Diskriminasi Pengguna Mobil Timor

Naik mobil timor atau punya mobil timor memang menjadi sebuah kebanggaan buat saya namun adakalanya sakit hati dengan orang-orang yang anti mobil Timor, ya hampir rata-rata masyarakat melihat Timor adalah mobil rongsok namun kebanyakan dari mereka merupakan para masyarakat yg belum pernah mencoba mobil Timor apalagi memiliki mobil lain. Memang didunia ini tidak ada mobil yang sempurna, walaupun harganya 1 trilyun pun tetap tidak bisa melewati kemacetan ataupun banjir didaerah ibukota. Murah, merupakan salah satu alasan saya memilih Timor.

Terkena diskriminasi memang rasanya tidak enak, apalagi dipandang sebelah mata. Saya dan teman-teman Timor pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dari orang-orang yang memandang Timor sebagai mobil kaleng bermesin tik. Padahal saya yakin kalau teman-teman saya itu sebenarnya bisa membeli mobil yang lebih dari sekedar Timor namun karena faktor unik, safety dan part yang murah menjadikan Timor sebagai kendaraan pilihan, berikut diskriminasi yang sempat saya rangkum.

 

Om Aji (Timor Donkerblauw)

Om Aji sedang bermasalah dalam audionya, niatnya ingin membetulkan audio di sebuah pusat otomotif daerah BSD. Para pedagang dengan ramah melayani setiap konsumen yang mampir ke tokonya, saat itu om Aji di layani oleh seorang pegawai toko tersebut namun ketika ditanya mobilnya apa dan om Aji menjawab “Timor”, pegawai toko tersebut melengos pergi tanpa dosa seperti merasa jijik mendengar kata Timor.

 

Husodo (Young Brown Timor)

Ketika itu Husodo sedang Trouble radiatornya, saya kurang begitu paham masalahnya namun dia sempat bercerita waktu itu dia mampir ke sebuah bengkel dibilangan Tebet untuk service mobilnya. Keadaan bengkel memang sedang tidak ramai sehingga husodo asik memarkirkan didepan mekanik berdiri tapi apa daya ketika husodo menerangkan kerusakan mobilnya, si mekanik malah menyuruh ke bengkel lain dengan alasan mobil Timor susah diservice dan partnya langka. Padahal husodo sudah sering service dan mengganti part dengan mudah di bengkel kepercayaannya namun karena sedang dalam keadaan darurat jadinya ya terpaksa deh.

Om Ari (Timor Garuda)

Ini pengalaman saya bareng om Ari, waktu itu om ari mengalami trouble yaitu putus timing belt. Apesnya lagi, keadaan waktu sudah menunjukkan pukul 7 malam sehingga banyak bengkel yang tidak buka. Saya bantu om Ari keliling pekayon jaya mencari bengkel yang buka, hanya ada satu bengkel di bilangan Pekayon mau ke arah galaxi, bengkel besar dan ternama didaerah tersebut. awalnya kita tanya mekaniknya bisa kita bawa ke lokasi atau tidak dan ternyata bisa, lalu kita nanya part Timing Belt untuk Timor. Dibengkel tersebut tidak tersedia, saya pun mengakalinya dengan merk Mazda, dan tidak ada juga. kebetulan di pillar motor ada tapi mekaniknya tidak bisa dibawa karena berjaga dibengkel tersebut, lalu apa yang terjadi, si mekanik dari bengkel tersebut langsung menolak untuk diajak ke lokasi karena tahu mobilnya Timor. Akhirnya om Ari menyewa truk L300 untuk menderek kendaraannya menuju pillar motor.

Saya sendiri :

-  entah kenapa saya merasakan kalau mobil-mobil mewah dijalan tol tidak mau berada dibelakang Timor, ketika saya salip dan mobil tersebut dibelakang saya pasti dia sering ngedim minta lewat. Saya sudah mengalah dan pindah jalur supaya dia lewat tapi tetap saja dia berjalan lambat walaupun kencang nantinya juga kesalip lagi sama saya. Kejadian ini hampir tiap hari saya rasakan, apakah mobil saya berasap knalpotnya sehingga mengganggu pandangan mobil belakang?

-  Kalau saya bawa mobil lagi kumpul-kumpul sama teman pasti mobil saya diejek-ejek tapi kalau udah adu tarik-tarikkan dijalan tol sepi, ehm… pada diem deh. Disangka timor itu Cuma bisa sampai 100kpj, selebihnya mesin meledak. Gak tuh, mobil saya standar dan standar kecepatannya bisa 160kpj lebih.

