Engine Mounting

Dalam pengertian awam tentang engine mounting itu seperti penahan getaran mesin dan rangka mobil agar tidak begitu terasa getarannya, mesin juga tidak terlalu bergerak akibat getaran saat mobil bergerak. Namun umur engine mounting tidaklah awet, apabila sudah pecah kita diwajibkan untuk menggantinya agar kenyamanan terjaga. Memang apa sih rasanya engine mounting mobil Timor pecah?

Engine Mounting No.1 saya yang rusak

Seperti yang dirasakan oleh sillux (nama mobil saya), engine mounting dibawah mesin tepatnya dikolong mengalami pecah, efeknya sangat berasa ketika mobil maju kedepan dengan perlahan, bergetar dasboardnya. Getaran mesin terasa kasar walaupun suara mesin tidak ada masalah, tapi cukup mengganggu saya yang berada didalam kabin mobil. Jika didiamkan lama-lama mesin tidak enak dirasakan, apalagi dashboard timor terkenal ringkih apabila sudah tidak bagus. Lebih baik kita ganti dengan yang baru, nanti mekanik bengkel akan mengecek apakah engine mounting benar2 pecah atau tidak.

Engine Mounting Baru, bagus bentuknya tidak ada pecah atau retak.

Harga engine mounting antara 90-150ribu tergantung kualitas dan jenis engine mountingnya, karena tiap-tiap engine mounting itu beda bentuk serta harganya. Untuk jasanya biasanya dikenakan harga 50ribu sekali pasang, namun bisa juga gratis kalau kita tahu cara masangnya dirumah. Nah… sudahkah kita periksa engine mounting mobil kita?, biasanya pemilik mobil suka terkecoh antara  kopling sudah aus dengan engine mounting pecah karena gejalanya sama-sama bikin mobil bergetar saat gigi rendah.

25 comments on “Engine Mounting

  1. Edi Suryadi on said:

    Saya punya mazda cronos EM lumayan mahal 1set bisa1.2 jt. Krn mmg EM harus ganti krn getaran mesin terasa pd saat oper gigi.

  2. timor gw getarannya dah parah banget, buat beli EM gaji dah abis..bisa di akalin gak ? heheheh

  3. Donny Poja, SH. on said:

    Bang Admin bisa tolong dilampirkan gambar posisi Engine Mounting pada Mobil Timor, yg mana Engine mounting 1 s/d 4 ? cara menentukan posisi depan atau belakang mesin untuk mengetahui posisi engine mounting itu bgmn…dari arah depan mobil menghadap ke mesin atau searah dgn mesin menghadap depan mobil…mohon pencerahannya..? trhx.

  4. yuliardy on said:

    kurang satu om,1:sebelah kanan dekat tabung oli power steering,2 :di bawah accu,3 di dekat radiator dan 4 dekat transmisi om….sippp

  5. Johny on said:

    maaf saya nubie rubber mounting ama engine mounting bedanya apa ya?
    trus letak rubber mounting itu dimana?

  6. om mau tanya timmy saya tahun 96 sohc setiap kali memanaskan mesin terasa getarannya smpe ke dalam,,,tp setelah panas ilang lalu pas nyalain AC getarannya kembali lagi,,, masalahnya apa om?

  7. Aku barusan ganti EM total memang ada 4 om. Dan ternyata lgsung terasa hasilnya. Si timmy yg sblmnya bergetar kuat pas kalo lg di lampu merah, seketika lansung halus terasa seperti gak ada getar dama sekali. Siip om admin.:-)

  8. Om, sy udah ganti EM semuanya, tapi ketika posisi idle getaran mesin sangat terasa diruang kabin, kira-kira apanya yang bermasalah?

  9. Asslkm, mau tanya om, klo EM untuk xenia harga berapaan ya trus untuk bentuk yg kanan kiri sama yg di transmisi beda2 bentuk ya…. Maklum masih awam, udah ganti 1 tp ga tau sebelah mana lupa… Tks

  10. mau tanya om…
    timy ku kalo ac dinyalain getarannya kenceng sampai ke dasbord,biasanya engine mounting yang nomer berapa om yang musti diganti…

  11. ganti yang rusaknya aja om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>