Cara Menguras Radiator

KURAS RADIATOR
(Utamakan dihari libur)
Bahan-Bahan :

> Radiator Flus -/+ Rp. 15.000
> Air Accu biru (klo ada yg dikemasannya tertulis “Cocok/dapat digunakan untuk Radiator”) sekurang2nya 5 botol @ 1 Botol Rp 5000.
>Air ledeng yg sudah ditampung (ditiriskan, biasanya ibu2 yg enggak langganan air mineral galonan nyimpen air yg ditampung diember besar buat minum atau masak).
Alat2 :

Kunci 10, Jolang/ Ember ceper yg bisa masuk kekolong mobil, sarung tangan karet, (klo tangan tahan panas/ sakti mandraguna boleh gak pake sarung)

Caranya :
1. Malem2 sebelum tidur (besoknya mau libur), dalam kondisi radiator masih agak panas (tapi masih bisa dipegang) buka pelindung kolong mesin pake kunci 10 (terbuat dari fiber?klo masih ada).

2. Buka tutup drain radiator yg dibawah (warnanya putih, bisa dibuka pake tangan). Air panas akan mengalir keluar sedikit-sedikit dan hati-hati.

3. Buka tutup air radiator yg diatas. Hati-hati air akan keluar dengan derasnya.

4. Setelah air keluar semua, segera tutup kembali rapat-rapat tutup drain radiator dan tutup radiator yg diatas.  Lanjutkan Esok pagi. (KLO PERLU TEMPELKAN KERTAS DI STEER, TULIS “JANGAN DINYALAKAN, AIR RADIATOR SEDANG KOSONG”, soalnya takutnya lupa, besok langsung nyalain mobil trus jalan) rusak deh tuh radiator.
Proses diatas dilakukan, agar pada malam hari ketika raditor menjadi dingin, terjadi kevakuman pada ruang radiator, sehingga air pada botol cadangan akan terhisap ke Radiator.  Hal ini untukmenguji :

a. Jika terjadi kebocoran pada system radiator maka tidak akan terjadi kevakuman pada radiator, air cadangan tidak terhisap.

b. Tidak terhisapnya air cadangan juga bisa jadi disebabkan klep kecil pada tutup radiator sudah seret/tidak bekerja dengan baik.

c. Bocornya air radiator bisa juga disebabkan cincin karet pada ujung tutup drain sudah gepeng/rusak. Ganti tutup drain 27.500

5. Pagi2, lakukan kembali proses 2 dan 3.

6. Set switch AC off, stel posisi suhu AC pada ?heater? dengan menggeser tombol AC baris paling atas ke garis merah. agar saluran radiator utk heater terbuka, ikut dibersihkan.

7. Bilas radiator dengan cara : tutup drain radiator, isi radiator dengan air tamper/aqua gallon. Panaskan mesin kira-kira 5 menit, lakukan kembali proses 2 dan 3. proses ini diharapkan dapat mengeluarkan kotoran seperti pasir2 lembut dan bisa dilakukan berulang2 sesuai selera.

8. Setelah pembilasan cukup, masukan radiator flush, isi radiator dengan air biasa/ledeng untuk radiator sampe penuh, panaskan mesin sekurang-kurangnya 20 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan radiator flush.

9. Ulang proses 2 & 3

10. Bilas kembali seperti proses 7.

11. Isi radiator yg sudah bersih dengan air accu biru, kalo enggak pake coolant kira-+ 3,5-4 botol. Sisanya buat ngisi botol cadangan.

12. Klo enggak males, sebelum ngisi air cadangan, botolnya dibersihkan dulu.

13. Nyalain lagi mesin sebentar, trus buka lagi tutup radiator utk memastikan air radiator terisi full.

14. Jgn lupa pasang kembali fiber pelindung. Set kembali ac ke posisi normal/cool.
Salam Radiator Sehat

22 comments on “Cara Menguras Radiator

  1. Masbud Kenzie on said:

    om kalau u/ mobil tua pakai coolant katanya bisa bikin water pump jebol, betul ga om? tq

    • ada beberapa coolant yg keras dan dapat mengikis lapisan kerak semacam karat di waterpumpnya, tapi disarankan menggunakan coolant yg ringan kadar kimianya.. saya sendiri gak pernah pake coolant karena udah terlanjur pake air aki tutup biru

  2. Om klo radiator kanibal yg cocok utk timmi radiator mobil apa ya?…..
    tengkiw..

    • Klo radiator yg baru harganya brp ya om….,terus ada ngga bengkel khusus timor Tangerang “kota” selain di Ciputat.

    • gak ada spek khusus timor kalau radiator om, asal dudukannya sama. merk bisa tristar atau apapun.

    • mazda trendy on said:

      kmrn ditawarin dikanibal punyanya daihatsu di tukang radiator buat mazda ane…. nt bagian atas sm bawah disesuain sama dudukan radiator ori…..

      harga terima jadinya hampir sejutaan…

      inget punya mazda loh ya… tp btw si timor kan adiknya mazda jdnya harusnya PNP yak…..

  3. mas, kalo pake air aki bisa habis berapa botol tuh buat ngisi full radiator?
    trus kalo air aki gitu ada kemasan yang galonan ngga sih, apa cuma yang model botol2 kecil gitu?

    soalnya radiatorku dah terlanjur pake air biasa dari pemilik yang lama, udah berkarat juga, takutnya kalo pake coolant malah mampet lagi hhehehe… kan serem tuh, bukannya dingin malah ambrol semua :D

  4. mazda trendy on said:

    4. Setelah air keluar semua, segera tutup kembali rapat-rapat tutup drain radiator dan tutup radiator yg diatas. Lanjutkan Esok pagi. (KLO PERLU TEMPELKAN KERTAS DI STEER, TULIS “JANGAN DINYALAKAN, AIR RADIATOR SEDANG KOSONG”, soalnya takutnya lupa, besok langsung nyalain mobil trus jalan) rusak deh tuh radiator.

    bukan radiator yg rusak pak tapi mesin mobil ente :)
    radiator ga ada komponen bergerak hehehehhee…..

  5. mau ty om.. timor sohc; klo kita pke cooland, utk yg di radiator pke cooland full apa harus di tambahi air
    terima kasih

  6. takutnya coolantnya berjenis keras harus dicampur air.
    mau tanya om…. coolant merk top 1, termasuk coolant keras apa tidak

  7. kl sd pake coollan trus mau ganti pake air accu tutup biru apa gak ngaruh sm radiator om?

  8. heru pranata on said:

    Om mau nanya nih, klo ngurasnya gk pake air ledeng yg ditampung gmn tuh om? Boleh make aqua galon gk om?
    Maaf ni om mau naya lagi merk coolant yg cocok utk timor apa ya om? Prestone bagus gk om? Atau ada standard khusus coolant buat timor om? Maaf ya om banya nanya nih.. maklum awam om ;)

    • pake pressrtone atau megacool juga udah bagus om, kalau biasanya pake air biasa ya pake air ac atau aki tutup biru om karena takut pake coolant malah merontokan karat diradiator.

  9. andrew on said:

    Om, mau tanya air radiator ku kok sering berkurang sedikit ya, kira2 satu jari telunjuk, aku cari sih ketemu di tabung reservoir, tapi kok ga bisa kembali lagi ke radiator ya ? info lainnya yaitu selang pada tutup reservoir rada oblak (pengaruh ga ya ?)
    thx om…

    • admin on said:

      kalau dari reservoir biasanya akan kurang tapi nanti balik lagi, ga apa2 asal gak berkurang parah. selama oblaknya gak bocor ya ga masalah om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>