-  Waktu itu saya kelar dari hajatan teman, mobil-mobil mewah terparkir digedung perkawinan, karena memang yang nikah juga orang kaya. Saat pulang kondangan, banyak mobil mewah diparkirin sama kang parkir untuk memudahkan tamu keluar dari gedung. Namun mobil saya dicuekin sama kang parkir gedung, malah pura-pura tidak melihat dan meloyor asik menuju mobil lainnya. ya sudah, dikasih rejeki malah nolak.

Ayo share pengalaman kamu?, apakah ada yang lebih mengenaskan dari pengalaman saya dan teman-teman atau punya kenalan yang menggunakan Timor dan diperlakukan semena-mena.

Pengalaman dari teman-teman dibawah :

Kalo pengalaman yg paling sering ane alamin sih mirip om admin..
Kalo di tol suka di dim2 terus dan mepet hidungnya ke Timosca ane…
Padahal itu ane udah lari 100-110kpj
Kayaknya ga terima bgt ada di belakang mobil rongsokan..wakakakak…
Giliran ane bejek baru sampe 130kpj udah pada ketinggalan tuh AVZ,Senia,APiVi..
Menurut ane bener kata om2 di atas, kalo mobil Innovi ke atas tuh kayaknya lebih sopan kalo di jalan..
Yg pada sradak-sruduk itu ya mobil sejuta umat, apivi, levina, jess, siti, sios.. Ini deretan mobil yg paling sering ngedim2+klakson+mepetin hidung..
Sayang ane lagi berusaha hemat BBM, jadi lebih sering ngalah dibanding ngladenin,hehehe..
Tapi kalo udah emosi berat ya ane ladenin juga tuh si”blekok”, belum tau dia walaupun umur udah 15thn tapi kalo 150kpj mah enteng kemana2… - Om Agung

pernah di suatu acara saya dan beberpa mobil yang laen salah parkir mobil…….dengan pengeras suara panitia memanggil para pemilik mobil untuk memindahkan kendaraanya…”KEPADA PEMILIK MOBIL DAI*H*SU FRZ NOPOL SEKIAN AGAR MEMINDAHKAN PARKIR KENDARAAANYA…. KEPADA PEMILIK MOBIL TYT AVNZ NOPOL SEKIAN AGAR MEMINDAHKAN KENDARAANNYA” eh pas di mobil gue..”KEPADA PEMILIK KENDARAAN SEDAN WARNA SILVER NOPOL SEKIAN AGAR MENINDAHKAN KENDARAANYA”…(dasar kurang gaul nih panitia) - Om Malano

Hai semua… Salam kenal…
Waktu usaha ane lagi krisis, ane butuh tambahan dana segar buat usaha ane. Terpaksa mobil Dai*at** X***a ane taun 99 dijual, dan ane tertarik beli Timor karena udah pasti ada selisih harganya, spare part-nya banyak dan murah serta taun agak mudaan. Udah gitu banyak bengkel yang bisa ngerawat nih mobil. Akhirnya ane beli Timor DO taun 98.
Pas lagi ada kerjaan di mal PP (pas weekend), ane juga punya pengalaman diskiriminasi. Tau sendiri kan, kalo mal di weekend pasti penuh dan susah cari parkir.
Singkat cerita, ane memutuskan untuk valet karena kalo musti nyari parkir ke basement takut ngebuang waktu. Ane antri diurutan ke3. Dua mobil di depan ane adalah Al*h*rd dan P*j*ro Sport. Pas tiba giliran ane, ane kasih lampu dim 2 kali tuh petugas valet sebagai tanda bahwa ane juga mau pake jasa valet. Eh.. Pas mobil ane di depan petugas valet malah dia memberikan kode untuk terus sambil melambaikan tangannya.
Sumpahhh.. Ane langsung naik pitam dan langsung turun dari mobil.. Ane maki2 tuh orang.. “Kenapa saya gak ditawari jasa valet dan malah disusruh terus..? Apa gara-gara saya pake mobil murah..?” Si petugas gak bisa jawab dan cuma minta maaf, dia bilang “Maaf, Pak.. Saya kira Bapak gak mau pake valet..” Sambil paraf kartu valet, ane mikir.. Lah.. Bukannya ane udah kasih lampu dim 2 kali yah..
Sekian pengalaman ane pake Timor.. Tapi ane suka ama nih mobil.. Lincah.. Dan perawatannya gampang.. Makasih ya Om Admin.. – om Adhin

