Susah Starter Saat Mesin Panas

ada kalanya ketika mobil Timor akan sulit distarter setelah mobil dimatikan dan dalam keadaan mesin sangat panas sehingga pemilik timor merasa kesal, ketika dicoba distarter dinamo motor tidak kuat menyalakan mesin dan harus menunggu mesin menjadi agak dingin. hal ini akan menyebabkan aki mobil menjadi soak karena dipaksa harus menyalakan mesin yang sulit hidup ketika panas, penyakit ini bisa juga disebabkan dinamo starter sudah rusak atau arangnya/brush nya habis namun ada kemungkinan grounding mobilnya kurang sehingga tidak ada tambahan massa ke starter.

namanya juga mobil tua, grounding bawaan pabrik masih saja kurang, untuk itu kita perlu menambahkan kabel grounding untuk mobil Timor. gunanya memasang grounding secara umum adalah untuk menyalurkan massa energi listrik ke daerah-daerah tertentu agar tidak terbuang percuma, sehingga part-part elektrik menjadi lebih terawat dan membuat mesin menjadi lebih baik kinerjanya. apabila anda kesulitan dalam hal menstarter mobil ketika mesin dalam keadaan panas, bisa mencoba memasang grounding.

bahan-bahan dalam memasang grounding sangat sederhana dan murah, kita hanya perlu plat tembaga atau besi yang masih bagus. lubangilah plat tembaga tersebut sebesar baut ukuran sepuluh sebanyak 5 lubang, lalu siapkan kabel ground namun saya sarankan membeli kabel yang tebal dan bagus kira-kira 4 meteran, jangan lupa sekalian beli sepatunya buat menempelkan kabel dengan bautnya. lalu siapkan baut sebanyak 4 baut ukuran 10.

pasang tembaga pada aki negatif

plat tembaga yang sudah disiapkan, kita pasang pada dudukan kutub aki negatif, usahakan memasangnya jangan sampai kendor dan harus kuat sehingga besi atau plat tembaga tidak berubah letaknya ketika mobil berada dijalan yang tidak bagus. tempelkan kabel-kabel grounding bersama baut ukuran 10 ke lubang yang sudah disediakan, lalu kencangkan. masing-masing kabel memiliki ukuran panjang berbeda tergantung jangkauan ke titik ground yang di inginkan. disarankan untuk mengukurnya dahulu sebelum membeli kabel ground agar tidak mengalami kekurangan. apabila kabel sudah dipasangkan pada plat, kita tinggal tempelkan kabel ke titik-titik grounding yang telah ditentukan.

Titik di dudukan kabel gas

Titik di Altenator

Titik di body Timor

Titik disebelah kanan packing head mesin

sebenarnya masih ada titik lagi yang harus dipasang yaitu di headlamp namun kondisi mobil saya yang sudah mengalami perubahan dalam wiring lampunya mengakibatkan saya susah mencari titik yang pas untuk headlamp, alasan kenapa headlamp juga harus di grounding adalah agar cahaya lampu headlamp semakin terang karena ada tambahan massa energi dari aki. saat pemasangan kabel grounding juga harus hati-hati, jangan sampai salah satu kabel mengenai kutub positif aki karena akibatnya fatal yaitu timbul ledakan pada battery aki.

selamat mencoba….

tambahan Pict, thanks Om Jeff

Ground Headlamp dan MX11…

Gorund di Body deket Relay Fan

 

Contoh Kabel Ground yang bagus

sepaket kabel grounding

ya buat ngakalin ataw nyempurnain wiring aja om,,,,

soalnya pada mobil umumnya arus negatif dialirkan melalui body kaleng mobil,,,yg resistan nya ukurannya lebih besar dari tembaganya kabel dan body mobil ternyata bukan logam penghantar arus yg baik,,karena besarnya jenis resistan ataw hambatan jenis nya…..

jadi misalkan ada sejuta aliran yg dikirim ternyata hanya 500rebu yg sampai sisanya nyangkut di hambatan jenis tadi… padahal kelistrikan yg penting bukan hanya arus positif,,arus negatif ga kelewat penting…. kita pasang ground tambahan gunanya buat mengurangi hambatan jenis yg disebabkan tadi…

nah tinggal dipikirin aja tuh mana yg kira kira butuh di setabilkan listriknya,,, macam lampu bisa lebih terang,, aki lebih awet, coil lebih stabil,, starter lebih ringan dan system pengkabutan bahan bakar juga perlu di stabilin loh listriknya..

CMIIW

pada dasarnya kelistrikan mobil itu jenisnya DC jadi baik plus ataupun minus harus bagus system wiringnya…

maaf maaf kalo salah om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>