Air Radiator menguap

kejadian ini belum lama saya alamin, ketika sampai diparkiran kantor, saya mendengar suara desing didalam kap mesin mobil saya. mesin sudah mati total dan audio pun sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan, karena penasaran saya buka kap mesin dan saya kaget bukan main karena air radiator menguap semua dari tabung kuning air radiator. air radiator keluar dari lubang kecil yang gunanya sebagai pengeluaran air apabila pengisian air radiatornya kepenuhan.

saya coba cabut kepala aki namun tetap tidak mau bergeming tabung tersebut, tetap bergerak-gerak bergergetar dan memuntahkan airnya. setelah bertanya ke master Jursa (Juragan Saung) ternyata tutup radiator saya sudah rusak sehingga air tidak mau bersikulasi ke radiator dan langsung muntah melalui tabung kuning tersebut. sekitar setengah jam akhirnya semuanya kembali normal, tinggal menanti jam istirahat untuk membeli tutup radiator yang baru, maklum saja radiator yang saya punya sudah lama tidak di cek tutupnya.

Tutup Radiator.

saat jam makan siang, saya menuju bengkel dekat kantor yang terkenal dengan harga mahalnya, ya terpaksa daripada tidak diganti malah bisa berakibat radiator mengalami overheating. satu cap radiator dihargain 40ribu padahal ditoko lain hanya dikenakan 35ribu paling mahal dan paling murah sekitar 25ribuan merk yang sama dengan difoto. setelah cap radiator diganti, semuanya aman terkendali namun tak lupa mengisi ulang air radiatornya agar tidak kekurangan cairan.

13 comments on “Air Radiator menguap

  1. om mau tanya nih ,saya baru ambil timor tahun 2002 DOHC , 2 hari pake tempratur normal,, nah hari ketiga pas macet tiba-tiba tempratur mulai naek dari garis tengah sampai merah , saya kaget ,, saya langsung nyalain ac alhamdulilah normal lagi… yg jadi pertanyaan kepana jarumnya naek turun om,,, kadang ditengah kurang kadang tengah lebih … tapi kalo pake ac normal sebelum garis tengah ga pernah lebih… terus mbl setelah mati di radiator terdengar air mendidih sampai terdengar blukbluknya.. kenapa ya om ? thanks….

    • kemungkinan ada masalah di wts nya om, coba dibersihkan saja, kalau udah dibersihkan begitu, coba ganti wts nya

      • Alhamdulilah om tempratur normal setelah ganti tutup radiator , pake jalan pangandaran ga naek2 . Tapi sekali naek hampir ke garis 2 terakhir . Alhamdu normal lagi sampe ga naek2 . Pling nanti plng dari sini saya bersihin wts nya . Oh ya om mau tanya kalo shock depan belakang kena brp ya ? Rencana mau beresin kaki2 . Thanks om masukannya .

      • alhamdulilah om , setelah ganti tutup radiator mbl beres ga pernah naik lagi jarumnya dipake liburan senen kemaren…

        oh ya om mbl saya kalo gigi 2 suka mendengung ya makin di gas makin gede suaranya, tapi gigi yang lainnya normal.. kemaren ganti oli tansmisi, pake shell suara tetep kaga ilang kenapa ya om..
        unutk bengkel yang rekomendasi daerah bandung kota dmn om ? barangkali ada rekomendasi buat pemakai timor bandung.

        • coba ke kia pasteur, disana masih terima timor kok om, soal dengung coba di overhoul transmisinya, takutnya ada masalah pada gear rationya

  2. mau tanya om…

    saya punya timor taon 1997, kendala yang saya alami adalah radiator saya banyak yang rembes dari sela-sela bagian depan radiator. saya sudah bw ke tukang radiator tapi tetep bocor. mohon pencerahnnya… thanks

  3. atoullah on said:

    Om,klw power steering honda maestro matic macet sampe panbelnya putus ,slain berat pake nytirnya ada efek lain ga ya? Mohon pncrahannya

  4. om moskie……timorku sohc 97,kemaren udah ganti sampai 5x tutup radiatornya tapi tetep mendidih air di reservoirnya.sampai bingung om mesti gimana,padahal udah ganti denso yg 0,9 terus sampai 5x.anehnya om temperaturnya normal terus di setengah kurang sedikit,tapi air radiator dan reservoir selalu berkurang.water pump baru om,habis dibersihkan n dikorok juga radiatornya.sekarang pakai coolant,tapi tetep aja mendidih.mohon petuahnya om moskie……maturnuwun

  5. Malam gan, mau tanya Toyota Rush 2008 sy reservoir radiatornya selalu bertambah airnya… Misal sebelum berangkat kantor, radiator sy isi penuh, kemudian tabung reservoirnya batas maksimal, namun pulang kantor sy cek ternyata air radiator berkurang dan tabung reservoirnya bertambah dan sy diamin sampai besok ternyata tidak kesedot kembali ke radiatornya.. Sy bawa ke Toyota dan sudah ganti waterpump, extra fan, radiator, tabung reservoir+selangnya, dan tutup radiator sudah sy ganti 5 kali.. Tapi masih tetap aja air bertambah tapi frekuensinya lebih lama misal 3 hari baru bertambah 2-4cm.. Kemudian sy kembali ke Toyota untuk cek head cylinder dan thermostat, hasilnya head cylinder dan thermostat masih dalam kondisi bagus (dicek pakai alat dan bongkar).. Sy mohon petunjuk kira-kira ada solusi apa yang bisa menyembuhkan penyakit radiator ini??? Oh ya air radiator sy menggunakan coolant dari awal sampai sekarang..
    Mohon tanggapannya bisa dikirimkan ke email sy.. Terimakasih byk..

    Salam,
    Jono
    jonofrans@yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>