Cahaya Lampu Utama kurang terang

Banyak pertanyaan yang masuk mengenai keluhan Lampu utama mobil timor kurang terang dengan mobil masa kini yang cahaya lampu utamanya dapat menyinari dunia. Sebenarnya jangan terlalu membandingkan mobil Timor yang konon termasuk mobil tua dengan mobil sekarang yang kelistrikannya sudah banyak perombakan teknologi namun buat anda yang mempunyai mobil lawas jangan berkecil hati karena kita pun bisa mengolah pencahayaan dengan menjadikannya lebih baik.

Apa yang dibutuhkan dari pencahayaan yg baik dan cukup menerangi jalanan yang akan kita lewati?
1. Relay
2. Bohlam
3. Ground

ketiga kebutuhan (diluar kesehatan aki) tersebut merupakan syarat penting bagaimana menerangkan lampu utama menjadi yang kita inginkan. Setelah saya sering telusuri, kebanyakan timor yang beredar saat ini khususnya yang lampu utamanya kurang terang tidak menggunakan relay sama sekali alias langsung dari aki lalu ke socket bukan dari aki lalu ke socket lalu ke relay dan terakhir ke bohlam. Tanpa relay pencahayaan akan kurang dan resiko kebakaran akan menjadi lebih rentan karena tidak adanya pemutus arus saat terjadi arus pendek.

Relay standar

Bagi mobil timor teman-teman yang merasa pencahayaannya kurang bagus, coba dicek apakah ada jalur relaynya atau tidak ada relaynya sama sekali. Contoh pengecekan ada digambar bawah ini :

Letak relay yg dilingkari merah

Kalau pun ada, bisa ditambahkan dengan relay tambahan bisa merk MX11 atau Bosch dengan harga mulai 90ribu – 200ribu rupiah tergantung jenis dan peruntukannya. Cara ini biasanya sudah cukup berhasil membuat lampu depan bercahaya lebih meningkat sekitar 10 hingga 30%.

Relay MX11

Anda belum puas juga?, coba ganti bohlam lampunya dengan tipe yang cukup tinggi tapi maksimal hanya menggunakan tipe 90watt saja karena kalau lebih dari itu niscaya reflektornya gampang hitam gosong akibat panas. Bisa menggunakan lampu merk osram night breaker atau merk terkenal semacam philip. Jangan pernah menggunakan lampu halogen tipe xenon yang dapat menyilaukan orang lain, selain berbahaya, lampu jenis ini bisa merusak lapisan dalam headlamp sehingga terlihat gosong dan kotor. Belilah dengan tipe lampu biasa namun dengan jenis all season, night season atau night breaker. Kita harus respek sama orang lain dan jangan sampai mengorbankan mata orang lain demi sebuah cahaya.


Masih kurang puas?, coba tambahkan dengan kabel ground sehingga arus massa listrik yg tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai penerus arus listrik ke titik yg ditentukan… CMIIW (maklum bukan ahli listrik). Cara-cara diatas sebenarnya sudah cukup bagus meningkatkan intensitas pencahayaan namun sebagaimana manusia biasa, ada rasa tidak puas dan ingin timornya sangat terang lampunya namun tidak sampai membuat orang kesilauan. Bahaya juga jika kita sengaja atau tidak sengaja menyilaukan orang lain demi ke egoisan kita sendiri.

Siapkan dana sekitar 3 jutaan jika memang ingin mengaplikasikan lampu projie. Lampu jenis ini memang sudah menjadi standarnya mobil mewah eropa atau jepang. Cahayanya lebih terang dan fokus namun tidak membuat orang lain silau atau terganggu. Sayangnya, kelemahan projie adalah dari segi harga dan apakah kita mau bawa-bawa projie sebagai cadangan karena dipasaran atau ditoko sparepart asesoris jarang menjual projie. tampilan mobil pun akan menjadi lebih keren dan jangan diragukan lagi sorot lampu nya, dijamin kecoak terbang dimalam haripun bisa tersinari dengan baik.

Contoh Projie

ditambah Angle Eyes dan ketika dinyalakan menjadi :

Angle Eyes biru

Cukup keren kan, nah semua itu harus ada modalnya dan penggunaan lampu projie tidak bisa digunakan pada headlamp standar dan kita harus merogoh kocek lagi buat menggantinya dengan kaca mika atau biasa disebut dengan one piece akan tetapi penggunaan one piece tidak cocok buat aplikasi lampu standar non projie karena akan membuat headlamp one piece nya menjadi pucat dan seperti mengembun.

pada mobil saya bernama sillux, pertama kali punya selama setahun tidak begitu memperhatikan cahaya lampu namun lama-lama ya kok kurang terang ya dibandingkan dengan mobil timor milik anggota Timorer lainnya. setelah telusuri, kasusnya ada di tidak ada nya relay lampu di mobil saya sehingga socket lampu saya sering sekali terbakar jika saya memaksa starter saat lampu masih menyala. setelah menggunakan relay, pencahayaannya menjadi lebih baik dan terang sehingga ada rasa aman jika suatu saat ada hubungan arus pendek tidak sampai membakar rumah socket ataupun lampunya.

 

Gambar-gambar didapat dari Google dan dokumen pribadi.

 

4 comments on “Cahaya Lampu Utama kurang terang

  1. Kalo lampu utama tdk nyala masalahnya di relaynya rusak ya om

  2. Jenry Mandey on said:

    om.. lampu saya miring setengah.. yang kiri menghadap ke atas, jadi kalo mau pasang lampu panjang, justru mengarah ke langit/ pohon2.. gimana ya cara nyetelnya biar presisi?? soalnya lampunya sepertinya goyang2..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>