Konversi Ukuran Ban

Cara mudah mengkonversi ukuran ban adalah dengan memperhatikan lebar penampang ban dengan aspek rasionya. Bila lebar penampang ban dinaikkan satu tingkat, maka aspek rasionya wajib diturunkan satu tingkat pula, begitu juga sebaliknya. Semisal ban berukuran 185/55 R15, maka dapat diganti dengan
berukuran 195/50 R15 atau 175/60 R15.
Ada juga dengan cara plus satu dan plus dua. Plus satu artinya mengubah ukuran ban yang berasio 70 ke 60, tinggal mengubah usuran rim menjadi lebih tinggi satu tingkat seminal R15 menjadi R16, demikian sebaliknya bila mengubah aspek rasio dari 60 ke 70 tinggal mengurangi diameter rim satu tingkat pula.  Sedangkan untuk plus dua, bila mengubah aspek rasio 70 ke 50 maka diameter rim yang cocok untuk digunakan dua tingkat lebih tinggi dari sebelumnya seminal R13 menjadi R15, begitu pula sebaliknya.
Ada lebih baiknya memilih untuk melebarkan penampang sehingga traksi ban lebih baik, tetapi bila penggantian hanya dua ban sebaiknya ditempatkan di roda belakang, ini untuk mencegah mobil oversteer saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu indeks ban perlu diperhatikan pula, hal ini untuk mencegah overload saat digunakan. Misalkan indeks ban 80, maka sebaiknya saat diganti minimal memiliki indeks beban serupa atau lebih tinggi. Begitu pula dengan batas kecepatan, bila kode ban H berarti ban dapat tahan dipacu dalam kecepatan 210km/jam selama satu jam, maka kode tersebut minimal sama dengan ban standardnya.


Cara menghitung indeks beban

Setiap ban memiliki batas kemampuan robot yang diusungnya. Misalkan, indeks beban 70 maka ban tersebut dapat memiliki beban maksimum seberat 335 kg, sehingga saat dikalikan dengan keempat buah roda, maka didapat angka 1.340 kg. Angka 1.340 kg bukan berarti disesuaikan dengan bobot kendaraan, sebab perlu penambahan bobot saat muatan penuh. Misalkan, kendaraan sedang memiliki bobot kosong 1.075 kg, maka saat beban penuh dengan 5 orang penumpang plus bahan bakar penuh dan bagasi, maka perlu perhitungan
kembali. Ibaratkan bobot setiap penumpang dewasa 80 kg dikalikan dengan 5, dan bila bobot bbm serta bagasi kurang-lebih 150 kg, maka didapat angka 550 kg. Jadi jumlah total berat yang harus ditopang oleh keempat ban adalah 1.625 kg. Berarti indeks beban yang dibutuhkan adalah 77 yang mampu mengusung beban setiap bannya 412 kg.

28 comments on “Konversi Ukuran Ban

  1. Om mau ty nih, ane py timor dohc 2000, dulu ukuran ban 185/60 R14. Karena ditempat ane nyari ban ukuran itu susah dan ban depan dah mau pecah akhirnya diganti ukuran 175/75, tp kl diliat jd keliatan aneh ky ban kempes gitu, apakah itu ga masalah? atau ada rekomendasi ukuran lain untuk mempertahankan velg. makasih

  2. Selamat pagi dan salam kenal bos, ane pengen tanya ane punya mazda 8 .ukuran ban saat ini
    215/65 R-16. Tapi terasa agak rendah karna mobil , apa nyaman kl ane ganti dengan ban yg lebih tinggi?karna daerah aneh byk polisi tidur,jd kadang suka mentok. Dengan ganti ban bisa tambah tinggi brp cm bos?terima kasih saya tunggu sarannya bos.salam

    • admin on said:

      pakeukuran 215/55 R.17 aja om, ya memang jadi gak nyaman kalau sedan ditinggin velgnya, atau main tambah daging di shocknya tp gak rekomen ya. mungkin memang desainnya rendah, rata2 sedan memang musuhnya jalan rusak dan polisi tidur.

  3. mas,mau tanya. kl pke ban R 15 185/55 mau saya ganti dgn ukuran R 15 185/65 kira-kira nyaman g om ?maturnuwun

    • admin on said:

      nyaman walaupun agak gasrut, mendingan pake yang 185/60 dari segi tampilan kurang manteb sih jadi keliatan kegedean ban

  4. Yogi on said:

    Gan mau nanya klo ayla r14 175/65 mau diganti ban nya aja ke 185/55 atau 185/65 bisa ga tuh? Masih nyaman ga yah? Klo saran dr agan mending pake velg berapa dan ban brp…biar nyaman gan…

    • mentok di R15 deh klo ayla, pernah liat fendernya udah terlalu ngepas untuk ukuran standar, kalau mau naikin ya R15 195/55 om

  5. ichwan on said:

    Bos ane punya picanto ukuran 165/60/14 rencana mau ganti velg ring 13, kira2 ukuran ban yang cocok ukuran berapa, tx

  6. Baba Hoong on said:

    Om mohon saran nich…velg saya R15-7′ ukuran ban 195/45 accelera alpha klo saya ganti velg R14-6′ kira2 supaya tingginya tetap n enak diliat pake ukuran ban berapa trs bannya ap…saya coba pake ukuran 185/60 forceum d600 kok kykny lbh tinggi n krg enak diliat…mohon saran kira2 ban yg cocok n ukuranny…tks

  7. Sore om, ane mau nanya. Ane punya Timor SO, sekarang ane pake R15, Ban Accelera ATR 195-55, ane mau ganti ban tapi ukuran 205-55, sementara untuk shock sudah ane naikin pakai bantalan pelapis shock 5cm. Menurut om bagaimana baiknya. Trima kasih.