GAK usah pada khawatir….. dan mminder punya Timor, saya udah pakai puluhan taon , mesin gak pernah masalah asal servis rutin, ISC ( idle speed control) bila stasioner ga stabil, sesekali tangki bensin dikuras… ada airnya bisa mengganggu sistem injeksi. filter udara dibersihkan/ganti agar bensin irit. ganti filter bensin setiap 10 000 km. Cek Timing belt setiap 40 000 km., harga ECU Komputer paling murah untuk mobi sekelasnya….. cuma 3 jt an, dan mobil tetap joss gandosss ………. tarikannya : kata So “immah salam untuk penggemar komunitas Timmi.. - om Oton

Emang betul mobil timorku sayang jg pernah di ejeki dan ditolak masuk bengkel/toko variasi,alasanya alatnya ngga ada..tapi aku santai aja dgn semua itu.
mungkin orang nyangka kita2 yg pakai mobil timor ni kere alias ngga beduit,tp bagi orang yg kenal sm saya ngga berani ngejek atau menghina mobil timorku,paling2 nanya kapan mobilnya mau ganti..??. kujawab entheng aja…ngga aku ngga mau ganti,sayang…,bukannya ngga mampu mas tp sudah sayang ni …
ada jg kwn yg kenal saya gini ngomongnya..: masak bikin rumah yg habisnya lebih 250 jt kok mobilnya timor…ganti..ganti..,ku bilang sama nggak..nggak la yau…
dan sekarang kebalik dunia ini banyak orang mau membeli mobil timorku…ahhh sayang tuh.
alasanya utk istrinya,utk anaknya,temenya dll….biar ja..mereka menggonggong..TIMORKU SAYANG tetap kluyuran kemana manA….trimakasih. I LOVE YU S515i 2000. – Om Aries

Menurut gw malah mobil2 premium (200jt keatas) lebih hormat dijalan, lari kenceng tapi anggun, ditol aja klo ketahan mereka spontan ambil kiri..
Gw fikir yang paling diskriminasi ama Timor klo dijalan adalah si mobil sejuta umat (apansah dan sodaranya). Dan yang paling sering juga,, apansah plat B yang ujungnya udah tiga hurup..
Liat aja klo minta jalan,,ngedim gak brenti2 trz moncongnya dipepetin, kadang plus klakson pula..
Gw sering banget kejadian kayak gini di Tol CIpularang arah Bdg atau sebaliknya..
Yang gw lakukan adalah :
1. Segera menyingkir, ambil jalur yg lebih lambat,,klo si “blekok” udah lewat,,bejek gas,,ambil jalur lagi,,buntutin terus tuh si “blekok”…
he..he..he lucu liat pantatnya,,napsunya lari mau kenceng,,gak sudi kesalip tapi pantat mental mentul goyang-goyang gak keruan…
2. Menyingkir juga,,ambil jalur lambat,,potong lagi ke bahu jalan,,bejek gas,,jiusss…….
naah,,pas 5 – 6 mobil udah kesalip,,ambil jalur kanan lagi…

Gw pernah juga,,pepet2an ama si blekok pas masuk salah satu jalur digerbang tol CIkarang Barat,,terus pepet2an,,akhirnya gw ngalah…
Selanjutnya,,,selepas bayar tol,,jadi ajang drag race dadakan,,timor SO 97 vs Apansah S 15 vvti,,,
Gigi 1 – 2 emang gw kesalip,,,tapi udah masuk gigi 4 timor gw melesat nyusul dari kiri,,
saking kesalnya,,gw lemparin koin 500 kuningan ke kap mesinya ampe bunyi “traaang”
selanjutnya….yu dadah bubye…..masuk gigi 5 gw udah melesat duluan… - Om Ginanjar

56 comments on “Diskriminasi Pengguna Mobil Timor

  1. inderasatrya on said:

    nih cara biar timor ente-ente lebih direspek sama orang:

    0.bersih.
    0.5. ente beli service manual kia sephia australia plus suplemen2nya terus baca dan praktekin terus sampe bisa
    1.body 99% lempeng kaleng+warna elegan seger+warna kaca film matching+pelek standar+kaca lampu depan belakang baru semua(terbukti di shangri-la..heheheheh)..kalo bisa, bius itu pintu biar lelembut bunyinya..ada yang tahu dimana yang bisa bubut pengait pintu timor?
    1.5. body mobil yang tegap..jangan miring atau pincang..you know what i mean.
    2. perhatiin terus s515i.com

    sekian saran ane yang tidak berguna ini..sayangnya ane sendiri belum sepenuhnya melaksanakan saran ane sendiri.. karena dompet ane tifiss gan :malu

