Cara Bongkar Pasang Kipas Radiator

hari senin mengalami kejadian cukup bikin kesel, sudah terkena traffic jam eh tiba-tiba temperatur naik ke setengah lebih satu strip, wah ada apa ini kok tiba-tiba gejala operhit. akhirnya dipaksa jalan sampai ketemu SPBU buat mengecek kondisi mobil yang memang sudah muncrat air reservoirnya karena kepanasan, hadeeehhh… semenjak mobil balik ke pangkuan masalahnya selalu operhit padahal belum pernah kaya gini sampai ngabisin 6 relay kepanasan. setelah di cek ternyata bilah kipas lepas dari dudukannya..

hari jumat saya bawa ke kantor karena kipas sudah di benerin dan bilah kipas sudah dipasang dengan baik tapi mungkin takdir berkata lain, tiba-tiba dari kap mesin keluar asap putih pekat layaknya mobil terbakar. akhirnya saya buru-buru cari rest area sekitar tol dan langsung buka kap mesin setelah mobil berhenti dengan cantik. Satpam rest area sempet panik ngejar mobil saya karena takut kebakar, hehehe padahal saya tahu kalau memang mobil kebakar asapnya hitam bukan putih. setelah dicek ternyata kipas radiatornya kebakar dan baunya pekat banget. akhirnya mobil dipaksa jalan hanya menggunakan ekstra fan menuju kantor dan sabtunya saya niat ganti kipas dengan yang baru.

nah… sabtunya ini saya ganti kipas lama yang sudah terbakar dengan yang baru, mungkin ada yang bernasib dengan saya dan ingin mengganti kipas dengan yang baru tapi bingung cara pasangnya?, yuk diperhatiin ya.

Pertama : Cabut soket dari kipas radiatornya dan jangan menyalakan mobil biar gak bermasalah kelistrikannya

cabut soketnya

cabut soketnya

Kedua :Buka baut kipas radiator yang memiliki 4 baut sehingga bisa mudah dilepaskan, memang agak sulit buat lepasin baut yang bawah karena cukup susah dijangkau tapi pembaca bisa dengan cara mendongkrak mobil dan membukanya dari kolong mobil.

Lepasin Bautnya

Lepasin Bautnya

Ketiga : dalam kasus saya yang dinamonya terbakar, sudah pasti relay akan rusak atau meleleh, silahkan dicek fuse box karena di fuse box saya beberapa sekring meleleh akibat short dan harus diganti semuanya.

Cek Fuse Box

Cek Fuse Box

Keempat : lepaskan selang atas radiator agar kipas set radiatornya bisa di tarik keluar dari habitatnya, kalau gak dilepas nanti gak bisa ditarik keluar. saat melepas selang memang akan keluar banyak air radiator, maka dari itu kita sudah siapin air radiatornya biar gak kurang saat proses ini selesai.

Selang ni dilepas aja

Selang ni dilepas aja

Kelima : bongkar semua bagian yang menempel pada bingkai kipas radiator, dalam kasus saya bilah kipas meleleh sehingga gak bisa lagi dipasang dan harus ganti dengan yang baru.
IMG_20130615_120604

Keenam : kita lepasin dulu dinamo motor kipas radiatornya buat diganti dengan yang baru

Lepas dinamo motor kipas

Lepas dinamo motor kipas

Keliatan tembaga nya hangus

Keliatan tembaga nya hangus

 

Ketujuh : pasang dinamo motor fan radiatornya yang baru, perlu di ingat pasangnya jangan asal, biar keliatan rapih soketnya harus berada di atas agar tidak sulit memasang soket listriknya nanti.

Pasang motor barunya

Pasang motor barunya

Kedelapan : tinggal pasang bilah kipasnya yang baru, perlu hati-hati jangan sampai dudukan kipasnya patah ya…

 

Selesai

Selesai

tahap selanjutnya tinggal pemasangannya saja tidak sulit kok masangnya, jangan lupa pasang kembali relay radiatornya dan isi air radiatornya sampai cukup, silahkan dites putarannya…. gampang dan mudah kan..

Harga belanja motor radiator baru : Rp. 300.000
harga bilah kipas baru : Rp. 100.000

 

 

4 comments on “Cara Bongkar Pasang Kipas Radiator

  1. Om, met idul fitri…taqaballahu minna wa minkum. Saya mau sedikit sharing & nanya, extra fan timor saya pernah mati (bukan mati), tapi saat AC dinyalakan tdk bisa muter dan pernah overheat. Lalu extra fan tsb saya lepas dari dudukannya, lalu saya coba kedua kabel ke accu nggak nyala (tapi dipancing dikit dgn tangan mau muter dgn sangat pelan). Saya bawa ke bengkel service dinamo, kataya carbon brush nya habis. Setelah di buka (congkel-krn gak ada bautnya) ternyata benar, kemudian saya akalin dgn carbon brush baru (beli di material), amplas sana-sini biar ukurannya pas, lalu saya pasang kembali, dan ternyata bisa muter dgn kencang. Akhrnya saya rakit dan pasang kembali ke Timor saya, sampai sekarang sdh kira-kira 5 bulanan, gak ada masalah. Yang saya tanyakan, seberapa amankah Timor saya memakai extra fan repair-an tsb? Yg ke-2 kalau memang gak rekomend, berapa harga motor extra fan Timor? Trim’s atas atensinya……..

  2. Om Moskie, tanya…
    kalau ac hidup, kipas ac (extra fan) otomatis hidup….dan begitu sebaliknya (ac mati-kipas extra fan mati). Tp, di timor sy, klo ac hidup, memang kipas ac (extra fan) otomatis hidup. Nah, saat ac mati, kok kipas extra fan tidak ikut mati…nyala terus sampai mesin dimatikan.
    Tapi,saat mesin dihidupkan lagi kipas extra fan tdk nyala lagi.
    Jadi…utk matikan kipas extra fan harus matikan mesin dulu.
    Kira2 apa/knp ya, om? Makasih atas responsnya….salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>