    • kalau ane sih mending jangan ditambah apa2 karena berakibat fatal apabila tambahan shokcnya lepas pas si om lagi kencang. pastikan tapak velgnya bisa buat ukuran 205 karena klo gak cocok, ban keliatan bulat kaya donat

  8. Saya pake KIA Carens II uk ban 205/45ZR R17, Bisakah diganti dengan yang ukuran yang standar ? Berapakah untuk ukuran idealnya ?

  9. hendry on said:

    Met kenal om,
    saat ini pake Brio ukuran ban 175/65/r14. Berhubungan jalan dekat rumah jelek jadi sering gasruk.
    rencana mau tinggin GC nya tapi dengan budget yg bersahabat. Kepikiran cm ganti Ban aja dengan 185/70/r14 atau 185/80/r14 biar lebih tinggi dan gk usah beli velg lg. Kira2 bagusnya gmn? Thx

  10. Met kenal om sifu,,

    Saya pake jazz 2004 dgn ukuran ban & velg orinya175/65/14,susahnya di rumah polisi tidur tajem2 jadinya kalo ga hati2 sering nggasruk bawahnya,, rencananya pengen gedein velgnya jadi R15 / R16,, ada yg nyaranin make ukuran 195/50/16,,, kira2 itu udah yg terbaik apa masih ada saran ukuran yg lain yg terbaik om sifu?? Trima kasih banyak sebelumnya,, salam bel_x

  11. Syachrul on said:

    Mhn ijin mampir mw numpang nanya om….
    1. Saya punya avanza 1.3G matic 2013 rencanax mw ganti ban & velg, bagusx ukuran brp yg aman & nyaman, brhubung saya mobilex jauh mpe kluar kota jalan kadang gelombang n brlubang…skrg msi pake ban standar 185/70-R14
    2. Selain dari faktor suara…….kelebihan apa sj yg bisa saya dapat klo saya ganti knalpot recing…..apa brpengaruh trhadap laju kndraan atw mlh kerugian mbah
    3. Saat ini ke4 fer muka blkang sdh saya pasangi karet peredam “valen”….ukuran 5cm klo ga slh & sama smua…….apa penting mnrut om pemasangan “valen” trsebut kaitanx dgn prtnyaan sy poin 1 & 2….. yg pasti saat tikungan tdk membuang sprti saat sblm pasang “valen”…!!!
    4. Poin 1 & 2 sangat pnting bgi saya om….mhn informasi saran masukan & kritikanx….

    • 1. ukuran segitu udah nyaman kok, kalau mau naikin cukup pake 195/55 R-R15
      2. untuk masalah torsi gak ada pengaruh besar ganti knalpot om, klo cuma knalpotnya aja sih cuma sugessti mobil jadi kencang. kcuali main header, muffler, bagian pipa tengah juga dirubah, ada perubahan tarikan namun efeknya jadi boros.
      3. valen tidak membuat akselarsi tikungan jadi stabil kok, dia hanya membuat getaran shock lebih lembut saja sehingga tidak gampang membuat mobil mentok di fender. kalau mau stabil disaat tikungan bisa menggunakan stabilizer seperti rear bar atau strutbar, untuk avanza ebih pengaruh menggunakan rear bar.

  12. numpang nanya ni gan
    ane punya mobil dengan ukuran ban 215/45/17. kebetulan saat ini ban depan sudah mau minta ganti. bisakah ane ganti ban dengan ukuran yang lebih kecil tapaknya tapi tidak mengganti velg ?
    mohon sarannya
    trims

  13. Halo numpang tanya ni pak,
    saya pake velg dan ban standar bawaan city 09. 175/65-R15.
    kalo saya mau tinggikan 1 “tanpa” harus mengganti velg bisa diganti ke berapa ya pak?
    apakah imbasnya besar pada keamanan apabila agak dipaksakan pak?
    mohon sarannya, terima kasih :)

    • jadinya jelek dan gasrut om, ukuran tinggi ban 70 biasanya hanya untuk mobil sekelas SUV macam Fortuner, Pajero, terano, blazer, kalau mau di tinggikan bisa main di shocknya aja diganti atau di rekondisi dengan tipe gas. agak naik sedikit walaupun bantingannya keras.

  14. Reza Setiawan on said:

    mau tanya , new vios 2008 .. baiknya upsize velg ring 16 atau 17 dengan ukuran ban berapa, mohon sarannya , terimakasih banyak ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>