  2. saya ada cerita nih om,, kebetulan saya baru beli timi 3 minggu yg lalu, pas 4 hari setelah beli timi saya lgsg cabut ke bengkel daerah bdg meski bukan bengkel khusus timi,, awalnya saya orgna SKSD (sok kenal sok dekat) ngobrol sama mekanik bengkel,, lalu saya minta cek kondisi mobil,, trs sang mekanik bilang emang waktu beli gak di dampingi mekanik lain,,saya bilang di dampingi tp kebetulan mekanik yg saya panggil culas,,dia otak bisnis , buktinya dia asal2n cek, trs pas dia bisik2 ke ownerna dan gak tw ngmng apa,, nah balik lagi ke inti cerita si mekanik bengkel bilang gini,,, mangkanya kalo manggil mekanik itu di bayar,,, lalu saya langsung kaget mksdna apa bilang gitu,seakan2 saya beli timi n gak bisa bayar mekanik panggilan trsbt,, lgsg aja saya bilang,, ( wah saya bayar dong mangkanya saya panggil itu mekanik brrti saya mampu bayar, dasarnya aja tu mekanik culas,, dan salah saya juga sih belum kenal sama itu mekanik, kenal sekali pas mobil saya sebelum timi…

  3. Nah itu dia,,,
    Menurut gw masalahnya beralasan kok…
    Segmentasi pasar Aa Pansah dan Ceu Nia dan kawan2 adalah first entry,,keluarga muda ataupun keluarga yang beralih dari R2 ke R4 atau tambahan properti dari semula hanya punya R2 sekarang punya R4 (namun tidak dipusingkan dengan resiko punya mobil tua),,
    So,,jangan kaget klo akhirnya sering kita jumpai ada yang pindah jalur seenaknya, jalan pelan dijalur cepat, klo nyalip gak sabaran, tempramen dan….stiker di body belakangnya itu loh….kumplit,,semua stiker tempat hiburan keluarga ditempelin…
    Punya Timor???
    he..he..he…. klo belum nyoba sih,,umumnya pada nganggap remeh…
    klo gak pake hati,,, sebulan juga pasti minta genti….

  4. franzzy on said:

    hihihihihi,..klo pengalaman gw d djogja ni, waktu mau beli brownis di salah satu toko brownis ternama di jogja, d situ ada sisa 1 tempat parkir u/ mobil,..nah, mobil gw moncongnya udah masuk duluan tu,..eh,..bapak tukang parkirnya tiba2 semprit2 mo masukin mobil lain,..waktu itu temen gw yang nyetir, malah di bablasin aja masuk tu tempat,..dengan muka masam akhirnya tu tukang parkir pergi ngelonyor,..tp kita2 malah ngakak di dalem mobil,..apa karena “TIMOR” terus mau parkir aja di sepelekan ya???

    • wah bronis, kesukaan saya tuh om hehehehe
      mungkin kalau mobilnya bagus bayar parkirnya goceng kali om

      • franzzy on said:

        kaluu mau brownisnya di mari aj om,..
        hah,… kalo cm bayar parkir goceng “TIMOR” jg mampu kali om, wkwkwkwk,…
        ap bikin mobil yg di sebelhanya jd karatan kali ya =(

  5. begelian on said:

    hihih ketawa sendiri baca postingan temen2 , klo di Semarang tol cuman ampe ungaran pernah juga lawan kijang 1800 dan adiknya apansah ,, hihih ane ngalah gan karena mereka nafsu tapi setelah dapat gigii 4 jusssssssssssssss gigi 5 eh hilang tuch pada kemana mereka ya ampe kitanya pelan2 baru kliatan nongol……………. didim udah pernah juga akhirnya aku kuntit dari belakang gantian dech ane puas2in ngedim (gantian wkwkwkwk)

  6. mantab om…
    mendingan nambah mobil ya om buat keluarga hehehehe

  7. Waaah..klo dulu hingga sekarang Timor masih ada peara pengusaha ototmotif Jepun pada nangis karena harga KIA SEPHIA / TIMOR itu jauh lebih murah dari mereka, takut gulung tikerrrr……..

  8. Kalau saya dan teman2 di bandung yg pakai Timor sih blm pernah di Diskriminasi…Alhamdulilah…

  9. Menurut gw,,solusi agar persepsi negatif – diskriminasi – ataupun anggapan sebelah mata tentang Timor bisa dipatahkan adalah sbb :

    * Klo bisa usahakan kondisi mobil Timor kita selalu dalam kondisi baik, terawat dan bersih..

    * Kondisi standar tapi rapi bersih mulus jauh lebih direkomendasikan,

    * Klo mau modifikasi, klo bisa yaa tentukan alirannya dulu,,mau elegan oke,,sporty juga mangga,,retro silahkan,,asal jangan tabrak-tabrak aliran aja..

