Cek Shock Breaker Yuk

Shock Breaker merupakan bagian penting dalam keseimbangan mobil dan juga penahan beban kendaraan. kerja 2 pasang shock memang berat banget, selain membawa-bawa mesin mobil, dia juga membawa body mobil serta isinya, kebayangkan berapa kekuatan shock dan ada waktunya shock breaker mengalami lemah, tidak sekuat patung atlas yang membopong bola dunia. kita juga tidak boleh cuek bebek terhadap part ini karena kalau shock dibiarkan lemah, alhasil bisa membuat mobil tidak bisa melaju dengan baik bahkan bisa merusak kaki-kaki lainnya.

kerusakan shock biasanya mengarah pada lemahnya shock dan kebocoran pada bagian shock, usahakan tidak lama-lama mengganti atau merekond shock yang bocor karena shock yang lemah membuat mobil terlalu turun dan gasrot ke ban jika di isi penuh. lebih parahnya lagi membuat Per Spring Shock juga ikut lemah dan spring shock timor agak jarang ada yang jual, mesti ganti dengan mobil lain yang dudukannya sama.

berikut efek dari shock lemah atau bocor :
- Mobil jadi gampang gasrot di isi full atau ada beban dibelakang
- Ketika kencang dan ban melindas rintangan di aspal seperti gundukan, lubang kecil atau garis putih bergerigi, akan lari kesana kemari dan oleng.
- mobil mudah limbung dan gampang ngayun

itulah yang saya rasakan ketika saya masih maksa pakai shock bocor hehehehe… maka dari itu kita harus memeriksa bagian shock, tips ini juga berlaku buat anda yang sedang mencari mobil dan memeriksa kaki-kakinya.

1. kita tekan-tekan bagian body mobil yang letaknya tepat terdapat shock breakernya.

tekan dengan kuat

2. tekan secara kuat pada body mobil di bagian tiap sisinya, dan lihat apakah shock masih bisa ngayun namun tidak lebih dari satu kali naik turunnya. kalau lebih dari satu kali, kemungkinan shock sudah lemah. kalau disaat kita tekan-tekan shocknya keras, berarti masih bagus buat menahan beban.

3. Dongkrak tiap-tiap ban agar shock lebih terlihat secara detil, hal ini untuk melihat kebocoran shock apabila shock menggunakan shock Oli.

di dongkrak biar pasti

4. Ketika di dongkrak, kita bisa sekalian cek kekuatan support shock dengan cara memegang shock lalu di maju mundurkan, kalau ternyata oblak, segera ganti.

jika sudah ketauan ada shock yang bermasalah, bisa dibenerin dengan cara di rekond atau membeli shock baru. harga shock baru sekitar 450ribu – 5juta rupiah tergantung merknya dan juga kualitasnya. kalau direkond hanya 350ribu sepasang sudah seperti shock gas baru namun untung2an saja, kalau shocknya sudah gak bagus buat di rekond, siap2 jebol lagi jebol lagi.

mungkin ada yang menambahkan, silahkan berkomentar dibawah ya…

23 comments on “Cek Shock Breaker Yuk

  1. Gus Tim on said:

    Om timi ane agak ceper (2 jari roda depan, dan 3jari roda belakang ring 14 ) saya kurang nyaman mengendarainya krn harus hati2 takut gesruk di jalan gak rata/polisi tidur, pertanyaan saya :
    1. klo mau ane normalin kira apa yang harus diganti dan habis biaya brp?
    2. roda /shock kiri depan ane klo pelan lewat polisi tidur bunyi ” KRIYET ” jelas banget itu gejala apa ya om
    3. shock depan ane bocor klo saya ganti baru apakah bisa awet dengan kondisi per potongan/ceper spt itu? bagaimana baiknya?
    5. gimana menurut om klo ane ganti per dan shock 2nd copotan? cari yg hemat om kira harganya brp?

    • 1. ganti per nya aja om, biasanya dipotong per nya.
      2. nah itu efek dari ceper om, bisa jadi shocknya bocor
      3. awet om asal hati2 tapi ya ga seawet standar
      4. di rekondisi aja, diperbaiki shocknya yang bocor

    • Achmad on said:

      Om, ciri per spring bermasalah apa ya? Soalnya saya udh ganti shock dan diganti semua kaki2 yg bermasalah, udh spooring, masih aja melayang/limbung… apakah bisa karena springnya udh lemah?

  2. Gus Tim on said:

    Maaf om saya juga mau nanya soal yg sm ttg bunyi cit cit, timi sy stlh sy cek bunyi cit cit bkn disekitar belt(timingbelt,belt ps dll) tapi sy cermati di sekitar mesin kanan bawah aki sekitar radiator fan bawah om itu apa ya?

    • bunyi jangkrik ya, biasanya itu bunyi maskop bawah udah mulai kering, buka aja karetnya, terus kasih gemuk atau chain lube

      • Gus Tim on said:

        Om kasih tau gimana cara bersihin/melumasin maskopnya biar jangkriknya ilang, aku dah cek ternyata benar asal bunyi jangkrik dri maskopnya, kan ga perlo ngolong to om? itu bagian mn yg di bersihkan, apa karet besar yg nyambung ke lubang besar di mesin itu atau gimana om?tlong ya

  3. gan… mo tanya.bunyi gluduk2 di bgian depan kira2 apa y?

  4. farrel fernanda on said:

    bos timmy sy klu utk mundur agak belo bunyi kletek2x ,padahal sdh diganti kokelnya kanan kiri, kira2 apanya ?

  5. Siang om….
    Saya pake Timor DOHC 1997. Setiap kalee melewati jalan yang tidak rata ataupun berbatu sering terdengan suara gurudug…gurudug… di depan kanan mobil tetapi kalau jalanan bagus suara tsb tidak terdengar.

    Apanya yang rusak ya om….

    Terimakasih untuk pencerahannya…

  6. Mau tanya nih om, aku punya xenia 2011 type sporty 1300 cc, kenapa dan darimana asalnya bunyi, kalau jalan di jalan bergelombang ada bunyi “kriyet-kriyet” Terus terang saya pemula dan belinya mobil bekas! terimakasih

  7. greenso99 on said:

    shock depan kiri timor saya keluar oli. bisa nggak diperbaiki ya om. kalo ganti yang ekonomis tp nggak jelek merk apa om? harga? punya kagak om? makasiiiih… met puasa..

  8. kalo crv saya gen 2 baru ganti shok depan tapi kalo ada polisi tidur ataw jalan rada rusak dikencengin ada bunyi klutuk2.di bagian depan tapi kalo pelan ga ada bunyi.kira2 apanya yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>