Kondisi apa mesin itu harus turun mesin?

” Kondisi apa mesin itu harus turun mesin? “

Berikut penjelasannya :
1. Di air radiator bercampur Oli mesin (ada jejak Oli)
2. Di Dipstick Oli mesin warnanya Coklat susu
3. Di Tutup tempat pengisian oli mesin ada warna Coklat susu.
4. Asap putih ngebul dari knalpot (panas maupun dingin di gasss tetep putih)
5. Suara mesin Sangat kasar

nah cara menentukannya nih…:

Turun mesin terbagi 2… yaitu 1/2 ( Top OH)  atau Full OH..
nah nentuinya gimana??
harus test Kompresi menggunakan alat Compression Tester

Misalnya hasil ukur adalah sbb:
Cyls 1 : 10,2BAR
Cyls 2 : 10,0BAR
Cyls 3 : 8,7BAR
Cyls 4 : 10,3BAR

Terlihat bahwa silinder nomor 3 mempunyai angka yang jauh dibawah silinder yang lain, dan lebih dari toleransi 0,5BAR.

Kira-kira masalahnya apa ya?
Kita dapat memanfaatkan bantuan Oli mesin untuk menentukan kemungkinan yang menjadi penyebab lemahnya kompresi pada silinder 3.

nah dimasukin Oli Mesin 1~2 sendok makan ke dalam Lubang busi atau

Apabila setelah ditambahkan oli mesin, tekanan kompresi lebih besar dari yang terukur sebelumnya (ada peningkatan) , maka dapat disimpulkan ada masalah pada Ring Piston yang aus / rusak, atau dinding silinder cacat. [ Turun Mesin FULL ]


Apabila setelah ditambahkan oli mesin, tidak ada perubahan nilai tekanan kompresi, maka dapat disimpulkan ada masalah pada salah satu atau lebih komponen Cylinder Head seperti: Gasket Cylinder Head, Seal Klep (valve seat), Klep (valve), Cylinder Head Block (melenting/bengkok) , atau piston (retak/bolong) .  [ Turun MEsin 1/2]

detail dari http://saft7. com/?p=847

untuk timor stdnya 13.5 ~14.5 bar..

30 comments on “Kondisi apa mesin itu harus turun mesin?

  1. iwan on said:

    bisa pesan bos,…sampai bandung berapa?

  2. Hampir sama kasusnya, pagi kel air tapi asap putih, katanya sih harus turun setengah.

  3. damuri on said:

    Om knalpot ane rembes oli tp kok gk ngebul itu apanya ya.. makasih

  4. iwan on said:

    Ass. Bos.
    Maaf mau naya nih
    Mobil saya kijang tahun 1990 baru-baru ini air radiator cepet panas dan klo habis jalan suka keluar lewat selang cadangan. sy kira pertama radiator kotor tapi setelah radiator saya servis masih tetep begitu. kata montors slinderheadnya kropos. Apakah itu benar. atau ada hal lain yang perlu si cek.

    Salam

  5. ryan on said:

    Assalamualaikum….saya punya timy dohc th 99 knalpot keluar asep putih.tapi sekarang ilang…kemarin sya cuci mobil mesin Ƴα ∂ï semprot dan besok Ўªãª ruang busi kemasukan air radiator,pertanyaan Ƴα asep Ўªãª kok hilang dan air radiator masuk ruangan busi…makasih

    • admin on said:

      air semprotan kali om, kalau air radiator gak masuk ke bagian itu, kecuali oli kcampur air warnanya jadi kopi susu baru deh itu air radiator…

  6. Ronny on said:

    posisi pipa PCV dmn bos? soalnya sohc97 saya kluar asap hitam dari knalpot. apa ada hubnya dgn PCV? skalian nanya bos, kpanjangan PCV apa, maklum saya awam di dunia otomotif.

  7. mw tanya bos, saya punya mobil accent excell thn 2004.baru-baru ini air radiator cepat panas dan kadang2 klo udah jalan keluar air dari selang cadangan,tp gak selalu.
    trus saat mesin hidup kadang2 ada bunyi bocor gituh (bunyi mesin agak tersendat2), tp gak selalu jg
    saya cek stick level oli gak ada masalah (gak ada warna putih susu)
    trus satu lagi klo pagi2 mobil dipanaskan keluar asap warnanya abu2 kehitaman tapi masih ada embun air di knalpot, klo udah jalan asapnya udah gak ada lagi
    apa yang harus dilakukan? apa radiatornya harus diservis?

    • coba ganti tutup radiatornya aja om, kalau keluar asap abu2 petanda pembakarannya kotor, bisa cek businya kalau ujungnya abu2 kehitaman berarti banyak kerak dimesin, ganti filter bensin filter udaranya om

  8. oh ya satu lagi bos,
    oli lama2 berkurang apalagi jalan jauh..tapi gak seberapa sih. paling setelah pemakaian 3 atw 4 bulan baru oli nya hampir mendekati level low. apa harus turun setengah mesin?

    • ada bocor gak dilantai om, kalau gak ada bocor dibawah mesin tapi oli kebuang sampai segitu banyaknya, cek kompresi kalau udah turun harus turun mesin om

  9. Sore gan, mohon pencerahan. Saya pengguna Hyundai atoz, pernah telat ganti oli, jadi knalpot keluar asap putih, oleh bengkel disarankan turun mesin. Katanya oli mesin akan berkurang dan harus dicek tiap hari. Tapi Setelah service dan ganti oli dan pemakaian sampai +- 80 KM, pada saat mesin dingin, saya cek oli mesinnya ternyata tidak berkurang, apakah itu indikasi tetap harus turun mesin atau karena penyebab lain terima kasih.

    • lebih pasti dicek kompresinya aja , kalau telat ganti oli sih gak wajib turun mesin hehehe kecuali sampai oli berkurang, keluar asap ngebul dan kompresi mesin turun, baru deh turun mesin. kalau mau gambling coba masukin nano energizer sebagai obat penyembuh menaikan kompresi.

  10. hamdan aryanto on said:

    assalamulaikum, salam timor om,
    maaf nih mau tnya timmy ane tanjakan cipularang cuma bisa 50km/h kondisi ac mati cuma satu org, ngeden ga naik” apa itu pertanda kompresi nya jelek ? hrs turun mesin ?

  11. om numpang tanya, mobil timor DOHC ane kemaren mati ga mau idup walau distater, ane cek oil stiknya ada di batas low dan ane tambah dah oli nya sampai full trus ane cek aki sama busi bagus trus, ane cek fuel pump ga nyembur dan ane kotak katik fuel pump baru idup, tp setelah idup keluar bunyi tek tek dr mesin kira-kira kenapa ya? trims

  12. Mas mau tanya klo suara mesin klo di gas ada bunyi

  13. Owen Jevan Sianturi on said:

    filter rottax itu apa ya mas? trus klo ruang mesin banyak kerak, apa harus turun full mesin? tq sbelumnya.

  14. Owen Jevan Sianturi on said:

    bang, asap hitam apa ada hubungannya dgn spuyer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>