    * Perluas jaringan komunitas / klub / wadah organisasi…

    Sebagai catatan,, biasanya semakin solid dan luasnya komunitas mobil terutama buat mobil2 yang sudah agak berumur,,akan mengangkat image bahkan harga pasaran mobil tersebut..

    Contohnya gampang aja,,

    Klo di diler mobil dipajangin dua timor,,yang satu polos,,yang satu ada stiker member TIMORER,,,,walaupun tuh boil warnanya, kondisinya dan tampilannya sama…
    pasti pandangan mata pembeli lebih ke arah Timor berstiker member..

    Korek Mi Ip Ai Werong

  10. bandots on said:

    Yg paling penting adalah , saling tukar informasi mengenai tips dan trik perbaikan mobil Timor karena tidak mungkin kita seorang diri menguasai ilmu segitu banyak . komponen mobil ribuan jumlahnya di Transmisi,mesin,rem,kopling, kabel dan sensor ETC

  11. Bung Admin … Sekedar berbagi … Saya punya Timor SOHC sejak dari baru (1997) sampai sekarang (2012 … mau cek fisik yang ketiga dengan pajak kendaraan cuma 500 ribuan … hehehehe). Di Madiun dan Malang, Timor saya tidak merasakan diskriminasi bengkel. Bahkan saya punya bengkel langganan di Madiun, meskipun sangat sederhana tapi montirnya punya keahlian ala MacGyver (kalo masih ingat serialnya). Malah bengkel tersebut punya supplier spare part sendiri (dapat spare part pake label orisinil/KW 1, bergaransi dan tentunya harga lebih murah dari toko). Dengan perawatan teratur sampai sekarang, Timor saya masih mampu meladeni balapan dengan bus Sumber Kencono, Mira dan Restu (sekedar lari-lari kecil menembus 120 kpj).

  12. what ever people say Timor is the best

  13. BB 1060NA on said:

    Timor emang paten dah…semua mobil sedan yang paling enteng dibawa kemana-mana ya Timor..Soalnya di jalan kita pasrah aja, mo jalan rusak ato bagus ga jadi persoalan..Coba kalo mobil – mobil yang mahal, jalan jelek dikit udah meliuk – liuk..hahahaha

    Btw, mo nanya nih
    ada klub TIMORER ga di medan ya?
    mengganti Sparepart karet – karet pintu Timor pake merk apa?
    Trus tolong donk share tips perawatan timor, soalnya timor gw dah mulai manja. Kadang susah di starter :( (

    • agiegia on said:

      katanya sih ada om timor-er di medan. tapi ane juga masih nyari nyari baru nemu facebooknya.

      karet pintu bisa beli yang meteran ato bisa beli jadi, coba aja di sumber motor di jl surakarta.
      tips perawatan silahkan berkililing di web ini :D

    • agiegia on said:

      oiya kalo buat timorer medan bisa hubungin om datuk di 085270877218 pin bb 271E5E36

  14. aatomy on said:

    saya baru meminang Timmi DOHC 2000 hari minggu kemarin, baru sadar kalo ada sticker Timor-Er tertempel di kaca depan dan belakang, tadinya saya mau cabut tapi tidak jadi, ternyata itu Timmi bekas anggota klub Timor-Er. Saat ini saya sedang baca baca s515 dot com dan proses cek & ricek si timmi, secara umum mobilnya enak & modis. salam kenal :)

  15. tonny black timmy on said:

    Bro, punya mobil dengan label “mobil murah” memang perlu kesiapan mental… Btw yg bikin kita bahagiakan dgn harga murah perawatan murah pajak murah tapi kenikmatan ngak kalah.. so.. tetep bangga krn dah pasti kebanyakan yg punya timor orang? kreatif. pernah sih ada omongan ngak enak ttg my back timmy tp tetp enjoy aaaaaaah… no problemo…

  16. Mas Eko on said:

    Ane dah pake timor sekitar setaonan.
    awal2nya ada aja masalah, tapi itu karena bengkel langganan (biasanya ane bengkelin **nia di sono) deket rumah ternyata ga faham timor, walo pemiliknya bersertifikasi jepun.
    Kemudian ane ketemu bengkel resmi timor di kober kp melayu, ya ampun ..sederhana banget yg diserpis & diganti, & then no problemo at all. …Ternyata TImor itu unik, mekanik biasa ga nyambung.
    Kalo masalah di jalan, emang beberapa kali sih di-dim-in, terutama di tol, cuma ane gak nyadar aja kalo mereka mungkin sedang ejekin ane…he5x. Kalo masalah parkir, valet & dll alhamdulillah ga pernah masalah.

