Bau knalpot dan asap dari belakang

Mungkin teman-teman disini ada yang pernah merasa mencium bau menyengat seperti asap knalpot atau bau sampah akibat melewati daerah yang diduga terdapat titik bau nya. padahal kaca jendela serta pintu sudah tertutup rapat namun masih tercium bau terutama pada bagian bangku belakang. tidak ada salahnya kita mengecek bagian bagasi mobil kita, sekaligus bersih-bersih dan merapikan bagasi kita agar lebih terawat.

khusus untuk mobil yang belum merubah tampilan bagasinya dengan modifikasi, mungkin hal ini dirasa cukup perlu karena secara tidak sadar kita dengan sengaja membuang sampah dibagasi seperti bekas bungkusan sparepart atau tutup kaleng DCS, NUlon dan carbcleaner. sekalian juga kita memeriksa bagian ban cadangan kita supaya kita tahu keadaan ban cadangannya masih layak dipakai atau tiga.

Pada bagian bagasi, terdapat beberapa bagian lubang-lubang yang tidak terlalu ada gunanya, kalaupun untuk mengurangi tekanan udara saat pintu bagasi ditutup, dibagian pinggir dekat antena sudah ada ventilasi untuk mengurangi tekanan udara namun lubang-lubang tersebut bisa saja ada akibat korosi karat. lubang-lubang inilah yang menjadi penyebab bau dari belakang tercium sehingga penumpang belakang merasa tidak nyaman namun kita tidak perlu bingung, cukup tutup lobang-lobang tersebut dengan aluminium foil, solasi ataupun karet. tutup saja semua lubang kecuali lubang yang ada dibagian bak ban cadangan jangan ditutup permanen karena suatu ketika akan ada air menggenang di dalam tempat itu, cukup buka tutup tengahnya maka air akan keluar dengan sendirinya namun jangan lupa ditutup kembali.

Contoh lubang yg ada di bagasiku

saya hanya menutupinya dengan solasi dan beberapa lubang saya tutup dengan aluminium foil agar lebih kuat dan terlihat lebih modern (gak ada pengaruhnya). pada beberapa bagian lubang sebenarnya memiliki pin penutup lubangnya yang terbuat dari karet namun seiring dengan usia mobil yang terus bertambah, secara tidak sengaja part kecil itu terbuang. semoga membantu..

10 comments on “Bau knalpot dan asap dari belakang

  1. BlueFW on said:

    Sedikit share om Admin, ane punya juga sempet bau knalpot tapi cuman kecium klo pas lari di Tol. Pas ane tutup lubang (bentuk kotak hitam) yang buat ventilasi dibagasi (ada dua kiri dan kanan), sekarang uda gada kecium asep… muantaaap…

  2. Inal on said:

    Nice share om.

    Kalau pengalaman sy, karena karet2 pintu udah ada yg ‘nganga’ om. Setelah karet pintu dibenerin (baca: diakalin) alhamdulillah asap gak kecium lagi dari kabin kalo ngebut di tol heheh

  3. wah.. ternyata ini penyebabnya, sudah ane cari2 belum ketemu, setiap di jalan tol selalu bau asap masuk ke kabin.. dicoba dulu deh.. Thanks infonya,.

  4. supply bensin terlalu banyak (rich) dibanding udara…
    DO: coba cek dg engine scanner
    SO: setel ulang karbu

  5. trisno on said:

    salam kenal om>>>>>> ane di karawang….
    cara penyetingan posisi delco gimana yach……? pengaruh ke keborosan bensin ga yach….. standart timor itu satu per berapa kilo om.
    mohon solusinya makasih….

    • pengaruh lah om, boros dan tidaknya bisa disetting di delco, cuma settingan delco tiap2 mobil gak sama.
      ada yang ingin kinerja mesin gak enak tapi irit, ada yang sedang, ada yang settingan boros tapi mesin larinya asik.
      cara settingnya gampang, tinggal puter kanan kiri aja delconya sampai nemu settingan yang pas, ketika di stel coba digeber-geber dan delco diputer kekanan sampai ngelitik mesinnya, lalu geber2 sampai ngepas gak ngelitik tapi jangan sampai terlalu kekiri karena nanti jadi boros.
      timor normalnya 1:14 luar kota, 1:10 dalam kota, pakai AC 1:11 luar kota, 1:8 dalam kota.

  6. herman on said:

    om..timor sohc th 97aku kalo dipanasin pagi/pertama suara tek2 agak kenceng/keras….tp kalo udah panas suaranya tek2nya hilang…..tp masih kedengeran tek2….agak samar2 kenapa ya om? trim….apa bisa suara tek2nya hilang sama sekali?/halus…..

    • itu suara HLA om, biasanya penggunaan oli yang terlalu kental diatas 10-40 atau memang sudah kotor HLA nya. bisa hilang kok jika di servis atau sekedar ganti oli yang 10-40

  7. Wah sama om.. timor ane juga kasusnya sama kaya gini.. nyendat2 terutama pas mesin dingin..

    • Barusan ane juga dpt trouble yg sama setelah cek kabel busi tahanan nya masih normal, jadi busi ane ganti beres deh ilang nyendat2nya…, oh iya salam kenal buat para member sekalian, trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>