saya pakai ban 185/70 . Efeknya nanti gimana ya pak? Dari konsumsi bensin dan akselerasi dan sistim pengereman,
    Dan kalau bisa nanti isi nitro brapa psi?
    Terima kasih sebelumnya pak, semoga rejeki sampean lancar. Aminn

    • admin on said:

      bisa pak, tidak ada masalah, untuk psi bisa pakai ukuran 40psi saja, tapi jika di isi full pakai 38psi saja, makasih pak doanya, aamiin

  64. priyadi on said:

    pagi mas, tekanan angin untuk ban uk. 205/40 R17 84W kira2 berapa ya? makasih

  65. bucuh lianto on said:

    Om… kalo buat suzuki karimun ban yang paling tinggi ukuran berapa om?? Buat jalan di jalan rusak/bebatuan. Thanks

  66. Rudy Hartono on said:

    Mau tanya om, untuk mobilio yang ukuran ban standard nya 185/65 R15 bisa atau tidak jika saya mau ganti ban menjadi ukuran 205/70 R15

  67. adhie on said:

    om…ban standar saya 185/65R15.. kelihatan kurang lebar di geandlivina saya… dengan velg standar 15″.. kira2 konversi ban jika saya pakai lebar 205 bisa ga om ya… dan ketinggian berapa agar kenyamanan dan keamanan masih terjaga..

  68. Jenar on said:

    Siang gan mhon pencerahanya..mobil panther 1993 velg ori bawaan..lo mo di ganti yang lebih gede velgnya n nyaman pake ukuran velg dan ban yang ukuran berapa.. Trims sebelumnya

  69. Erik on said:

    Oom mobil aku mazda 8.
    sekarang pakai 215/35 r19 apakah bisa di naikin ke 245/45 r19 ? Krn jalanan dikampung sangat buruk, apalagi keluar kota.

    Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>