    salam kenal

    • admin on said:

      sebenarnya bukan gak nyambung om, sebenarnya timor itu sederhana kok partnya, beda dengan mobil lain benua, coba aja liat mobil eropa yg ribet dan pastinya mekaniknya mahal karena kudu belajar secara jelas untuk memahami struktur mesin si eropa. begitu juga dengan jepang hampir sama sederhananya dengan mobil korea cuma mobil jepang sekarang udah basicnya hampir ke eropa. kalau ke bengkel umum bilangnya gak ngerti Timor brarti dia dgn sengaja nolak benerin Timor. kecuali mekanik timor atau mobil korea yg nolak service mobil jepang atau eropa masih wajar.

  17. fajar on said:

    betul bro, kadang2 temen jg pada ngelirik sebelah mata liat mobil timor, tapi saya tetap bangga sama timor walaupun saya kategori baru punya… hehehe…

  18. yudi astro on said:

    permisii… numpang nimbrung mas , om, akang… sy timorer dari gianyar BALI . dulu timiku byk yg meledek , mobil setengah jadi kok dibeli . tp , krn kecintaanku pada sitimi , kubiarkan smua celotehan . itu tiga taon ya lalu , waktu sy baru dpt pujaan hati . tp , sekarang diBALI timor byk dicari . omongan miring tentang sitimi tercampahkan . mereka baru tau sejatinya sitimi yg begitu menawan . he.. he…(jd kebawa emosi) . ampek skr emang msh kuelus elus sitimi tiap hr . pokokne caem abis timi saya .

  19. Didik on said:

    Om sigit, di madiun dimana ya bengkel mobil timornya yg direkomendasikan.? Sy pencinta timor dr Ponorogo.

  20. hank tuah on said:

    Om sigit,,, saya juga minta alamatnya bengkel timor yg di madiun dan malang yg bagus,,,
    Sy baru dapat timor 2 minggu lalu di Madiun, plat AE tp domosisli saya di Malang. Kondisi masih bagus, tp pengen tak tune up. Terima kasih….

  21. kalau saya ci PD saja bro, mau naik mobil semahal apapun tetap saja sama, kalau lagi macet gak jalan ,(hehehhehe). Pengalaman pribadi kalau ke bengkel, mostlikely either ownernya or montirnya selalu bikin saya terbang, kata mereka ” mobil sudah lebih dari dua belas tahun masih mulus body n tokcer mesinnya”

  22. Saya juga di pekanbaru bang…kapan timor-er nya aktif di pekanbaru…

  23. herman on said:

    rasanya aq mampu deh beli mobil yg 200 jt keatas…malah bini aq minta cepat2 ganti tuh si timmy…..tapi aku masih blm mau ganti timmyku dgn yg laen…..oh ya timmyku sohc th 97….aku cinta banget sama dia….dan dimanapun gak ada tuh orng yg melecehkan timmyku? malah banyak yg nawar mau beli kalo pas cucimobil ataupun kebengkel……lagian dia tuh mobil pertama aq bisa beli pertama….hee2 mantap….

  24. dimas salud on said:

    Gw bangga pake timor… drpd pake mobil mewah tp kredit… biar bekas yg penting cash…
    salam kenal…

  25. Fitra.Jogja. on said:

    Ane pakai sohc th 96,kondisi biasa aja ada baret baret dikit di belakang kanan kiri,karbu pakai kijang…tapi kalau pas di cucian mobil banyak yang nanya kok tahun segitu masih bagus ya Mas…hehehe…..

  26. sabar om, masih banyak yang memandang sesuatunya lewat apa yg kita bawa

  27. sombong2 sekali orang2 yg punya mobil mewah,mungkin mereka pada iri dengan timor kita dikarenakan timor kita gampang di modif dan di otak atik karena spart part timor bisa dikanibal dan murah sedang kan mobil2 mewah cuma namanya doang mobil mewah tapi ngak sanggup buat modif dan untuk kecepatan ane berani udak2an sama honda jazz heheheeheh cayooooo mobil timor

  28. Mending pake timor dohc th 98 harga 40-45juta,
    daripada pake toyota corolla th 90-91.. harga 40-45jt juga,
    tapi kenyamanannya beda dong mobil tahun 90 mah kayak aki-aki,modelnya masih kotak pula
    kalo timor kan modelnya udh kapsul, suara mesin bisa dibandingin dengan mobil jepang tahun yg sama.. tenaga mesin..??? Bedas!!!!!!
    Pilih mana?? merk, gengsi atau kenyamanan pribadi & kantong, atau beli mobil buat dijual lagi..tergantung pilihan…he..he..BRAVO Timor!!!!!!!!!!!!

  29. orang bengkel bilang…abang beruntung beli ni mobil….bodi masih kaleng..dalamnya masih ori….daripada beli TYT CRLLA dengan harga yang lebih mahal…coba deh bandingin di dalamnya…naik sitimmy ni sama aja rasanya dengan naek..TYT V**z…cuma sayang masih karbu…(hehehe…biarin deh karbu…i love my timmy)

  30. Klo saya om..pernah diledekin ma sodara waktu saya ngambil timmy.eh dia blg,”lho?! Zaman sekarang masih ada ya mobil timor? Kirain udh gk ada.” Untung sodara,klo gk,udh gw gebujin. Besoknya gw jmpt tuh mau pergi ke ciputat via jagorawi..nah,baru tu dia diem seribu bahasa menikmati kenyamanan timmy gw..akhirnya terucap juga,”busyet nih mobil bagus bgt..” hahahaha..gw ma istri lgsg senyum- senyum.. belum tau dia kehebatan timmy..

  31. ane jg masang stiker timor-er walau blm punya klub, itung2 iklan menjaring yg pake timor lain utk bikin klub nya…

  32. Indradjit on said:

    Emang kenapa sih dengan Timor? Mobil ini bagus kok, bodynya kalo diceperin dan didandanin pake velg >14inch sedep betul. Tarikannya yang DOHC juga mumpuni, kayaknya gak abis dimakan waktu tuh mesinnya.. Bravo S515i..!

  33. Stanley Simeon on said:

    ane pake timor 15 tahun dari baru (DOHC 99-2000), kenangan nya banyak banget.
    Timor tuh hebat bgt lho, bisa libas banjir 30 cm pas kepepet (di rancaekek) tanpa masalah.
    Plat nya tebel banget lagi, dihajar belakang sama kijang tua cuman pecah lampu ren doank tanpa penyok. salut baget ane.
    Gw bangga pernah pakai timor, buat yang pakai timor jgn di lepas tuh timornya. GAK AKAN NEMU MOBIL JEPANG SEKELASNYA cooy. Gw ganti T*y*t* R**h 1.5 dengan alasan banjir, gw kira tenaganya lebih baik dari timor. Tahu tempe, RPM 2500 gear 5 cuman 60 kpj, asselerasi jauh bgt sama timor walau ane pake pertamax plus. Timor pakai premium sudah enak, pertamax jauh lebih enak lagi. Orang yang diskriminasi itu orang yang belum pernah pake, itu saja sih persoalannya

  34. Dadan Fathurohman on said:

    ass. ane jug pernah punya pengalaman pas mau masuk tol karawang barat. ane bawa mobil santai bgt krna posisi ane ngikutin mobil container, alhasil pas ditikungna mau masuk ke jalan tol utama, ada swift gt 2 yg ngegunting depan muka, mungkin sangkaan dia ane ga akan kejar n ga bisa kejar tuh swift gt 2 yg org blg mobil sport. dan pertandingan pun dimulai. ane tancap gas dari gigi 2 ke 3 dan alhasil menyalip tuh mobil sport swift gt 2. tp setelah kesalip dia pun ga tinggal diam dan ngejar ane, setelah itu yah akhirnya kejaran lah, pas terakhir ane tempel tuh kurang lbh stgh ban jarak bemper blkg n bemper dpn dia. dan alhasil diapun akhirnya takut n down setelah ane bututin n kejar terus2an,.dan akhirnya ngalah juga tuh mobil swift gt 2 yg org bilang mobil sporty…

  35. aspri on said:

    Yang pasti Si Timmy itu murah meriah, tetapi tidak kalah gagah, sparepart dan pajak juga murah, bisa menggunakan sparepart apa saja yang penting cocok, mudah diotak atik, nyaman dan enak di jalan, tampilannya tidak membosankan, ayunannya juga enak. Gua sudah 11 tahun sampai saat ini masih punya dan jreng untuk dipakai setiap saat. Si Timmy adalah bagian dari sejarah permobilan Indonesia, hidup Timmy

  36. didi on said:

    Hahahaa…..diskriminasi mah uda biasa. Sodara ane jg ada yang gemes ama timy ane, nyuruh jual tuh mobil warisan tomy suharto. Suruh ganti apansah ato seniyah. (Pikir ane, sinting…kantong timy, suruh beli apansah…huft).
    Di semarang, ane panggil tukang pasang lampu tambahan variasi aja sampai 4 kali kagak mau datang. Bilangnya, nanti, nanti mulu….takut kagak ane bayar kali ye…jian**k !!

    Yo weslah, gak masalah…msh banyak bengkel yg doyan duit. Skrg lampu uda kepasang, variasi pelan2 lama2 timy ane jg makin cakep. Save timor !

  37. jarot prasanto on said:

    om klo beli lampu proyektor timor dmn ya? jogja adanya cmn model kristal aj,saya liat ad sparpart disurabaya namanya korea motor itu recomended gak ya??

  38. Dalimunthe on said:

    Sodara ane malah ada yg bilang gini om,,,,buseet,,kaleng krupuk msh d bawa2 aja,kiloin aja mndingan,,,ane diem aja,,trs ane jawab begini ” datang kemari naek apa uda” dia jawab naek motor,,,ane nyeletuk masih betah aja maen panas2,,,biar kata mobil tua,,panas kaga kepanasan,,,ujan kaga keujanan,,,sodara lgsung pergi

  39. yusuf on said:

    Assalamualaikum wrwb.
    Salam kenal om.
    Saya yusuf dari cilegon.Saya cukup minat buat ngasuh timor. Dg pertimbangan harga yg terjangkau dan kemampuan yg cukup ok. Mohon saran2 nya utk memilih timor Agar tidak salah pilih. Terima kasih om

  40. Rully Deghlenk on said:

    Salam Timmy…. Saya juga mengalami hal serupa, yaitu diskriminasi dijalan, memang cuma Timor Sephia tahun 1997, kejadian di ring road jogja arah magelang, saat itu kondisi jalan lumayan padat, ada sinia new warna putih dan mba Rus warna item, awalnya mereka jalan tertib nyantai di depan saya, karena saya ada urusan mendesak maka saya lewati mereka dari kiri karna memang dua jalur searah, tapi setelah saya lewati kedua mobil tsb, seketika itu juga mereka maksain banget buat mendahului saya, memang sih mesin masih standard cuma knalpot sudah diganti pake hks oval, berhubung cara mereka mendahului saya kurang etik saya cuma bisa menambah kecepatan, berkali2 mereka saya over take dan untuk londisi jalan padat ramai lancar mereka kurang bisa mengejar si sephi.. Tapi tujuan saya bukan adu balap, maka saya jalan sewajarnya.. Tapi setelah merela doaamping saya lagi persisnya setengah body di belakang saya.. Mereka mepetin hidungnya ke samping si sephi… Saya geber aja gas nya, berhubung knalpot udh ga standard suaranya pun empuk ngebas tp garing ditelinga.. Dan akhirnya mereka mundur teratur… Dlm kejadian ini saya simpulkan kenapa dengan ai sephy? Sepertinya para jepangan itu ga rela kalo bersebelahan dengan sephy apa mereka iri krn beli mobil mahal tapi fitur teknologi mesinnya kalah ama si sephy yg murah dan lebih tua? Di dealer kia aja saya dilayani sama dengan pemilik sorento sportage dan rio yg harganya mungkin kalo dibeliin sinia bisa dapet 3 ato 4 unit… Mungkin emang budaya warga negeri ini yg selalu berpandangan tampang elit lebih di hargai dan di hormati, kalo boleh sedikit sombong, si sephy juga pake ecu, ada sensor mesin banyak sekali yg mencegah terjadinya kerusakan fatal. Dan uniknya lagi bentuk si sephy walaupun udh berumur.. Tapi tidak kemakan jaman, masih saja terlihat eksotis.. Begitulah pengalaman saya.. Terimakasih.

  41. Ya syukuri aja pny mobil. Menurut saya mobil timor itu cukup bagus aplg kalo udh di modif. Gak kalah dgn mobil skr. Larinya jg joss kuenceng aplg yg dohc irit lg. Biar murah tp gak murahan modelnya. Drpd beli mobil mahal mahal kredit lg. Eh dipertengahan udh gak bs bayar. Udh uang abz bayar cicilan, mobil pun diambil leasing. Kasian banget Atau di take over jd malah gak pnya. Ya kalo modal pas pasan mending timor aja. Drpd makan gengsi yg ada rugi. Hehee ^_^

  42. Hanafi on said:

    Cueeek aja om….
    mereka IRI karena mobil kita murah tapi ga kalah sama kualitas sama yg mahal mahal

    Toh kemarin waktu mudik… si baleno ampun tuh di tol sama timi saya yg masih tandart

    Kita murah karena kita tanpa bea cukai om… bukan berarti murahan….
    Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>